• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Fitness
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Fitness

4 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Fitness

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 08 Juni 2018
4 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Fitness4 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Fitness

Halodoc, Jakarta – Fitness adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan di tempat khusus (gym) atau di rumah. Ini merupakan kegiatan olahraga pembentukan otot tubuh atau fisik yang dilakukan secara rutin dan berkala. Olahraga ini dilakukan untuk menjaga kebugaran, kesehatan, dan vitalitas tubuh. (Baca juga: Gym Bisa Jadi Sarang Kuman? Saatnya Jaga Tubuh)

Jika dalam waktu yang lama kamu tidak mendapatkan hasil optimal, kamu perlu mencari tahu penyebabnya. Karena bisa jadi, ada beberapa kesalahan yang tidak kamu sadari saat melakukan fitness. Lantas, apa saja sih kesalahan saat fitness? (Baca juga: Hindari 6 Hal Ini saat di Tempat Gym)

1. Tidak Tahu Tujuan Fitness

Sebelum fitness dimulai, kamu perlu tahu tujuan awal melakukannya. Ini bisa membantu kamu untuk mengetahui dasar dan gerakan apa yang harus dilakukan. Sebaiknya, cari tahu terlebih dahulu informasi apa yang ingin dilakukan dan cocokkan dengan tujuan awal kamu. Setelah mendapatkan yang cocok, kamu bisa melakukannya secara rutin minimal empat minggu sebelum berpindah ke program lainnya. Mulailah secara bertahap dari gerakan ringan ke yang berat agar tubuh bisa beradaptasi dengan baik.

2. Tidak Berlatih Beban

Kebiasaan ini umumnya dilakukan oleh wanita. Alasannya karena beberapa wanita takut menjadi bulky atau tubuh menjadi kekar dan berotot karena latihan beban. Padahal, wanita hampir tidak mungkin memiliki badan berotot karena hormon estrogen yang lebih dominan dibandingkan pria. Faktor yang membuat tubuh mudah berotot adalah tingginya kadar hormon testosteron di dalam tubuh. Itu sebabnya, kebanyakan pria akan berotot jika sering melakukan latihan beban. Jadi, tidak ada salahnya kok jika wanita ingin melakukan latihan beban. Olahraga ini justru bisa membantu mengurangi lemak tubuh, membakar kalori, dan mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh.

3. Berpegangan pada Alat Olahraga

Kamu memang tidak dilarang untuk berpegangan pada alat olahraga (seperti treadmill), apalagi jika tujuannya untuk menyeimbangkan tubuh di awal melakukannya. Tapi sebisa mungkin, kamu tidak terus-menerus bertumpu pada bilah pegangan yang ada saat melakukan fitness. Sebab, kebiasaan ini bisa menghalangi area utama tubuh (core body) untuk beradaptasi menyeimbangkan tubuh dan mengoordinasikan otot-otot tubuh dengan optimal.

4. Menggunakan Treadmill Sambil Melamun

Treadmill merupakan alat yang digunakan untuk melatih otot jantung. Melalui alat ini, kamu bisa melakukan gerakan jalan, jalan cepat, bahkan berlari di tempat yang sama. Karena gerakannya yang ringan, beberapa orang menggunakan treadmill sambil melamun atau beraktivitas lainnya seperti membaca, menonton TV, dan lain-lain. Tidak ada yang melarang memang. Namun jika dibiasakan, menggunakan treadmill sambil melamun atau beraktivitas lain akan membuat latihan menjadi tidak maksimal. Jadi, fokuslah saja pada latihan yang kamu lakukan agar hasilnya optimal. (Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah)

Itulah empat kesalahan saat fitness yang mungkin kamu alami. Selama melakukan fitness, jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan, ya. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera saat fitness. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar fitness, gunakan aplikasi Halodoc saja. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Lalu, kamu bisa masuk ke fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan Halodoc sekarang juga!