4 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Buah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Juni 2023

“Cukup banyak pilihan makanan yang mengandung vitamin C. Tidak hanya buah, ada juga sayur berdaun hijau.”

4 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Buah4 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi Selain Buah

Halodoc, Jakarta – Vitamin C merupakan salah satu dari banyaknya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Kebanyakan makanan yang mengandung vitamin C adalah buah-buahan. Namun, sebenarnya ada sumber makanan sehat lain yang juga kaya akan vitamin ini. Apa saja ya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang berfungsi sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Vitamin ini memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh, produksi neurotransmitter, sintesis kolagen, dan banyak lagi. 

Selain itu, vitamin C sangat penting untuk sintesis kolagen, jaringan ikat, tulang, gigi, dan pembuluh darah kecil. Tak hanya dari buah-buahan, kamu juga bisa mendapatkan vitamin C dari makanan berikut ini:

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Tak hanya kaya akan serat, sayuran berdaun hijau juga mengandung vitamin C. Seperti misalnya bayam, peterseli, kangkung, thyme, dan kale. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan, seperti salad atau smoothie.

  1. Brokoli

Brokoli mengandung karbohidrat, protein, vitamin C, A, serat, kalium, fosfor, dan selenium. Sayuran ini juga mudah diolah menjadi banyak hidangan lezat.

  1. Kentang

Mungkin cukup mengejutkan bahwa kentang juga termasuk makanan yang mengandung vitamin C. Sayuran umbi ini juga kaya akan serat, potasium, vitamin B6 dan banyak lagi. 

  1. Cabai Rawit

Siapa yang suka makan pedas? Kabar baiknya, cabai rawit juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, cabai rawit juga mengandung vitamin A dan B1.

Itulah beberapa makanan yang mengandung vitamin C tinggi selain buah. Pastikan mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap harinya, ya.

Nah, kamu juga bisa baca artikel ini: Rekomendasi Vitamin C yang Bagus dan Mudah Didapatkan.

Jika mengalami masalah kesehatan, segera download Halodoc untuk membuat janji medis dengan dokter yang tepat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 20 Foods That Are High in Vitamin C.
NDTV. Diakses pada 2022. Yes, There Are Non-Citrus Sources Of Vitamin C Too! Here’s A List Of Foods You Need To Know.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan