4 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Cedera Tendon Achilles

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Februari 2023

“Cedera tendon achilles termasuk masalah yang mengganggu aktivitas harian. Maka dari itu, penanganan yang efektif perlu dilakukan agar masalah ini lebih cepat teratasi.”

4 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Cedera Tendon Achilles4 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Cedera Tendon Achilles

Halodoc, Jakarta – Pada seseorang yang aktif berolahraga, cedera adalah salah satu masalah yang rentan terjadi. Salah satu jenis gangguan yang bisa terjadi adalah cedera tendon achilles. Kamu bisa merasakan nyeri pada tumit kaki, sehingga sulit untuk berjalan.

Agar aktivitas dapat kembali seperti semula, perlu tahu berbagai cara efektif untuk mengatasi cedera tendon achilles yang efektif. Semakin cepat tindakan pengobatan dilakukan, maka cedera bisa semakin cepat juga untuk sembuh.

Cara Ampuh dalam Mengatasi Cedera Tendon Achilles

Jika seseorang mengalami gangguan pada tendon ini dengan kondisi yang ringan hingga sedang, proses penyembuhannya bisa terjadi tanpa pengobatan.

Agar masalah ini lebih cepat teratasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Mengistirahatkan kaki: Hindari memberikan beban pada kaki yang sakit, jika perlu menggunakan kruk.
  • Menempelkan es: Dinginkan bagian kaki yang cedera dengan menempelkan es yang dilapisi kain selama 20 menit tiap dirasa kamu membutuhkannya.
  • Kompres kaki: Kamu bisa menggunakan perban elastis di sekitar kaki bagian bawah dan pergelangan kaki agar tidak membengkak.
  • Konsumsi obat anti-radang yang mampu menghilangkan sakit, seperti obat NSAID, agar rasa sakit tidak terlalu parah dan mencegah bengkak.

Selain itu, dokter bisa jadi menyarankan kamu untuk menggunakan pengangkat tumit.

Alat ini bisa disisipkan ke dalam sepatu ketika pulih, sehingga tendon achilles terlindungi dengan baik.

Agar cedera tendon achilles lebih baik, cobalah untuk melakukan latihan peregangan dan penguatan yang direkomendasikan oleh dokter. Dengan begitu, bagian kaki tersebut lebih kuat dan tidak mudah untuk mengalami cedera.

Mengatasi Cedera Tendon Achilles dengan Pembedahan

Jika perawatan yang disebutkan tidak berhasil atau cedera yang dialami parah, pembedahan mungkin perlu dilakukan. Jenis operasi yang dilakukan tergantung lokasi cedera dan seberapa parah kerusakan yang terjadi.

Beberapa prosedur bedah yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Pembedahan untuk memperpanjang otot betis (resesi gastrocnemius).
  • Pembedahan untuk mengangkat jaringan tendon yang rusak dan memperbaikinya (debridement).
  • Pembedahan pengangkatan jaringan tendon yang rusak, memperbaiki sisa tendon, serta memberikan kekuatan tambahan. Cara ini bisa dilakukan dengan memindahkan tendon lain ke tulang tumit.

Selain itu, pemulihan mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan, tergantung seberapa serius cedera yang dialami.

Jangan khawatir, kamu tetapi bisa aktif selama masa penyembuhan, tetapi dengan batasan-batasan tertentu. Tanyakan saja pada dokter apa yang boleh dan tidak untuk dilakukan.

Jika seseorang terlalu memaksakan diri sebelum cedera tendon achilles sembuh total, kekambuhan bisa saja terjadi. Bahkan, rasa sakitnya bisa dirasakan dalam waktu yang lama sebagai akibatnya.

Sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi cedera, kamu bisa memanfaatkan kinesio tape. Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Manfaat dan Cara Memakai Kinesio Tape“.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang cara mengatasi cedera, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. 

Jangan ragu, kamu bisa memilih dokter yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan saran kesehatan yang tepat. Tunggu apa lagi? Ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga!

halodoc homelab
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Achilles Tendon Injuries.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Achilles Tendon Injuries.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan