5 Tips Sehat Sahur untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Maret 2024

“Sahur untuk ibu hamil juga tidak bisa sembarangan, sebab makanan yang dimakan harus mengandung nutrisi yang cukup. Tujuannya agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.”

5 Tips Sehat Sahur untuk Ibu Hamil yang Berpuasa5 Tips Sehat Sahur untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Halodoc, Jakarta – Bulan Ramadan menjadi pertanda untuk menjalankan puasa bagi seluruh umat muslim. Tidak terkecuali untuk ibu hamil. Walaupun sebenarnya ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa, tetapi jika masih sanggup untuk menjalaninya, maka sah-sah saja jika ingin berpuasa.

Namun, saat berpuasa ibu harus memperhatikan dengan baik asupan yang dikonsumsi. Terutama saat sahur. Sebab, makanan yang dikonsumsi saat sahur adalah penentu kelancaran puasa dan sebagai sumber energi utama saat berpuasa. 

Nah pertanyaannya, bagaimana sih cara menyiapkan sahur untuk ibu hamil? Yuk, simak informasi lebih lengkapnya.

Tips Sehat Menyiapkan Sahur untuk Ibu Hamil

Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan bumil saat sahur untuk menjalankan ibadah puasa, antara lain:

1. Tetap jaga asupan asam folat

Menjaga agar asupan asam folat terpenuhi adalah langkah penting  untuk kesehatan ibu dan janinnya, apalagi saat puasa. Asam folat  merupakan nutrisi yang berperan dalam pembentukan sel darah serta dapat mencegah janin mengalami cacat tabung saraf. 

Nutrisi ini bisa bumil dapatkan dari hati sapi, bayam, daging merah, dan masih banyak lagi. 

Namun, selama puasa, asupan makanan serta cairan ibu bisa jadi berkurang. Tapi, tidak perlu khawatir, agar kebutuhan asam folat tetap tercukupi, bumil bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin. 

Untuk tahu apa saja rekomendasi vitaminnya, ibu bisa cek artikel ini: “Catat, Ini Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil yang Bagus”.

2. Fokus pada hidrasi

Menjaga hidrasi penting untuk orang yang berpuasa, apalagi bagi ibu hamil. Ibu hamil perlu meminum air putih yang banyak untuk memenuhi kebutuhan cairannya dan kebutuhan cairan bayi. Jika tidak mendapatkan cukup air akibatnya volume air ketuban akan menurun. 

bumil bisa meminum air putih sebanyak 8-12 gelas perhari atau sekitar 2 sampai 3 liter air. Sebagai tambahan, konsumsi juga buah dan sayuran yang memiliki kandungan air tinggi saat sahur seperti semangka atau melon. Disarankan juga bagi ibu hamil untuk meminum susu kehamilan sebagai penambah kekuatan.

  3. Konsumsi makanan bernutrisi

Bagi ibu hamil, makan sahur saja tidak cukup jika asupan nutrisi dan gizi tidak terpenuhi. Sebab, nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan janin dan daya tahan tubuh ibu. 

Karena itu, pastikan memilih jenis makanan yang tepat. Kamu bisa mempraktekan tips berikut untuk melengkapi kebutuhan nutrisi saat sahur:

  • Berhati-hatilah dalam memilih karbohidrat. Lebih baik pilih karbohidrat kompleks yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Sumber karbohidrat kompleks bisa berasal dari nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.
  • Tambahkan lemak sehat seperti ikan atau susu ke dalam menu sahur.
  • Hindari makanan berminyak atau gorengan yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.
  • Hindari konsumsi makanan dan minuman manis.
  • Penuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi daging tanpa lemak dan kacang-kacangan.
  • Tambahkan juga buah dan sayuran sebagai sumber serat dan vitamin.

Ketahui juga asupan bernutrisi lainnya untuk ibu hamil yang berpuasa di laman berikut, “7 Asupan Sehat untuk Ibu Hamil yang Puasa”.

   4. Meal prepping

Meal prepping adalah istilah yang merujuk pada mempersiapkan makanan untuk beberapa hari ke depan. Bagi ibu hamil pasti sangat berat bangun di malam hari dan menyiapkan makanan untuk sahur. Nah, dengan meal prepping ibu bisa lebih menghemat waktu. 

Ibu hanya perlu memasak sekali, lalu simpan bahan makanan di kulkas untuk dimasak dua atau tiga hari ke depan. Selain menghemat waktu, meal prepping juga bisa menghemat tenaga. Namun, dalam menyiapkan makanan pastikan bukan makanan yang instan, melainkan makanan bergizi seperti sup atau soto.

  5. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup penting bagi kesehatan ibu hamil. Namun, saat bulan puasa waktu tidur menjadi otomatis berkurang. Maka dari itu penting sekali bagi bumil untuk tidak tidur terlalu malam.

Jika merasa sangat kelelahan, maka ibu bisa meminta bantuan ayah untuk menyiapkan sahur. Selain tidur yang cukup, ketika berpuasa sebaiknya hindari juga aktivitas yang melelahkan seperti berjalan jauh atau membawa barang bawaan berat.

Itulah tips sehat menyiapkan sahur untuk ibu hamil. Ingat, puasa bukanlah sebuah kewajiban untuk wanita yang sedang hamil. Jadi jika ibu merasakan pusing, gemetar, atau kelelahan saat berpuasa, maka sebaiknya hentikan terlebih dahulu.

Supaya lebih aman sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menjalani ibadah puasa. Ibu bisa lho bertanya langsung pada dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang ada di Halodoc! Konsultasi seputar  kehamilan bisa kapan saja dan di mana saja karena dokter-dokter di Halodoc tersedia 24 jam. Tenang saja, privasi aman dan terjaga!

Referensi:
Healthwire. Diakses pada 2023. 6 Tips for Fasting in Pregnancy Without Harming Your Health.
Babycenter. Diakses pada 2023. Ramzan in pregnancy: tips for a healthy fast.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan