4 Penanganan untuk Mengatasi Fobia Serangga

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Desember 2022

“Fobia serangga dapat menyebabkan gangguan pada aktivitas harian. Maka dari itu, penanganan yang tepat perlu dilakukan agar rasa takut yang dirasakan bisa teratasi.”

4 Penanganan untuk Mengatasi Fobia Serangga4 Penanganan untuk Mengatasi Fobia Serangga

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai macam fobia yang bisa terjadi pada setiap orang, termasuk juga rasa takut pada serangga. Ada yang merasakan takut yang parah pada jenis serangga tertentu atau bahkan pada semua jenis binatang tersebut. Jika dibiarkan, tentunya bisa mengganggu aktivitas harian yang perlu dilakukan.

Cara Efektif Mengatasi Fobia Serangga

Fobia pada serangga atau biasa disebut entomophobia adalah kondisi yang tidak selalu membutuhkan perawatan medis. Dalam kebanyakan kasus, keterampilan pengelolaan kondisi secara konsisten sudah cukup untuk menanganinya. Dengan begitu, tidak menimbulkan dampak buruk pada kehidupan.

Namun, jika kondisi ini sudah mengganggu kehidupan dan menyebabkan ketakutan yang parah, tindakan perawatan oleh profesional seharusnya sudah diperlukan. Beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Terapi

Seorang terapis dapat membantu pengidap kondisi ini untuk mengurangi rasa takutnya agar tidak menimbulkan kecemasan dan kepanikan. Penanganan ini juga dapat membuat seseorang mampu beraktivitas layaknya orang normal.

Beberapa terapi yang dilakukan, seperti:

  • Terapi perilaku kognitif: Menghilangkan pikiran negatif tentang serangga agar rasa takut bisa teratasi.
  • Terapi paparan: Pengidapnya dihadapkan dengan hal yang membuatnya takut agar bisa menghadapinya.
  • Psikoterapi: Cara untuk mengatasi penyebab dasar ketakutan dan mempelajari kemampuan untuk pengelolaan rasa takut yang efektif.

2. Konsumsi Obat-obatan

Dokter terkadang meresepkan obat guna membantu keefektivitasan terapi. Konsumsi obat ini dapat mengurangi gejala kecemasan yang dapat mengganggu proses terapi. Beberapa obat yang umum diberikan, antara lain:

  • Obat anti-kecemasan, seperti benzodiazepin.
  • Antidepresan, seperti SSRI.
  • Beta blocker, obat untuk menghambat adrenalin guna mengurangi gejala kecemasan.

3. Yoga dan Meditasi

Seseorang yang memiliki fobia serangga bisa melakukan latihan yoga dan meditasi secara teratur. Metode ini dapat membuat seseorang untuk rileks dan mengurangi tingkat stres akibat perasaan takut. Cukup dengan fokus pada pernapasan dan menenangkan tubuh mampu mengurangi serangan panik saat melihat serangga.

4. Mempraktikkan Mindfulness

Mindfulness adalah keterampilan untuk membantu seseorang melepaskan diri dari pola pikir yang buruk. Kamu perlu melakukan lebih banyak “koneksi” dengan lingkungan sekitar. Cara ini dapat mengatasi pikiran jika hewan yang ditakuti berbahaya, padahal tidak separah itu.

Teknik untuk Mengelola Fobia Serangga

Cara mengatasi rasa takut akibat fobia tidak mudah untuk dilakukan, tetapi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, seperti:

  • Melakukan latihan pernapasan saat panik.
  • Menanamkan pikiran logis untuk mengurangi ketakutan yang tidak beralasan pada serangga.
  • Memvisualisasikan skenario jika kamu mampu melewati rasa takut akibat hewan ini.
  • Lakukan perawatan diri dengan konsumsi makanan sehat, berolahraga, serta beristirahat yang cukup.
  • Berikan apresiasi pada diri sendiri jika mampu menghadapi ketakutan tersebut.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi fobia serangga beserta dengan teknik yang bisa dilakukan saat menghadapinya. Cobalah untuk segera mendapatkan tindakan dari dokter jika merasa kondisi ini sudah mengganggu aktivitas harian. Semakin cepat masalah ini teratasi, semakin efektif pengobatan yang dilakukan.

Apabila ingin mendapatkan tindakan pengobatan ini, fitur janji medis dari aplikasi Halodoc bisa digunakan untuk mempermudah pemesanan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Choosing Therapy. Diakses pada 2022. Entomophobia (Fear of Insects): Symptoms, Treatments, & How to Cope.
Cognitive Behavioral Therapy Los Angeles. Diakses pada 2022. Animal and Insect Phobia Treatment.
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Entomophobia?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan