4 Fakta Menarik seputar Kondom Vegan yang Perlu Dipahami

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Oktober 2022

“Ada beberapa fakta menarik seputar kondom vegan yang perlu dipahami. Salah satunya adalah produksinya yang tidak melakukan uji coba pada hewan.”

4 Fakta Menarik seputar Kondom Vegan yang Perlu Dipahami4 Fakta Menarik seputar Kondom Vegan yang Perlu Dipahami

Halodoc, Jakarta – Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi (pencegah kehamilan) sekaligus penularan penyakit menular seksual saat berhubungan intim. Umumnya kondom terbuat dari bahan karet latex. Namun, saat ini sudah ada kondom yang bersifat vegan. Perlu diketahui bahwa istilah kondom vegan merupakan kondom yang dikabarkan bebas dari produk hewani, atau produk sampingan pada produksinya. 

Sebagai hal yang baru, tentu tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis kondom ini lebih mendalam. Terlebih lagi, ada beberapa fakta menarik seputar kondom vegan yang perlu dipahami. Karena itu, yuk, ketahui beberapa faktanya di sini!

Fakta Menarik seputar Kondom Vegan

Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar kondom vegan yang perlu diketahui: 

1. Tidak dilakukan uji coba terhadap hewan

Beberapa produk medis tentunya perlu melalui serangkaian uji coba sebelum dipergunakan oleh manusia. Nah, hal ini juga dilakukan pada kondom, yang biasanya dilakukan pada hewan seperti sapi atau kelinci. Namun, kondom vegan tidak akan diuji coba pada hewan. Hal ini lantaran kondom vegan merupakan produk yang menentang eksploitasi pada hewan. 

Kondom biasa dibuat dari lateks (karet) yang dilunakkan menggunakan kasein protein susu. Sedangkan kondom vegan tidak menggunakan kasein untuk melunakkan lateksnya.

2. Memiliki efektivitas yang sama dengan kondom biasa

Kondom vegan hadir dengan bentuk lebih tipis sehingga tidak mengurangi kenikmatan dalam melakukan hubungan seksual. Namun, kondom vegan memiliki efektivitas yang sama dengan kondom biasa. Sebab, keduanya diklaim mampu mencegah terjadinya penyakit menular seksual sekaligus kehamilan. 

Meski begitu, efektivitas kondom apa pun jenisnya, akan bergantung pada penggunaan produknya. Jika dipergunakan dengan cara yang benar dan sesuai dengan petunjuk pemakaian, baik kondom lateks maupun kondom vegan, akan memiliki efektivitas sekitar 98 persen dalam mencegah kehamilan. 

3. Fakta terkait keamanannya untuk vagina

Fakta kondom vegan selanjutnya yang perlu diketahui adalah keamanannya untuk vagina. Seperti kondom secara umum, kondom yang diproduksi secara ‘vegan’ juga tidak lepas dari berbagai kandungan zat kimia. Contohnya seperti paraben, gluten, benzokain, kasein, nitrosamin, nonoxynol-9, dan spermisida. Beberapa bahan kimia tersebut diketahui dapat memicu ketidakseimbangan dalam mikrobioma vagina.

Meski begitu, masih ada beberapa produk kondom vegan yang benar-benar tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Sebab, beberapa jenis kondom vegan menggunakan minyak silikon murni atau ekstrak sayur dan buah organik, yang aman untuk dimakan. 

4. Dampak pada lingkungan

Perlu diketahui bahwa kondom vegan belum tentu berdampak lebih baik pada lingkungan. Sebab, hampir semua kondom terbuat dari lateks atau turunan lateks. Perlu diketahui bahwa lateks merupakan bahan yang membutuhkan waktu yang lama untuk terurai. Nah, kebanyakan kondom vegan masih terbuat dari bahan lateks. 

Selain itu, hanya karena kondom jenis ini adalah vegan, bukan berarti kondom itu organik atau bebas bahan kimia. Artinya, kondom jenis ini tidak lebih baik dari kondom biasa dalam dampaknya terhadap lingkungan. 

Itulah beberapa fakta menarik seputar kondom vegan yang saat ini tengah ramai diperbincangkan. Mulai dari produksinya yang tidak melakukan uji coba pada hewan, memiliki efektivitas yang sama dengan kondom biasa, hingga dampaknya pada lingkungan. 

Sebenarnya, apa pun jenis kondomnya, efektivitasnya akan bergantung pada cara penggunaannya. Karena itu, ikutilah petunjuk penggunaan kontrasepsi ini dengan baik dan tidak menggunakannya secara berulang. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar alat kontrasepsi, atau memiliki keluhan kesehatan pasca berhubungan intim, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi atau saran medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Mind Body Green. Diakses pada 2022. 9 Vegan Condoms To Buy Instead In 2022 + What It Means. 
Okezone. Diakses pada 2022. 5 Fakta Kondom yang Terbuat dari Vegan, Bisa Lebih Nikmat. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan