5 Bahan Alami Bantu Atasi Kulit Kaki Kering Bersisik

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Desember 2022

“Kulit kering disebabkan oleh hilangnya kelembapan alami kulit. Adapun bahan alami guna mengatasinya, yakni minyak zaitun, masker alpukat, lulur minyak zaitun dan gula, serta mengoleskan madu dan oatmeal.”

5 Bahan Alami Bantu Atasi Kulit Kaki Kering Bersisik5 Bahan Alami Bantu Atasi Kulit Kaki Kering Bersisik

Halodoc, Jakarta – Kulit kering adalah gangguan yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak memiliki kelembapan yang baik. Dampaknya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, bahkan pecah-pecah.

Dalam istilah medis, kulit kering disebut dikenal dengan istilah ‘xerosis’. Meski dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, kondisi ini lebih rentan dialami pada bagian kaki. Salah satu penyebabnya yakni terlalu lama memakai sepatu.

Salah satu cara menjaga kelembapan alami kulit yakni menggunakan bahan-bahan alami. Di antaranya minyak zaitun, masker alpukat, lulur minyak zaitun dan gula, serta mengoleskan madu dan oatmeal. 

Bahan untuk Mengatasi Kulit Kaki Kering Bersisik 

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung pelembab alami yang dapat mengatasi sekaligus mencegah kulit kering. Dalam 1 sendok makan berkisar 15 mililiter minyak zaitun mengandung:

  • Kalori sebanyak 120 kilo kalori.
  • Vitamin K sebanyak 8 mikrogram.
  • Vitamin E sebanyak 1.9 miligram.
  • Natrium sebanyak 0.3 miligram.
  • Kalium sebanyak 0.1 miligram.
  • Lemak sehat sebanyak 13.5 hingga 14 gram. 

Jenis lemak di dalamnya, yakni omega-6, omega-3, asam oleat, lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan dan kolin seperti polifenol serta flavonoid. 

Nutrisi di atas mampu menutrisi dengan mengembalikan kelembapan alami kulit. Caranya, gosokkan minyak zaitun ke kulit dan kompres kain hangat sampai sensasi hangatnya hilang. Lakukan langkah ini secara rutin.

2. Masker Alpukat

Adapun Dalam 100 gram alpukat mengandung:

  • Air sebanyak 84.3 gram.
  • Vitamin B1 (thamin) sebanyak 0.05 miligram.
  • Vitamin B2 (riboflavin) sebanyak 0.08 miligram.
  • Niasin sebanyak 1.0 miligram.
  • Vitamin C sebanyak 13 miligram.
  • Vitamin E sebanyak 2.07 miligram.

Nutrisi di atas mampu menenangkan kulit kaki kering bersisik. Caranya, haluskan alpukat secukupnya dan campur dengan satu sendok teh minyak zaitun serta madu. Aplikasikan pada area kulit kering, diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu bersihkan.

3. Lulur Minyak Zaitun dan Gula

Campuran scrub eksfoliasi dari minyak zaitun dan gula mampu melembapkan kulit secara alami. Caranya, campurkan ½ cangkir gula dan 2 sendok makan minyak zaitun. Gosok campuran bahan tersebut ke area kulit kering, lalu bersihkan. Terakhir, gunakan losion untuk mengunci kelembapannya.

4. Buat Rendaman Oatmeal

Cara membuatnya dapat dilakukan dengan menambahkan secangkir oatmeal ke dalam bak mandi air hangat. Kemudian mandi atau berendam menggunakan campuran air tersebut. Tapi, tidak disarankan terlalu lama, karena air hangat berpotensi mengganggu fungsi kelenjar minyak yang berfungsi sebagai pelembap alami.

5. Oleskan Madu dan Oatmeal

Mengatasi kulit kaki kering selanjutnya dapat dilakukan dengan mengoleskan campuran madu dan oatmeal. Caranya, campurkan 2 sendok makan oat dan 1 sendok makan madu serta sedikit air. Aduk hingga bertekstur pasta dan oleskan pada bagian kulit kaki yang kering. Diamkan 15 hingga 20 menit, lalu bilas.

Jika bahan alami di atas tidak mampu mengatasi kulit kaki kering bersisik, kondisi tersebut mungkin saja dipicu oleh gangguan kesehatan. Seperti dermatitis atopik, eksim atau psoriasis. 

Di fase ini, disarankan untuk buat janji rumah sakit guna melakukan langkah perawatan. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Dry skin: Seven home remedies.
Everyday Health. Diakses pada 2022. 10 Natural Dry-Skin Remedies You Can DIY at Home.
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Home Remedies for Dry Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan