• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Makanan Sahur yang Bikin Kenyang Selama Berpuasa

4 Makanan Sahur yang Bikin Kenyang Selama Berpuasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Makan sahur dalam porsi yang banyak memang bisa membuat perut terasa kenyang. Namun, jika asupan makanan yang masuk saat sahur tidak kita perhatikan kandungan nutrisi dan gizinya. Bukan tidak mungkin saat siang hari kamu bisa kembali merasa lapar dan tidak memiliki energi untuk melanjutkan aktivitas kamu hari itu.

Sebaiknya saat sahur, hindari makanan yang bisa dikonsumsi secara instan, misalnya mie. Karena saat kamu mengonsumsi mie instan, kamu akan merasa lebih cepat kenyang dibandingkan dengan mengonsumsi makanan yang lainnya, tapi efek negatifnya kamu akan merasa lebih cepat lapar.

Nah, saat makan sahur, sebaiknya kamu konsumsi beberapa makanan di bawah ini agar rasa kenyangnya terasa lebih awet dan tetap berenergi:

 

  • Sup

 

Sup memang menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak sayuran didalamnya. Tidak hanya sayuran, dalam sup terkadang juga ada daging yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi sup dapat menghentikan sel-sel di perut untuk memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan juga hormon yang mengatur nafsu makan pada tubuh. Sebuah penelitian dari Pennsylvania State University mengungkapkan, bahwa wanita yang mengonsumsi sup untuk sarapan akan makan 100 kalori lebih sedikit saat makan siang. Selain itu, sup mengandung air yang cukup banyak, akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Namun ingat, sup yang harus kamu konsumsi adalah sup yang terbuat dari kaldu atau air, bukan sejenis krim sup.

 

  • Nasi Merah

 

Kamu bisa mencoba untuk mengganti menu nasi putih kamu menjadi nasi merah saat sahur tiba. Selain karena memiliki kalori lebih rendah dibandingkan nasi putih, ternyata nasi merah juga memiliki indeks glikemik lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih, mi atau pasta. Dengan begitu, kamu akan merasakan kenyang dalam waktu yang cukup panjang. Dengan kamu mengonsumsi makanan yang mengandung glikemik rendah proses penyerapan zat gizi akan menjadi lebih lambat, sehingga rasa lapar bisa kamu hindari.

 

  • Kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan sehingga baik sekali jika kamu mengonsumsi kacang-kacangan ini saat sahur. Selain itu, serat yang cukup banyak terkandung pada makanan ini akan membuat sistem pencernaan kamu tetap terjaga. Protein yang terkandung pada kacang-kacangan juga penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Salah satu kacang yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur adalah kacang edamame. Mengonsumsi edamame saat sahur menjadi salah satu cara yang baik untuk mengendalikan nafsu makan pada saat puasa, selain itu, protein yang terkandung pada edamame akan membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama.

 

  • Telur

 

Mengonsumsi telur pada saat sahur juga bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama, protein dan lemak pada telur membuat kamu tidak merasa lapar dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebaiknya sebelum mengonsumsi telur, kamu harus memasak telur dulu hingga matang agar kesehatan kamu pun tetap terjaga.

(Baca juga: Pola Makan Sehat Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan)

Jika kamu ingin lebih tahu banyak mengenai puasa yang sehat, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Disini kamu bisa bertanya dengan fitur Contact Doctor melalui Voice Call, Video Call atau Chat kapan pun dan dimana saja. Yuk, download sekarang juga aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.