• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Gerakan Senam Ritmik yang Bermanfaat bagi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Gerakan Senam Ritmik yang Bermanfaat bagi Tubuh

4 Gerakan Senam Ritmik yang Bermanfaat bagi Tubuh

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Juli 2022

“Gerakan senam ritmik perlu disesuaikan dengan irama musik. Selain menghibur, ternyata senam ini juga menyehatkan dan mampu melatih keseimbangan tubuh.”

4 Gerakan Senam Ritmik yang Bermanfaat bagi Tubuh4 Gerakan Senam Ritmik yang Bermanfaat bagi Tubuh

Halodoc, Jakarta – Senam ritmik adalah perpaduan seni dan olahraga. Gerakannya dilakukan dalam iringan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Penari senam ritmik biasanya menggunakan alat-alat tertentu untuk dipegang. Misalnya, bola, pita, tali, hingga simpai dan gada. Alat-alat ini sering digunakan untuk menambah keindahan tarian. 

Untuk mencapai skor sempurna, penari perlu melakukan serangkaian keseimbangan, lompatan, dan rotasi yang kompleks. Berikut ini adalah jenis gerakan senam ritmik yang perlu kamu ketahui. 

Intip Gerakan Senam Ritmik yang Menghibur

Bukan hanya indah dan menghibur, gerakan-gerakan senam ritmik ternyata juga bermanfaat untuk tubuh. Simak jenis gerakannya:

1. Pita

Pita

Pesenam menciptakan bentuk yang indah menggunakan pita satin sepanjang enam meter. Beberapa gerakan populer termasuk ular, yaitu ketika pita membentuk bentuk S terus menerus. Selain ular, pesenam juga bisa membentuk spiral, pita bergerak dalam gerakan melingkar untuk membuat bentuk seperti tabung. Dalam pertunjukan kelompok, kamu juga bisa melihat lemparan, yang melihat pita dilempar di antara pesenam.

Gerakan paling sulit di setiap jenis peralatan disebut Dynamic Elements of Rotation (DER). Gagang pita dilempar ke udara dan pesenam melakukan serangkaian putaran dan gerakan, sebelum menangkapnya dalam satu gerakan.

2. Simpai

Simpai

Gerakan simpai atau lingkaran dapat dilakukan di sekitar lengan, pinggang, leher, lutut dan kaki. Pesenam  juga dapat bereksperimen dengan lemparan dan tangkapan. Elemen teknis lain dari pertunjukan lingkaran termasuk putaran Di mana, pesenam memutar lingkaran di lantai dan bergerak di sekitarnya, serta melewati lingkaran.

3. Bola

Bola

Pertunjukan berirama dengan bola harus terlihat halus, terus menerus dan mengalir. Oleh sebab itu, pesenam perlu menggabungkan keterampilan dengan menguasai peralatan rumit ini. Koreografinya mencakup lemparan, tangkapan, dan gulingan. Pertukaran adalah gerakan lain yang bisa dilakukan. Ini adalah saat pesenam mengoper bola dari satu tangan ke tangan lainnya di sekitar pinggang, pergelangan kaki, atau bagian tubuh lainnya.

4. Klub

Klub

Pertunjukan dengan klub biasanya bersifat cepat dan apik. Tujuannya untuk menunjukkan kelincahan dan akurasi pesenam menggunakan tangan dan pergelangan tangan mereka. Gerakan intinya termasuk lingkaran dan penggilingan. Lingkaran dilakukan ketika tongkat berayun ke arah yang sama. Sedangkan penggilingan, ketika tongkat berayun ke arah yang berlawanan.

Itulah informasi seputar senam ritmik yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapanpun kamu butuhkan, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Olympics. Diakses pada 2022. The moves of rhythmic gymnastics.
Gymnastics Victoria. Diakses pada 2022. Rhythmic Gymnastics.