• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Olahraga Ringan di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Olahraga Ringan di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan

4 Olahraga Ringan di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 Juli 2022

Ketahui olahraga ringan di rumah untuk turunkan berat badan | Chat dokter ✔️ Beli obat ✔️ Booking rumah sakit ✔️ #TenangAdaHalodoc

4 Olahraga Ringan di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan4 Olahraga Ringan di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Berolahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan, termasuk saat tetap berada di rumah. Maka dari itu, kamu perlu tahu berbagai olahraga ringan di rumah yang dapat menurunkan berat badan dengan efektif. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Berbagai Olahraga Ringan di Rumah Untuk Berat Badan Ideal

Olahraga memang memiliki banyak manfaat pada tubuh, termasuk penurunan berat badan. Tidak sedikit orang yang malas berolahraga karena tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym. Padahal, olahraga bisa dilakukan di rumah sebelum melakukan aktivitas. Maka dari itu, kamu perlu tahu berbagai olahraga ringan di rumah yang ampuh untuk mendapatkan berat badan ideal. Berikut daftarnya:

1. Lompat Tali atau Skipping

Skipping adalah salah satu olahraga ringan di rumah yang ampuh untuk turunkan berat badan. Aktivitas ini dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan otot, metabolisme, dan juga membakar kalori. Manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan mental adalah mampu memberikan ketenangan dan meredakan depresi hingga kecemasan.

Lompat tali dapat meningkatkan detak jantung yang membuat pemompaan darah di dalam tubuh lebih cepat. Hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga paru-paru. Tentunya, gerakan ini dapat membakar banyak kalori saat dilakukan secara rutin. Latihan ini diperkirakan dapat membakar kalori sekitar 1.300 per jam.

2. Planking

Planking juga termasuk olahraga ringan di rumah yang mudah untuk dilakukan dan juga efektif. Gerakan ini dapat memperkuat sebagian besar otot di tubuh. Tentu saja, aktivitas fisik ini dapat membakar lemak dan kalori yang berlebih di dalam tubuh. Planking memang terlihat sederhana, tetapi dapat melelahkan dan terbilang intens saat dilakukan. Lakukan plank selama 1 menit dan ulangi selama beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

3. Squat

Squat adalah olahraga yang sangat terkenal berfungsi sebagai penguatan pada otot tubuh, terutama bagian bawah. Selain itu, olahraga ringan di rumah ini juga dapat membantu dalam membakar kalori dan mencegah lemak untuk menumpuk. Untuk hasil yang maksimal, setiap orang perlu melakukan 3 set yang terdiri dari 12-15 pengulangan. Dengan begitu, penurunan berat badan dapat terjadi dengan signifikan.

4. Lunges

Latihan fisik lainnya yang dapat memperkuat dan mengencangkan tubuh bagian bawah adalah lunges. Olahraga ini berfokus untuk penguatan punggung, pinggul, dan kaki. Bahkan, gerakan ini juga efektif untuk menurunkan berat badan dengan baik. Pastikan untuk melakukan lunges dalam rutinitas harian, yaitu sebanyak 3 set dengan satu set sebanyak 15 kali.

Itulah beberapa olahraga ringan di rumah yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dan juga membuat tubuh sehat. Sisihkan waktu 10-15 menit untuk melakukan aktivitas fisik ini setiap hari. Hal ini juga dapat membuat aktivitas harian yang dilakukan menjadi lebih lancar karena tubuh terasa bugar.

Kamu juga bisa lho menggunakan fitur tanya dokter untuk mendapatkan jawaban dari ahli medis terkait berbagai olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Maka dari itu, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Pharm Easy. Diakses pada 2022. 7 Best Exercises To Lose Weight At Home.