• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Olahraga Kardio untuk Menurunkan Berat Badan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Olahraga Kardio untuk Menurunkan Berat Badan

4 Jenis Olahraga Kardio untuk Menurunkan Berat Badan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 Juni 2022

“Olahraga kardio adalah cara ampuh untuk menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin. Beberapa jenis kardio yang bisa dilakukan adalah lompat tali dan High-Intensity Interval Training (HIIT).”

4 Jenis Olahraga Kardio untuk Menurunkan Berat Badan4 Jenis Olahraga Kardio untuk Menurunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan olahraga. Adapun, jenis olahraga yang paling ampuh untuk hal tersebut adalah kardio. Lalu, olahraga kardio apa saja yang bisa dilakukan secara rutin agar mendapatkan tubuh ideal? 

Jenis Olahraga Kardio untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Olahraga kardiovaskular dapat meningkatkan detak jantung seseorang. Maka dari itu, aktivitas ini adalah yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Sebab, semakin kencang detak jantung yang terjadi, semakin banyak pula lemak yang dibakar. Agar pembakaran terjadi dengan efektif, setiap orang perlu melakukannya 300 menit per minggu.

Jika kamu sibuk, cobalah untuk melakukan kardio menjadi tiga latihan kecil sehari, yaitu per 20 menit di pagi, siang, dan malam hari. Selain itu, pemilihan gerakan yang dilakukan juga sangat penting untuk diet. Lalu, apa saja sih olahraga kardio yang cocok untuk dilakukan agar berat badan menurun? Berikut daftarnya:

1. Lompat Tali

Lompat Tali

Salah satu olahraga kardio yang bisa dilakukan adalah lompat tali. Olahraga ini tidak hanya meningkatkan koordinasi dan fungsi kognitif, tetapi juga intensitas latihan yang dapat meningkatkan detak jantung. Dengan begitu, pembakaran lemak menjadi lebih efektif mencapai 1.300 kalori per jam. Lakukan beberapa set lompat tali dengan tiap setnya melompat selama 1,5 menit.

2. Burpees

Burpees

Burpees juga termasuk olahraga kardio yang dapat efektif menurunkan berat badan. Gerakan ini menggabungkan squat, lompatan, dan push-up. Cara ini adalah latihan efektif karena mampu membakar lemak dari seluruh tubuh dan melatih beberapa kelompok otot, seperti dada, kaki, dan inti tubuh. Lakukan 10 repetisi dalam 30 detik lalu istirahat selama 30 detik dan ulangi selama 5 menit.

3. High-Intensity Interval Training (HIIT)

High-Intensity Interval Training

HIIT adalah latihan kardio yang dapat memaksimalkan pembakaran kalori dan kehilangan lemak pada tubuh. Sebab, latihan intensi ini dapat meningkatkan detak jantung yang diikuti istirahat selama 15 detik. HIIT sangat baik dilakukan untuk seseorang yang memiliki waktu terbatas untuk olahraga. Kamu bisa melakukan kombinasi butt kick-lunges-burpees-squat atau sprint dengan kecepatan penuh selama 1 menit. Lakukan dengan rentang waktu dan selesaikan sebanyak 8-10 set.

4. Angkat Beban

angkat beban

Latihan ketahanan seperti angkat beban sangat penting untuk menurunkan berat badan. Bukan hanya itu, kamu juga dapat membangun otot yang dapat meningkatkan metabolisme, berarti tetap bisa makan banyak selama dia dan penurunan berat badan tetap terjadi. Diketahui jika rata-rata jumlah kalori yang terbakar dalam 1 jam angkat beban antara 360-500 kalori.

Itulah beberapa latihan kardio yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Pastikan untuk melakukan beberapa olahraga tersebut secara rutin agar manfaatnya benar-benar terasa. Alangkah lebih baiknya jika dibarengi dengan menerapkan pola diet yang sehat untuk hasil yang maksimal.

Kamu juga bisa lho menggunakan fitur tanya dokter untuk mendapatkan jawaban berbagai latihan kardio lainnya yang mampu menurunkan berat badan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya menggunakan smartphone. Maka dari itu, gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The Best Exercises to Lose Weight and Stay Active.
Fitbod. Diakses pada 2022. 10 Types of Cardio Workouts For Fat Loss (That Actually Work).