Tips Mengatasi Kurang Tidur

Tips Mengatasi Kurang Tidur
KECANTIKAN 25 May 2018

Halodoc, Jakarta — Kurang tidur dapat memengaruhi harimu. Jangan biarkan harimu rusak akibat kurang tidur, ya! Simak terus artikel ini dan temukan cara mengatasi kurang tidur!

Pengaruh jangka panjang kurang tidur termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, depresi, maupun kanker. Dalam jangka pendek, kurang tidur ini bisa mengganggu kinerjamu di kantor. Kesulitan konsentrasi yang disebabkan oleh kurang tidur bisa meningkatkan risiko kecelakaan juga kalau kamu berkendara sendiri. Mood yang buruk akibat kurang tidur ini juga dapat membuat orang lain segan mendekatimu. Enggak mau kan kehilangan teman dan kualitas hidup karena kurang tidur?

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi akar valerian atau suplemen melatonin. Akar valerian dikenal mampu mengatasi insomnia dan mengurangi rasa cemas, sementara melatonin sering digunakan untuk mengatasi masalah tidur. Kalau kamu mau menggunakan cara ini, jangan lupa bicarakan dulu dengan dokter, ya. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanyakan ke dokter berapa jumlah dosis suplemen yang tepat. Setelah itu, kamu bisa langsung order suplemennya di aplikasi Halodoc.

Kalau kurang tidurmu disebabkan oleh kelainan seperti apnea, yaitu napas bisa tiba-tiba terhenti di tengah malam, kamu mungkin perlu mengubah pola makan dan pola hidupmu. Diskusikan dengan dokter mengenai penanggulangan yang tepat untuk kondisimu ini.

Biasanya, kurang tidur terjadi karena stres. Kalau ini terdengar familiar dengan kondisimu, cobalah untuk mengatasi stres dengan cara yang lebih baik. Meditasi adalah salah satu ide baik untuk mengatasi stres. Olahraga dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang membuatmu nyaman juga bisa membantumu dalam menghadapi stres. Mainkan juga alat musik yang kamu bisa untuk menjadi lebih tenang. Selain itu, kamu bisa menyalakan lilin aromaterapi untuk mencerahkan pikiranmu.

Sebelum pergi tidur, lakukan juga stretching atau latihan pernapasan yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Kalau mau tahu lebih banyak lagi, ayo segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Fitur tanya jawab dengan dokter dan beli vitamin bisa langsung kamu gunakan, lho! Di samping itu, kamu juga bisa membuat janji untuk melakukan pemeriksaan lab. Sama seperti dua fitur di atas, fitur cek lab ini juga tidak mengharuskanmu keluar rumah, kok! Karena, petugas lab yang akan mendatangi kamu. Mudah, kan?


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya

IBU & ANAK

16 August 2018

Cacat lahir yang sering dijumpai di Indonesia adalah bibir sumbing atau cleft lip. Simak penjelasan dari Halod...

Selengkapnya