4 Gejala Xenophobia yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Januari 2023

“Orang dengan xenophobia memiliki ciri-ciri khas. Yaitu, merasa tidak nyaman di sekitar orang asing, menghindari area tertentu, dan muncul rasa memusuhi orang asing.”

4 Gejala Xenophobia yang Jarang Diketahui4 Gejala Xenophobia yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Xenophobia merupakan istilah psikologis yang berarti takut pada orang asing. Orang yang memiliki salah satu jenis fobia spesifik ini memiliki ketakutan pada orang asing atau tidak dikenal. Seseorang yang xenophobia mungkin merasa kesal dan cemas saat berhadapan atau berada di sekitar orang yang tidak dikenal atau asing. 

Kondisi ini dapat berkembang menjadi intoleransi pada orang dengan budaya atau latar belakang yang berbeda. Mengutip Better Help, xenophobia tidak diakui sebagai gangguan kesehatan mental dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. Sementara itu, American Psychiatric Association menganggap bahwa xenophobia lebih kepada masalah budaya atau sosial daripada psikopatologi.

Ciri-ciri Seseorang yang Xenophobia

Xenophobia yang dimiliki setiap orang dapat diekspresikan dengan cara berbeda. Beberapa ciri-ciri khasnya yaitu:

  1. Merasa tidak nyaman di sekitar orang asing

Ciri-ciri yang dapat terlihat dari seseorang yang xenophobia yaitu merasa tidak nyaman di sekitar orang asing. Terutama jika berada dalam kelompok yang memiliki latar belakang atau budaya yang berbeda dengan dirinya. Ketidaknyamanan tersebut juga ditunjukkan dengan menghindari interaksi dengan orang yang tidak ia kenali.

  1. Berusaha keras untuk menghindari area tertentu

Seseorang dengan xenophobia tidak akan mau untuk datang atau berada di area yang menurutnya banyak orang asing, atau orang yang memiliki latar belakang berbeda darinya. Bahkan keengganan tersebut disertai dengan ekspresi jijik.

  1. Menolak berteman dengan orang asing

Anehnya lagi, orang dengan xenophobia juga menolak berteman dengan orang, hanya karena perbedaan warna kulit, cara berpakaian, atau faktor eksternal lainnya. Orang dengan xenophobia juga mengungkapkan ketidaksukaan atau rasa jijik terhadap makanan, musik, atau aspek lain dari budaya kelompok tertentu, meskipun hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang hal tersebut.

  1. Tumbuh rasa memusuhi orang asing

Ciri-ciri xenophobia berikutnya yaitu tumbuh rasa memusuhi orang asing. Orang dengan xenophobia memiliki keyakinan bahwa orang asing memiliki cara berpikir, perilaku, atau hidup yang berbeda secara signifikan dengan dirinya. Keyakinan tersebut membuat orang dengan xenophobia memperlakukan orang lain secara kasar dan memusuhi. Bahkan muncul anggapan bahwa orang asing itu berbahaya atau memiliki sikap kriminal, tanpa adanya bukti.

Meskipun xenophobia mungkin merupakan ketakutan yang nyata, tapi kebanyakan xenophobia tidak memiliki fobia yang sebenarnya. Malah istilah ini seringkali digunakan untuk menggambarkan orang yang suka mendiskriminasi orang asing dan imigran.  

Bisakah Xenophobia Diatasi?

Mengutip Very Well Mind, beberapa psikiater meyakini bahwa xenophobia tidak dapat atau tidak perlu diobati. Namun, profesional kesehatan mental lainnya berpendapat bahwa rasisme harus dianggap sebagai gejala gangguan kesehatan mental. Meskipun xenophobia bukan kondisi kesehatan mental, tapi masih bisa diobati dengan terapi.

Jika kamu memiliki gangguan xenophobia dan ingin keluar dari keyakinan tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sikap tersebut:

  • Perluas pengalaman. Kebanyakan orang dengan xenophobia menjalani kehidupan yang terisolasi dengan sedikit paparan terhadap orang-orang yang berbeda darinya. Cobalah untuk bepergian ke berbagai daerah di dunia atau di kota terdekat untuk mengatasi ketakutan. 
  • Lawan rasa takut atas hal yang tidak diketahui. Jika kamu belum pernah terpapar ras, budaya, dan agama lain, cobalah untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman untuk mengatasi ketakutan.
  • Perhatikan. Saat pikiran xenophobia muncul, berusahalan secara sadar untuk mengganti pikiran-pikiran tersebut dengan yang lebih realistis.

Bila perlu, kamu juga bisa bertanya pada psikolog di Halodoc mengenai cara mengatasi pikiran xenophobia. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. Xenophobia: Meaning, signs, examples, and more
Very Well Mind. Diakses pada 2023. What Is Xenophobia?
Healthline. Diakses pada 2023. Unpacking Xenophobia, or the Fear of Outsiders
WebMD. Diakses pada 2023. What Is Xenophobia?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan