4 Penyebab dan Dampak Xenophobia yang Kerap Luput

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Januari 2023

“Xenophobia dapat menumbuhkan rasa kebencian dan permusuhan yang berbahaya pada kehidupan. Beberapa penyebab xenophobia yaitu situasi sulit, kurangnya kontak sosial, dan takut pada orang asing.”

4 Penyebab dan Dampak Xenophobia yang Kerap Luput4 Penyebab dan Dampak Xenophobia yang Kerap Luput

Halodoc, Jakarta – Xenophobia merupakan salah satu jenis fobia spesifik yang pengidapnya memiliki ketakutan terhadap orang asing. Istilah xenophobia juga digunakan untuk menggambarkan sikap prasangka dan pandangan terhadap orang asing berdasarkan latar belakang dan identitasnya. Seringkali sikap tersebut bermanifestasi menjadi permusuhan terhadap kelompok etnis tertentu. 

Seseorang yang mengidap xenophobia seringkali merasa tidak nyaman berada di sekitar atau di hadapan orang-orang dari kelompok yang berbeda. Bahkan menolak untuk berteman atau bergaul dengan individu yang berbeda latar belakang dan identitas. Xenophobia menjadi masalah, karena pemikiran tersebut pada akhirnya dapat menimbulkan sikap kebencian dan penghinaan. 

Penyebab Berkembangnya Xenophobia dalam Diri Seseorang

Xenophobia dapat berakar di dalam keyakinan seseorang karena berbagai faktor. Seperti pola asuh, ajaran agama, lingkungan, budaya, dan pengalaman masa lalu. Seseorang yang xenophobic mungkin tidak pernah terpapar terhadap kelompok individu yang mereka anggap berbeda. Itulah sebabnya, rasa takut dan tidak kesukaan bertumbuh terhadap hal yang sebenarnya tidak diketahui. 

Mengutip Very Well Health, para penelitian menemukan bahwa kombinasi genetika, perbedaan aktivitas ota, ciri kepribadian, tertentu, dan faktor lingkungan berperan dalam kemungkinan seseorang memiliki fobia spesifik. Selain itu, ada sejumlah faktor lain yang diyakini berkontribusi terhadap perkembangan xenophobia pada seseorang:

  1. Ketidakamanan sosial dan ekonomi

Orang sering mencari seseorang untuk disalahkan pada situasi sulit, termasuk saat kesulitan ekonomi atau pergolakan sosial. Imigran dan minoritas sering dikambinghitamkan sebagai penyebab situasi sulit tertentu. 

  1. Kurangnya kontak sosial

Orang-orang yang memiliki sedikit kontak atau tidak pernah melakukan kontan dari budaya atau latar belakang berbeda cenderung takut dan tidak percaya pada orang lain. Misalnya pada orang asing.

  1. Penggambaran dari media

Cara media menggambarkan imigran dan minoritas juga dapat mempengaruhi sikap orang terhadap mereka. Jika orang yang memiliki budaya atau latar belakang berbeda hanya ditampilkan secara negatif, itu dapat memperkuat prasangka orang lain.

  1. Takut pada orang asing

Umumnya, orang cenderung takut pada hal-hal yang tidak ia kenal. Hal ini juga dapat berlaku pada penampilan fisik dan perbedaan budaya.

Dampak Memiliki Sikap Xenophobia

Xenophobia tidak hanya mempengaruhi tingkat individu, tapi juga seluruh masyarakat. Termasuk sikap budaya, ekonomi, politik, dan sejarah. Salah satu contoh xenophobia yang paling dikenal terjadi di Amerika Serikat, yaitu berupa tindakan diskriminasi dan kekerasan terhadap imigran Latin, Meksiko, dan Timur Tengah. 

Beberapa dampak xenophobia yaitu:

  • Munculnya rasa permusuhan terhadap orang-orang dari latar belakang yang berbeda.
  • Berkurangnya kesempatan sosial dan ekonomi bagi mereka yang berada dalam kelompok yang terdiskriminasi.
  • Diskriminasi.
  • Kejahatan dan kebencian.
  • Perang.
  • Posisi politik.
  • Kurangnya pendidikan tentang kebijakan luar negeri.

Meski begitu, tidak semua orang yang xenophobia serta merta memulai perang atau melakukan kejahatan rasial. Namun, xenophobia yang terselubung pun dapat berdampak bahaya, baik pada individu maupun masyarakat. 

Sikap xenophobia dapat mempersulit orang-orang dalam kelompok tertentu untuk hidup dalam masyarakat. Selain itu, xenophobia dapat mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan, seperti akses tempat tinggal, kesempatan kerja, dan akses perawatan kesehatan. 

Baik pelaku maupun korban xenophobia perlu mendapatkan perawatan kesehatan mental. Pelaku yang ingin mengubah keyakinan tentang xenophobia, dan korban yang terganggu secara psikis akan mendapatkan manfaat dari penanganan psikolog. Kamu juga bisa mencari rumah sakit yang menyediakan perawatan dari psikolog melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. Xenophobia: Meaning, signs, examples, and more
Very Well Mind. Diakses pada 2023. What Is Xenophobia?
Healthline. Diakses pada 2023. Unpacking Xenophobia, or the Fear of Outsiders
WebMD. Diakses pada 2023. What Is Xenophobia?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan