• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Penyakit yang Muncul Akibat Kurang Tidur

4 Penyakit yang Muncul Akibat Kurang Tidur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidur memang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebab, kurang istirahat atau kurang tidur bisa berdampak negatif bagi tubuh, termasuk memengaruhi kemampuan kognitif dan kondisi emosi. Jika ini dibiasakan, maka, kurang tidur bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan membuat kamu rentan sakit.

Baca juga: Tips Mengatasi Kurang Tidur

Tidur cukup adalah salah satu cara untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Uniknya, kebutuhan tidur setiap orang bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya, faktor usia, genetik, dan lingkungan. Lantas, berapa durasi tidur seseorang menurut usia?

  1. Bayi yang baru lahir: 18 – 23 jam
  2. Bayi: 15-18 jam
  3. Usia 2 tahun: 13 jam
  4. Usia 5-6 tahun: 12 jam
  5. Usia 10 tahun: 10 jam
  6. Usia dewasa: 7-8 jam

Baca juga: Kurang Tidur, Bisa Akibatkan 4 Hal Ini Bagi Kesehatan

Kurang tidur bisa menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh dan kinerja sel dalam memerangi infeksi penyakit. Hal ini berdampak negatif pada ketangguhan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyakit, serta memengaruhi proses penyembuhan secara alami. Lantas, apa saja masalah kesehatan yang mungkin timbul akibat kurang tidur? Ini jawabannya.

1. Diabetes Melitus

Orang yang kurang tidur berisiko mengalami diabetes tipe-2 lebih besar dibanding yang tidur cukup. Ini karena kurang tidur bisa menyebabkan kelelahan dan kekurangan energi untuk menyuplai aktivitas sehari-hari. Itu mengapa orang yang kurang tidur lebih rentan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi gula untuk mendapatkan energi secara instan. Sayangnya, kandungan gula ini bisa meningkatkan level gula darah yang bisa berdampak pada meningkatkan risiko diabetes tipe-2.

2. Sakit Jantung

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertensian menemukan bahwa kurang tidur berdampak negatif pada kesehatan jantung, sehingga membuat seseorang lebih rentan mengidap penyakit kardiovaskuler (seperti strok dan serangan jantung) dibanding yang tidur cukup.

Baca juga: Cegah Serangan Penyakit Jantung dengan Kebiasaan Ini

3. Gangguan Sistem Pernapasan

Kurang tidur bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat kamu rentan mengalami gangguan kesehatan, salah satunya adalah masalah pernapasan seperti influenza, penyakit paru-paru kronis, dan gangguan sistem pernapasan lainnya.

4. Obesitas

Kurang tidur bisa menyebabkan perubahan hormon yang berdampak pada kenaikan berat badan.  Ini karena saat kamu kurang tidur, produksi hormon leptin yang bertugas untuk memberikan sinyal kenyang akan berkurang. Kondisi ini disertai dengan peningkatan hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan, sehingga kamu lebih cepat merasa lapar dan makan lebih banyak. Hal inilah yang bisa membuat kamu rentan mengalami kenaikan berat badan berlebih (obesitas) saat kurang tidur.

Itulah empat penyakit yang bisa saja muncul karena kurang tidur. Maka dari itu, penting sekali untuk kamu memenuhi kebutuhan tidur harian (idealnya 7-8 jam bagi orang dewasa) agar bisa tampil lebih segar dan bersemangat keesokan harinya. Kalau kamu mengalami kesulitan tidur, jangan ragu untuk berbicara pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call.

Selain itu, kamu juga bisa membeli obat atau vitamin yang dibutuhkan tubuh melalui fitur Pharmacy Delivery pada aplikasi Halodoc. Kamu tinggal memesan obat dan vitamin yang dibutuhkan, lalu tunggu hingga pesanan datang. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.