4 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 September 2022

“Kacang tanah kaya akan protein dan berbagai nutrisi lainnya, sehingga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Mulai dari membuat tubuh berenergi hingga menurunkan tekanan darah.”

4 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Ibu Hamil4 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Kacang tanah merupakan salah satu camilan sehat yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Berkat kandungan nutrisinya yang lengkap, ada banyak manfaat kacang tanah untuk kesehatan ibu selama kehamilan.

Meskipun makan kacang tanah saat hamil dikatakan bisa menyebabkan bayi mengalami alergi kacang, tapi itu hanyalah mitos belaka! Faktanya, makanan sehat yang satu ini kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk pertumbuhan janin yang optimal di dalam kandungan. Yuk, simak manfaat kacang tanah untuk ibu hamil di sini.

Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil

Berikut manfaat kacang tanah untuk kesehatan ibu hamil:

1. Membuat tubuh berenergi

Kalori dalam kacang tanah bisa memberikan energi dan kekuatan pada tubuh, sehingga ibu hamil bisa bersemangat dalam menjalani aktivitas. Selain itu, bagi ibu yang memiliki kekurangan berat badan selama kehamilan, camilan yang mengandung kalori dan lemak ini juga bisa membantu ibu mencapai berat badan yang sehat.

2. Mengatasi sembelit

Manfaat kacang tanah juga diketahui bisa mengatasi masalah sembelit karena mengandung serat. Ibu hamil bisa mengonsumsi camilan gurih ini dalam jumlah sedang setiap hari untuk mencegah penyakit pencernaan tersebut.

3. Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Mengonsumsi kacang tanah selama kehamilan juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut ibu, berkat kandungan vitamin E-nya. Selain itu, kandungan minyak dalam makanan sehat tersebut juga bisa membantu mengelola masalah dermatologis, dan membantu penyembuhan luka dan iritasi.

4. Menurunkan tekanan darah

Kacang tanah mengandung magnesium dan potasium, dua mineral penting yang membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan serat dan protein juga berperan dalam manfaat kacang tanah untuk menurunkan tekanan darah. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah secara teratur bisa menurunkan tekanan darah, bahkan pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Itulah manfaat kacang tanah untuk ibu hamil. Bila ibu mengalami keluhan kesehatan tertentu selama kehamilan, tidak usah panik. Gunakan saja aplikasi Halodoc untuk tanya dokter dan minta saran kesehatan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. Eating Peanuts During Pregnancy.
Mom Junction. Diakses pada 2022. 12 Healthy Reasons Why You Should Eat Peanuts In Pregnancy.
The Peanut Institute. Diakses pada 2022. 6 Ways Peanuts Can Help Your Heart

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan