• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Gerakan Yoga Dapat Redakan Nyeri Haid

4 Gerakan Yoga Dapat Redakan Nyeri Haid

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak hal yang akan terjadi pada wanita ketika akan memasuki masa menstruasi. Mulai dari perubahan fisik, perubahan hormon, hingga kondisi nyeri haid yang terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman. Nyeri haid yang dikenal juga sebagai dismenore merupakan kondisi kram pada perut bagian bawah. Kondisi ini akan sering dialami wanita sesaat maupun setelah menstruasi.

Baca juga: Latihan Ringan untuk Mengatasi Nyeri Haid

Selain kram perut, kondisi nyeri haid juga akan disertai gejala lain, seperti sakit kepala, nyeri pada punggung bawah, hingga kondisi tubuh yang kelelahan. Sebaiknya segera atasi kondisi ini agar tidak mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri haid, salah satunya melakukan olahraga ringan seperti yoga. Tidak hanya membuat pikiran lebih tenang, beberapa gerakan yoga dinilai cukup efektif untuk meredakan nyeri haid. Berikut ulasannya.

Inilah Gerakan Yoga untuk Redakan Nyeri Haid

Nyeri haid akan dialami berbeda-beda oleh tiap wanita. Ada yang mengalami nyeri haid ringan hingga yang cukup parah. Meskipun terbilang wajar dan normal, tetapi kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari apabila tidak segera diatasi dengan baik. 

Tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, rutin melakukan yoga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri haid. Namun yang perlu diperhatikan, sebaiknya lakukan gerakan-gerakan yoga yang memang dianjurkan untuk dilakukan bagi wanita yang sedang menjalani menstruasi. Selain mengoptimalkan kesehatan, beberapa gerakan ini juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri haid.

1.Cobra Pose

Posisikan tubuh seperti gerakan push up. Kemudian, letakkan kaki pada matras dan tarik tubuh ke atas secara perlahan hingga kedua tangan menjadi lurus. Setelah itu, tegakkan kepala dan bahu serta pandangan ke depan. Tarik napas dalam-dalam lalu keluarkan napas secara perlahan. Tahan gerakan ini selama 30–60 detik atau selama kamu merasa nyaman. 

2.Cow Pose

Pastikan tangan berada di bawah bahu dan lutut berada di bawah pinggul. Kemudian, tarik napas dalam sambil mengangkat kepala hingga tegak serta dorong bagian bokong ke atas. Keluarkan napas secara perlahan dan ulangi gerakan ini dalam 2–3 kali tarikan napas.

Baca juga: Cara Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat

3.Cat Pose

Gerakan awal cat pose hampir sama dengan cow pose. Hanya saja, saat menarik napas, tarik punggung ke atas dan turunkan kepala hingga berada di antara kedua tangan. Keluarkan napas secara perlahan dan lakukan gerakan ini sebanyak 2–3 kali.

4.Fish Pose

Untuk melakukan gerakan ini kamu membutuhkan bantal sebagai tambahan alat. Letakkan bantal di lantai, kemudian pastikan kamu berbaring diatas bantal dari bagian kepala hingga bagian pinggang. Letakkan kedua tangan di lantai dengan bagian dalam tangan mengarah ke atas. Bernapaslah secara perlahan hingga kamu merasa lebih nyaman.

Itulah beberapa gerakan yoga yang bisa membantu kamu untuk meredakan nyeri haid. Tidak hanya yoga, kamu juga bisa berendam dalam air hangat dan mengompres bagian perut bawah dengan kompres hangat agar kondisi nyeri yang kamu alami dapat segera mereda. 

Baca juga: Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Haid

Jika nyeri haid tidak hilang setelah melakukan gerakan yoga, segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang kamu alami. Apalagi jika kamu mengalami nyeri haid yang cukup parah setiap bulan, munculnya gejala muntah, nyeri tidak hilang dalam waktu tiga hari, hingga munculnya gumpalan darah dari vagina.

Referensi:
Nationwide Children’s. Diakses pada 2020. Yoga Exercise and Menstrual Cramps.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Menstrual Cramps. 
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies to Relieve Menstrual Pain.