4 Faktor Risiko Seseorang Mengalami Penyakit Buerger

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 September 2022

“Penyakit buerger banyak disebabkan akibat kebiasaan merokok. Selain itu, penyakit ini juga bisa dipicu oleh faktor lainnya, sepert jenis kelamin, usia, hingga penyakit gusi kronis.”

4 Faktor Risiko Seseorang Mengalami Penyakit Buerger4 Faktor Risiko Seseorang Mengalami Penyakit Buerger

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya jangan abaikan kondisi kesemutan atau mati rasa yang cukup lama di tangan atau kaki. Apalagi jika keluhan tersebut disertai dengan perubahan warna tangan dan kaki yang pucat. Bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh penyakit buerger.

Penyakit buerger menjadi salah satu penyakit langka yang terjadi pada arteri dan vena di bagian lengan dan kaki. Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk, seperti merokok. Tidak ada salahnya ketahui lebih banyak faktor risiko penyakit ini agar kamu dapat mencegah penyakit ini.

Ketahui Faktor Risiko Penyakit Buerger

Penyakit ini dikenal juga sebagai thromboangiitis obliterans. Penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah pada bagian tangan dan kaki mengalami peradangan serta pembengkakan sehingga mengalami sumbatan.

Kondisi yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan gangguan pada area tangan dan kaki yang lebih luas. Ada beberapa gejala yang kerap dialami oleh pengidap penyakit buerger, seperti:

  • Kesemutan dan mati rasa pada bagian tangan hingga kaki.
  • Perubahan warna menjadi pucat hingga kebiruan.
  • Rasa nyeri yang dirasakan hilang timbul pada bagian kaki dan tangan.
  • Terasa nyeri yang mengganggu saat kamu beraktivitas menggunakan tangan dan kaki. Biasanya, nyeri akan menghilang ketika aktivitas fisik dihentikan.
  • Adanya luka terbuka pada bagian tangan dan kaki yang sangat menyakitkan.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti dari penyakit ini, tetapi ada beberapa faktor yang dinilai menjadi pemicu penyakit ini, seperti:

1. Kebiasaan Merokok

Sebaiknya hentikan kebiasaan merokok yang masih kamu lakukan hingga saat ini. Selain dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru dan jantung, merokok juga bisa menjadi faktor risiko terbesar seseorang mengidap penyakit ini. 

Hal ini disebabkan berbagai kandungan kimia dalam rokok dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah. Kondisi ini membuat pembuluh darah mengalami iritasi dan mengalami pembengkakan.

Hasilnya, kamu bisa mengalami berbagai keluhan kesehatan yang terkait dengan penyakit ini.

2. Penyakit Gusi Kronis

Penyakit gusi kronis yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk, salah satunya penyakit ini. Sebaiknya pastikan kesehatan gigi dan mulut dalam kondisi yang sehat, penyakit gusi kronis juga dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan tulang.

3. Jenis Kelamin

Faktor lain yang meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit ini adalah jenis kelamin. Penyakit ini lebih sering dialami oleh pria dibandingkan wanita. Hal ini terkait dengan kebiasaan merokok lebih sering dilakukan pria daripada wanita.

4. Usia

Penyakit ini juga lebih sering dialami oleh seseorang yang memasuki usia 45 tahun ke atas. 

Waspada Komplikasi Penyakit Buerger

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan penyakit ini. Pengobatan dan perawatan yang ada dilakukan untuk mengontrol kondisi kesehatan agar tidak semakin memburuk.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menghentikan kebiasan merokok. Dengan melakukan hal tersebut, gejala penyakit ini bisa membaik secara perlahan.

Beberapa pengobatan dan perawatan yang dilakukan biasanya dilakukan untuk:

  • Melancarkan aliran pembuluh darah.
  • Mengatasi rasa nyeri atau sakit.
  • Memecah gumpalan darah.

Jika tidak diatasi dengan baik, penyakit ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi pada kesehatan, seperti:

  • Stroke.
  • Serangan jantung.
  • Gangguan pada pembuluh darah.
  • Gangguan pada sistem saraf.
  • Tindakan amputasi.

Untuk itu, selalu pastikan kamu menjalani gaya hidup sehat dan bebas dari kebiasaan merokok. Jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter selama kamu menjalankan perawatan untuk penyakit buerger. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Buerger’s Disease.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Buerger’s Disease.
Healthline. Diakses pada 2022. Buerger’s Disease.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan