• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Mengolah Wortel Menjadi Makanan yang Lezat

4 Tips Mengolah Wortel Menjadi Makanan yang Lezat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Tips Mengolah Wortel Menjadi Makanan yang Lezat

“Selain direbus, ada beberapa tips yang menyehatkan untuk mengolah wortel menjadi makanan lezat. Misalnya seperti dikukus, dipanggang, dihaluskan, hingga ditumis. Alasannya, mengolah wortel tidak boleh sembarangan, karena dapat merusak kandungan nutrisi penting di dalamnya.”

Halodoc, Jakarta – Wortel mengandung vitamin A, vitamin B, antioksidan, serta serat yang baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Di antara berbagai jenis sayuran, wortel juga termasuk sayuran yang disukai anak-anak karena rasanya yang lezat dan agak manis. Namun, layaknya sayuran lain, wortel dapat kehilangan nutrisi yang terkandung di dalamnya bila tidak dimasak dengan benar.

Oleh sebab itu, wortel harus diolah dengan benar agar seluruh nutrisinya dapat diperoleh dengan maksimal. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengolah wortel menjadi makanan yang lezat. Penasaran apa saja? Simak infonya di sini!

Baca juga: Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan

Perhatikan Hal ini Sebelum Mengolahnya

Layaknya sayuran pada umumnya, pestisida, kuman dan bakteri penyebab penyakit dapat menempel pada wortel. Maka dari itu, pastikan untuk mencuci sayuran yang ingin diolah sebelum benar-benar memasaknya. Hal ini bertujuan agar masakan tidak menimbulkan gangguan kesehatan seperti masalah pencernaan setelah disantap. Untuk membersihkan sayuran, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan, antara lain: 

  • Cuci tangan agar tidak menyebarkan kuman ke sayuran.
  • Pisahkan wortel dengan sayuran lain agar tidak terjadi penyebaran kuman (terutama bila baru membelinya).
  • Potong bagian sayuran yang terlihat layu atau rusak untuk memastikan tidak ada ulat dalam sayuran.
  • Bersihkan sayuran dengan air mengalir, sembari digosok dengan sikat gigi berbulu lembut.  
  • Gunakan sabun khusus yang dapat mencuci buah dan sayuran bila diperlukan.
  • Terakhir, bilas dan tiriskan sayuran yang telah dicuci. 

Baca juga: Ketahui Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Pakcoy

Tips Mengolah Wortel Agar Lezat Saat Disantap

Dilansir dari Livestrong, ada beberapa tips untuk mengolah wortel yang sehat agar nutrisinya tidak hilang, dan lezat saat disantap, antara lain:

1. Dikukus 

Mengukus wortel adalah salah satu cara yang paling sehat untuk mengolahnya dan mendapatkan segala nutrisi yang terkandung. Mengukus akan membuat nutrisi wortel tidak bercampur dengan lemak dari minyak dan panas atau air yang semisal wortel direbus. Pasalnya, merebus wortel apalagi terlalu lama dapat membuat vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C, hilang. Selain itu, perlu diketahui bahwa makanan yang dikukus sangat lah baik untuk kamu yang sedang diet. 

2. Dipanggang

Selain dikukus, mengolah wortel dengan cara dipanggang juga dapat dijadikan pilihan. Perlu diketahui bahwa memanggang wortel dapat menjamin kualitas nutrisi pada wortel terjaga. Namun, suhu saat memanggang wortel juga perlu diperhatikan, karena bila terlalu panas, nutrisinya dapat hilang. Bila ingin mencobanya, kamu dapat memotong wortel menjadi potongan tipis menyerupai kentang goreng. 

Lalu, letakkan untaian wortel di atas loyang panas, tetesi dengan sentuhan minyak zaitun yang sehat untuk jantung. Untuk memastikan wortel matang secara merata, kamu harus sering memutar batang wortel pada tiap sisinya. Selain itu, menambahkan rempah dan bumbu tertentu juga dapat menambah sensasi rasa pada wortel bila dipanggang.

3. Dihaluskan

Terdapat cara yang dapat dilakukan guna menyiasati konsumsi wortel, bila ada seseorang di keluarga tidak menyukai wortel. Nah, kamu bisa membuat puree wortel atau menghaluskannya. Caranya, cukup kukus saja wortel sampai empuk, saat dingin masukan puree tersebut ke dalam blender atau food processor dengan sedikit air. Selanjutnya, haluskan wortel secara menyeluruh, sampai membentuk pasta yang kental dan konsisten secara merata.

Agar rasanya lebih nikmat, kamu juga dapat menambahkan wortel yang dihaluskan dengan saus kesayangan atau bahan lainnya. Misalnya seperti nasi merah, mi, maroni, roti dan sebagainya.

4. Ditumis

Menumis wortel juga dapat menjadi salah satu cara yang menyehatkan untuk mengolahnya. Sebab, menumis tidak membutuhkan api yang besar dan minyak yang berlebihan layaknya saat menggoreng. Selain itu, kamu dapat menggunakan sesendok teh mentega untuk mengganti minyak goreng saat menumis. Agar wortel yang ditumis semakin lezat, kamu juga dapat menambahkan garam, merica, dan sedikit taburan oregano.

Baca juga: Ketahui 6 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

Nah, itulah beberapa tips menyehatkan untuk mengolah wortel menjadi santapan lezat. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar sayuran yang juga kaya akan nutrisi selain wortel, kamu dapat menghubungi ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur chat/video call yang tersedia secara langsung. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Livestrong. Diakses pada 2021. Most Healthy Way to Eat Carrots
Safe Food. Diakses pada 2021. How to cook fruit & vegetables safely
Super Healthy Kids. Diakses pada 2021. 5 Tasty Ways To Cook Carrots