• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Buah-Buahan yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

5 Buah-Buahan yang Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Perlu diingat bahwa hingga kini tidak ada suplemen yang mampu sepenuhnya menyembuhkan atau mencegah penyakit. Selain itu, dengan adanya pandemi COVID-19, sangat penting untuk dipahami bahwa tidak ada suplemen, diet, atau modifikasi gaya hidup lainnya yang ampuh mencegah virus. Sejauh ini, cara terbaik untuk mencegah penularan adalah menjaga jarak fisik dan mempraktikan kebersihan diri. 

Namun, mengonsumsi makanan tertentu seperti buah nyatanya bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Jika kamu sedang mencari cara untuk mencegah pilek, flu, dan infeksi lainnya, langkah pertama adalah mengunjungi toko buah terdekat dan rutin konsumsi beberapa buah yang terbukti ilmiah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lantas, buah apa saja yang diklaim mampu tingkatkan daya tahan tubuh? Ini ulasannya!

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Salah saat Makan Buah

Jeruk

Banyak orang langsung beralih ke makanan tinggi vitamin C seperti jeruk setelah flu. Ini karena vitamin C membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dianggap meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Dengan keragaman yang dapat dipilih, menambahkan jeruk ke asupan harian juga mudah. Ada beberapa jenis buah jeruk yang populer seperti jeruk bali, jeruk mandarin, jeruk nipis, jeruk keprok, dan jeruk lemon. 

Karena tubuh Anda tidak memproduksi atau menyimpannya, maka kamu membutuhkan vitamin C harian untuk kesehatan yang berkelanjutan. Jumlah harian yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa adalah:

  • 75 miligram untuk wanita.
  • 90 miligram untuk pria.

Jika kamu memilih suplemen, hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram (mg) sehari. Juga perlu diingat bahwa meskipun vitamin C dapat membantu pulih dari flu lebih cepat, belum ada bukti bahwa vitamin C efektif melawan virus corona SARS-CoV-2.

Pepaya

Jenis buah lain yang kaya akan vitamin C adalah pepaya. Kamu dapat menemukan jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari dalam satu buah pepaya berukuran sedang. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek antiinflamasi. Di dalam buah pepaya juga terkandung kalium, magnesium, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Buah-Buahan untuk Kulit yang Bersinar

Kiwi

Seperti pepaya, kiwi juga secara alami penuh dengan banyak nutrisi penting, termasuk folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C dalam buah kiwi akan meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya membuat seluruh tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Semangka

Semangka juga merupakan buah penambah kekebalan tubuh. Satu porsi atau dua 2 cangkir semangka mengandung 270 miligram potasium, 30 persen dari nilai harian vitamin A, dan 25 persen kebutuhan harian vitamin C. Kalori dalam semangka juga tidak banyak sama sekali. Satu porsi semangka hanya memiliki 80 kalori. Semangka juga menyediakan vitamin B6 dan glutathione. Tubuh membutuhkan vitamin, nutrisi, dan senyawa seperti glutathione untuk fungsi kekebalan yang tepat.

Irisan semangka adalah cara paling umum untuk menikmati buah ini. Namun, ada beberapa cara kreatif lain untuk makan semangka:

  • Salad buah semangka dengan saus lemon, madu, dan mint.
  • Segelas limun stroberi semangka.
  • Camilan salad semangka arugula dengan topping keju feta.

Delima

Senyawa bermanfaat dalam ekstrak delima telah ditemukan dalam penelitian laboratorium untuk menghambat pertumbuhan jenis bakteri berbahaya termasuk E. coli, Salmonella, Yersinia, Shigella, Listeria, Clostridium, Staphylococcus aureus, dan organisme lain. Ada juga bukti senyawa delima menghambat pertumbuhan bakteri di mulut yang berkontribusi pada penyakit periodontal, penumpukan plak, dan radang gusi. 

Ekstrak buah delima juga memiliki khasiat anti virus melawan flu, herpes, dan virus lainnya. Selain melawan virus dan bakteri jahat, ada bukti bahwa ekstrak buah delima meningkatkan pertumbuhan flora usus bermanfaat yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh termasuk Bifidobacterium dan Lactobacillus.

Baca juga: Lebih Bagus Mana Makan Buah Langsung atau Dijus

Itulah buah yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara menjaga daya tahan tubuh, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu bisa berdiskusi dengan dokter kapan dan di mana saja melalui Chat atau Voice/Video Call. Praktis bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

ReferensI:
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Foods That Boost the Immune System.
On Health. Diakses pada 2020, 16 Foods That Boost and Improve Your Immune System.
WebMD. Diakses pada 2020. 16 Foods That Boost Your Immune System.