4 Trik Melatih Anjing agar Patuh sejak Kecil

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   15 Januari 2021
4 Trik Melatih Anjing agar Patuh sejak Kecil4 Trik Melatih Anjing agar Patuh sejak Kecil

Halodoc, Jakarta - Banyak orang tidak bisa membayangkan hidup tanpa anjing. Hewan peliharaan ini banyak disukai karena mereka setia, menyayangi tanpa syarat, memberi kebahagiaan, serta semangat hidup. Namun, anjing juga dapat memiliki sikap yang menjengkelkan, seperti melompat-lompat, menggonggong, dan mengunyah apa pun.

Untuk memaksimalkan hubungan dengan anjing, kamu perlu mengajarkan beberapa keterampilan penting yang akan membantunya hidup harmonis dengan manusia. Latih anjing untuk patuh pada apa yang kamu katakan, sedini mungkin. Jika kamu memeliharanya sejak kecil, maka mulai ajarkan secepatnya. 

Baca juga: Kenali Tanda Awal Anjing Peliharaan yang Sedang Hamil

Memahami dan Menghargai Anjing Adalah Kunci

Anjing adalah hewan yang punya kecenderungan untuk ingin belajar, dan kunci suksesnya adalah komunikasi yang baik. Anjing perlu memahami bagaimana kamu ingin dia berperilaku dan mengapa menuruti keinginan kamu adalah kepentingan terbaiknya.

Berikut ini tips melatih anjing agar patuh, yang bisa dicoba:

1.Pahami Cara Anjing Belajar

Salah satu keluhan yang paling sering didengar dari pemilik anjing adalah bahwa anjing mereka “tidak mau mendengarkan”. Namun, cobalah tempatkan diri kamu pada posisi anjing kamu sejenak. Jika seseorang terus-menerus mengoceh dalam bahasa asing yang belum pernah didengar sebelumnya, berapa lama kamu akan memperhatikan? 

Mungkin tidak terlalu lama, karena kamu tidak akan bisa memahami apa yang coba dikomunikasikan oleh penutur asing itu. Jadi, untuk berkomunikasi secara jelas dan konsisten dengan anjing, kamu perlu memahami cara ia belajar. 

Anjing belajar melalui respon langsung dari perilaku mereka. Sifat tersebut menentukan bagaimana mereka akan berperilaku di masa depan. Anjing, seperti hewan lain (termasuk manusia), bekerja untuk mendapatkan hal-hal baik dan menghindari hal-hal buruk dalam hidup. 

Jika suatu perilaku menghasilkan sesuatu yang bermanfaat seperti makanan, pelukan kasih sayang, waktu bermain dengan pemiliknya, anjing akan lebih sering melakukannya. Di sisi lain, jika suatu perilaku menghasilkan respon yang tidak menyenangkan, seperti diabaikan atau kehilangan hal-hal yang menurutnya bermanfaat, ia akan lebih jarang melakukannya.

Baca juga: Panduan untuk Membuat Makanan Anjing di Rumah

2.Beri Hadiah Kecil Jika Menyukai Perilakunya

Beberapa metode pelatihan menggunakan hukuman untuk mencegah anjing melakukan segala sesuatu kecuali apa yang diinginkan pemiliknya. Sementara metode lain fokus pada mengajarkan anjing apa yang kamu ingin mereka lakukan. 

Meski kedua taktik tersebut bisa berhasil, yang terakhir biasanya merupakan pendekatan yang lebih efektif, dan juga jauh lebih menyenangkan. Misalnya, kamu dapat dengan mudah menggunakan camilan, permainan, dan pujian untuk mengajarkan anjing duduk saat ada orang asing mendekat ketika mengajaknya berjalan-jalan di lingkungan sekitar. 

Ketika anjing melakukan sesuatu yang kamu sukai, yakinkan ia untuk melakukannya lagi dengan menghadiahinya sesuatu yang ia sukai. Dengan begitu, ia akan tahu bahwa apa yang dilakukannya adalah hal yang benar.

Bagian terpenting dari melatih anjing adalah mengajarinya bahwa melakukan hal-hal yang kamu sukai itu bermanfaat. Jadi, anjing juga perlu belajar konsekuensi saat melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai. Namun, sebaiknya jangan gunakan kekerasan sebagai bentuk konsekuensi.

Kamu cukup mengambil hal-hal yang ia sukai. Misalnya, mengabaikannya atau tidak mau mengelus dan bermain dengannya. 

3.Kontrol Respon secara Konsisten

Saat melatih anjing, kamu dan semua orang yang berinteraksi dengannya, harus merespons hal-hal yang ia lakukan dengan cara yang sama setiap kali dia melakukannya. Misalnya, jika kamu terkadang membelai anjing saat ia melompat untuk menyambutmu, tetapi terkadang malah berteriak padanya, ia pasti akan bingung. 

Bagaimana dia bisa tahu kapan boleh melompat dan kapan tidak? Jadi, penting untuk secara konsisten mengajarkan respon pada anjing. Hal ini akan membantunya belajar untuk patuh dengan efektif.

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

4.Jadilah Pemimpin yang Baik

Beberapa orang percaya bahwa satu-satunya cara untuk mengubah anjing yang tidak patuh menjadi anjing yang berperilaku baik adalah dengan mendominasi dan menunjukkan siapa bosnya. Namun, bukan berarti kamu bisa berlaku semena-mena terhadapnya.

Jadilah pemimpin yang baik hati, bukan pengganggu. Misalnya, jika anjing ingin keluar, minta ia duduk tenang sebelum kamu membuka pintu. Saat ia ingin makan malam, minta dia berbaring untuk mendapatkannya. Anjing akan dengan senang hati melakukan semua yang ia sukai, dan belajar melakukan apa yang kamu inginkan untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Itulah beberapa tips melatih anjing agar patuh, yang bisa dilakukan sedini mungkin. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan dan perawatan anjing, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter hewan, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Fetch by WebMD. Diakses pada 2021. Obedience Training for Dogs.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. How to Train Your Dog.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan