Ini 7 Manfaat dan Cara Memakai Kinesio Tape

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 November 2023

“Kinesio tape adalah perekat medis dengan bahan elastis yang digunakan untuk mendukung otot dan ligamen yang cedera. Selain itu, beberapa atlet menggunakannya untuk meningkatkan kinerja tubuh."

Ini 7 Manfaat dan Cara Memakai Kinesio TapeIni 7 Manfaat dan Cara Memakai Kinesio Tape

Halodoc, Jakarta – Kinesio tape adalah pita perekat elastis yang digunakan selama rehabilitasi untuk mendukung kerja otot, sendi atau ligamen yang cedera.  Bahannya bisa dari katun atau pun nilon dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Plester ini bisa ditempelkan di bagian tubuh mana pun yang mengalami cedera. Contohnya pada pergelangan tangan atau kaki, bahu, lutut, atau pula leher.  Baca penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat dan cara penggunaannya di sini!

Berbagai Manfaat Kinesio Tape

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kinesio tape adalah sejenis tape elastis yang digunakan dalam dunia fisioterapi dan olahraga untuk tujuan medis. 

Kinesio tape dikembangkan oleh Dr. Kenzo Kase pada awal tahun 1970-an.  Penggunaannya menjadi populer di kalangan atlet sejak Olimpiade Beijing 2008 lalu.  Dilansir dari laman University of Delaware, plester ini dipercaya dapat mengangkat kulit dari lapisan fasia, atau pita, atau jaringan ikat di bawahnya. 

Pengangkatan kulit dari fasia menghasilkan pergerakan cairan limfatik yang lebih besar, yang mengangkut sel darah putih ke seluruh tubuh dan menghilangkan bakteri, produk limbah, dan sisa-sisa sel. 

Jika plester digunakan dengan benar, plester ini mungkin juga dapat memberikan dukungan pada otot-otot di sekitarnya dan membantu memastikan bahwa otot tidak terlalu memanjang atau berkontraksi secara berlebihan.

Nah, berikut beberapa manfaat dari kinesio tape

1. Mendukung otot dan sendi

Kinesio tape digunakan untuk memberikan dukungan tambahan pada otot dan sendi. Tape ini membantu mengurangi tekanan pada area yang terluka atau lemah, yang dapat membantu mengurangi risiko cedera atau meredakan rasa sakit. Tak hanya kinesio, Ini 7 Cara Mengatasi Cedera Otot Hamstring.

2. Meningkatkan peredaran darah

Menurut jurnal ilmiah berjudul Kinesio Taping and the Circulation and Endurance Ratio of the Gastrocnemius Muscle yang dipublikasikan di Journal of Athletic Training, desain dari plester ini menyebabkan epidermis terangkat dari jaringan di bawahnya. Dekompresi yang dihasilkannya juga dapat mengubah aliran darah dan getah bening dalam mikrosirkulasi, yang pada gilirannya dapat mengurangi pembengkakan. 

Itulah sebabnya mengapa plester ini juga dapat digunakan untuk merangsang sirkulasi darah di bawah area yang ditempelinya. Ini membantu mempercepat proses pemulihan dengan meningkatkan pasokan oksigen dan nutrisi ke jaringan-jaringan yang terluka.

3. Menurunkan risiko edema 

Kinesio tape juga dapat membantu mengurangi pembengkakan (edema) dengan memberikan tekanan yang lembut pada area yang bengkak. Pada akhirnya ini membantu menghilangkan cairan berlebihan yang menumpuk di bawah kulit.

4. Mendukung postur tubuh

Bagaimana kinesio tape memperbaiki postur tubuh? Caranya adalah dengan membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan kenyamanan pada tubuh selama aktivitas sehari-hari atau olahraga.

5. Menurunkan rasa nyeri

Selain manfaat yang sudah disebutkan tadi, plester kesehatan ini juga dapat membantu meredakan rasa sakit dengan membatasi pergerakan area yang terluka atau lemah. Kamu dapat tetap bergerak seperti biasa tanpa rasa sakit.

6. Bagian dari rehabilitasi cedera

Prosesi kerjanya adalah dengan meningkatkan fungsi otot, mengurangi risiko kambuhnya cedera,  sehingga membantu dalam memfasilitasi gerakan yang benar. Selain penggunaan plester kinesio, Ini Penanganan Cedera pada Atlet yang Wajib Diketahui.

7. Meningkatkan kinerja olahraga

Beberapa atlet menggunakannya untuk meningkatkan kinerja mereka. Bagi atlet, walaupun cedera, tetap harus latihan atau mengikuti pertandingan tertentu. Plester ini membantu dalam menjaga stabilitas otot selama bertanding.

Sudah pernah mencoba jenis olahraga HIIT yang cukup menantang? Baca selengkapnya di artikel ini: Ini 7 Manfaat Olahraga High-Intensity Interval Training (HIIT) untuk Kesehatan.

Cara Menggunakan Kinesio Tape

Pastikan untuk menggunakan plester ini setidaknya satu jam sebelum memulai aktivitas apa pun, agar dapat menempel dengan benar. Selain itu, bersihkan semua kotoran, minyak, dan losion dari kulit dengan alkohol agar strip dapat menempel dengan baik pada kulit dan bertahan lebih lama.

Kemudian, pengaplikasiannya juga tergantung area mana yang mengalami cedera. Berikut cara menggunakannya:

  • Potong kinesio tape sesuai dengan panjang yang diperlukan untuk menutup area yang dibutuhkan. 
  • Tempelkan sesuai dengan area yang membutuhkan dukungan.
  • Tempelkan ujung plester dengan lembut. Pastikan untuk tidak menekannya terlalu keras. Ujung ini berfungsi sebagai titik awal untuk pemasangan.
  • Pastikan kamu tidak menarik kinesio tape terlalu keras, sehingga tidak memengaruhi aliran darah atau memberikan tekanan berlebih pada kulit.
  • Hindari menyentuh bagian perekat kinesio tape saat menempelkannya untuk menghindari kerusakan daya rekatnya.
  • Periksa apakah sudah ditempel dengan baik dan tidak ada lipatan atau kerutan yang mengganggu.   
  • Kamu dapat menjalani aktivitas sehari-hari atau latihan sesuai kebutuhan. Kinesio tape biasanya tahan air dan dapat tetap menempel selama beberapa hari.
  • Untuk melepas kinesio tape, perlahan tarik tape dari kulit dengan arah sejajar dengan kulit, bukan menariknya secara vertikal.

Nah, itulah manfaat dari kinesio tape untuk kesehatan. Rutinlah berolahraga agar kebugaran jasmani tetap terjaga. Baca selengkapnya di artikel ini: “Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk Latihan, dan Manfaatnya

Hubungi dokter fisioterapi di Halodoc apabila cedera otot yang kamu alami tidak kunjung membaik dalam waktu yang lama.✔️

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Kinesiology Tape?
Kinesio Taping.com. Diakses pada 2023. What is Kinesio Tape?
Performance Health. Diakses pada 2023. Kinesiology Tape 101: Everything You Need to Know
Shape.com. Diakses pada 2023. How to Apply KT Tape to Knees, Shoulders, and More Like a Pro.
University of Delaware. Diakses pada 2023. Kinesio Tape : Does it Really Work?Journal of Athletic Training. Diakses pada 2023.
Kinesio Taping and the Circulation and Endurance Ratio of the Gastrocnemius Muscle.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan