4 Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Januari 2023

“Punya berbagai nutrisi dan senyawa aktif, manfaat buah maja banyak untuk kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan pencernaan hingga menurunkan demam.”

4 Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan Tubuh4 Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Meskipun namanya tidak sepopuler buah yang lain, tapi manfaat buah maja untuk kesehatan ada banyak. Buah yang berasal dari India Selatan hingga Asia Tenggara ini bisa dimakan langsung, maupun dijadikan jus buah.

Buah maja atau yang disebut juga dengan bael fruit menyediakan berbagai macam vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh, mulai dari vitamin B, C, kalsium, fosfor, kalium, magnesium hingga zat besi.

Tidak hanya itu, makanan sehat ini juga mengandung senyawa bioaktif yang dipercaya bisa meningkatkan kesehatan dan melawan berbagai penyakit. Yuk, simak manfaat buah maja di sini.

Berbagai Manfaat Buah Maja untuk Kesehatan

Dengan kandungan berbagai nutrisi dan senyawa aktifnya, berikut manfaat buah maja untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan senyawa aktif dalam ekstrak buah maja bermanfaat untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri berbahaya di saluran pencernaan.  Terutama dari bakteri Shigella dysenteriae yang menjadi penyebab diare dan sakit perut.

Selain itu, kandungan seratnya yang cukup tinggi juga mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik di usus. Serat ini mampu melancarkan kinerja usus dalam mencerna makanan, sehingga bisa mencegah terjadinya berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.

2. Melindungi dari infeksi virus

Buah maja juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi virus. Kandungan antioksidan dalam buah tersebut juga mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas, yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat lainnya adalah bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Buah yang rasanya manis dan enak ini bisa menurunkan tekanan darah, dengan cara meningkatkan pembuangan cairan tubuh berlebih melalui buang air kecil. Tidak hanya itu, buah maja juga bisa mencegah akumulasi lipid yang pada gilirannya mengurangi risiko aterosklerosis, penyumbatan jantung, serangan jantung.

4. Menurunkan demam

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah ini memiliki potensi untuk meredakan demam dan peradangan.

Itulah beberapa manfaat buah maja untuk kesehatan. Bila kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya tetap temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Kamu bisa periksa kesehatan ke dokter dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Net Meds. Diakses pada 2022. Bael: Medicinal Uses, Therapeutic Benefits For Skin, Diabetes and Supplements.
Jagad Tani. Diakses pada 2022. Menilik Manfaat Buah Maja.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan