4 Manfaat Menulis Buku Harian untuk Kesehatan Mental

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Juli 2021
4 Manfaat Menulis Buku Harian untuk Kesehatan Mental4 Manfaat Menulis Buku Harian untuk Kesehatan Mental

“Kesehatan mental merupakan hal yang penting untuk dijaga. Dengan memiliki kesehatan mental yang optimal, tentunya hal ini akan memengaruhi kamu bersosialisasi, berpikir, dan juga bertindak. Kamu bisa menjaga kesehatan mental dengan menulis buku harian. Nyatanya, banyak manfaat menulis buku harian untuk kesehatan mental.”

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya kesehatan fisik, nyatanya kondisi kesehatan mental pun perlu kamu perhatikan dengan baik. Ada banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat kesehatan mental semakin optimal. Salah satunya dengan menulis buku harian.

Diketahui ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika kamu rutin menuliskan sebuah buku harian. Nah, tidak ada salahnya kamu simak lebih banyak mengenai manfaat menulis buku harian untuk kesehatan mental, di sini! 

Baca juga: Ini Manfaat Terapi Musik untuk Kesehatan Mental

Manfaat Menulis Buku Harian untuk Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan kondisi yang mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Kesehatan mental yang dimiliki nyatanya dapat memengaruhi cara berpikir, perasaan, hingga tindakan yang akan dilakukan. 

Tentunya ada berbagai kondisi yang dapat memicu gangguan kesehatan mental. Mulai dari faktor biologis, kondisi traumatik, lingkungan, riwayat keluarga dengan gangguan kesehatan mental, serta adanya gangguan kesehatan fisik.

Namun jangan khawatir, nyatanya ada beberapa cara sederhana yang bisa digunakan untuk membuat kesehatan mental dalam kondisi yang optimal. Salah satunya dengan menulis buku harian.

Ada berbagai manfaat menulis buku harian untuk kesehatan mental jika kamu rutin melakukannya. Berikut ini beberapa manfaat menulis buku harian yang bisa kamu rasakan:

  1. Mengurangi Tingkat Stres yang Dialami

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi stres. Stres yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental yang lebih buruk. Misalnya, depresi.

Menulis buku harian secara rutin dinilai mampu mengurangi tingkat stres yang kamu alami. Faktanya, menulis sebuah jurnal secara ekspresif mengenai perasaan yang kamu rasakan saat itu menjadi salah satu cara melepaskan stres yang dirasakan.

Kamu bisa menulis buku harian selama 15–20 menit atau sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa lakukan kebiasaan menulis buku harian sebelum tidur sebagai salah satu cara melepaskan emosi yang kamu rasakan. Kondisi ini bisa membuat kamu merasa lebih nyaman, santai, serta melepaskan stres yang kamu alami.

Baca juga: Curhat Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Mental, Ini Alasannya

  1. Membuat Daya Ingat Semakin Kuat

Bukan hanya melepaskan emosi yang kamu rasakan Menulis buku harian secara rutin juga bisa membuat daya ingat kamu semakin meningkat. Dengan menulis setiap hari, fungsi otak akan menjadi lebih optimal. Hal ini dapat meningkatkan kapasitas memori.

  1. Meningkatkan Rasa Kepedulian Terhadap Diri Sendiri dan Lingkungan

Dengan menulis buku harian setiap hari, kamu dapat lebih mengenal diri kamu dan orang lain. Hal ini dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap diri sendiri maupun lingkungan. 

  1. Terhindar dari Dampak Negatif Stres atau Cemas

Dengan menulis buku harian setiap hari, kamu akan mengerti beberapa kondisi yang menyebabkan kamu stres maupun cemas. Tidak ada salahnya menuliskannya dalam buku harian. Namun, pastikan kamu menuliskan solusi atau jalan keluar terhadap kondisi yang menyebabkan kamu stres dan cemas. Dengan begitu, hal tersebut tak akan terulang dan kamu akan memiliki kualitas hidup lebih baik.

Baca juga: Membaca Buku Malam Hari Baik untuk Otak

Itulah beberapa manfaat menulis buku harian untuk kesehatan mental yang perlu kamu ketahui. Namun, jika gangguan mental yang kamu rasakan sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada psikolog maupun psikiater melalui Halodoc.

Kamu dapat bertanya langsung dengan tenaga medis yang tepat untuk mengatasi keluhan kesehatan yang kamu alami. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2021. The Benefits of Journaling for Stress Management.
Web MD. Diakses pada 2021. Mental Health Benefits of Journaling.
Intermountain Healthcare. Diakses pada 2021. 5 Powerful Health Benefits of Journaling.
Mental Health. Diakses pada 2021. What Is Mental Health?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan