• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Buah yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Buah yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Hamil

5 Buah yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Juli 2021
5 Buah yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Hamil

“Buah-buahan dikenal sebagai makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi baik. Itulah mengapa ibu hamil dianjurkan untuk rutin makan buah-buahan. Selain memberikan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin, buah dapat menjaga kesehatan ibu hamil. Namun, tidak semua buah baik untuk ibu hamil. Beberapa memiliki kandungan yang mengganggu kondisi janin, bahkan menyebabkan keguguran.”

Halodoc, Jakarta – Saat hamil, ibu perlu mengonsumsi berbagai macam makanan sehat untuk memberi janin nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, makanan yang bergizi juga bermanfaat untuk membantu menjaga tubuh ibu tetap sehat selama kehamilan dan mengurangi risiko beberapa penyakit

Nah, salah satu jenis makanan sehat yang perlu ibu konsumsi lebih banyak selama masa kehamilan adalah buah-buahan. Makanan ini bisa memberikan asupan vitamin, mineral dan juga serat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Meski begitu, tidak semua buah baik untuk ibu hamil. Beberapa memiliki kandungan yang bisa berdampak buruk bagi janin. Ketahui buah apa saja yang perlu dihindari oleh ibu hamil.

Baca juga: 4 Nutrisi Ibu Hamil Ini Bisa Didapatkan dari Buah

Buah yang Tidak Baik untuk Ibu Hamil

Sebenarnya tidak ada buah yang harus dihindari sama sekali selama masa kehamilan. Hanya saja, ada beberapa buah yang perlu ibu konsumsi secara hati-hati, karena kandungan yang terdapat di dalamnya bisa mengganggu kondisi janin, bahkan memicu keguguran bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Berikut ini daftar buah yang perlu dihindari oleh ibu hamil:

  1. Nanas

Nanas menempati urutan paling atas dalam daftar buah yang harus dihindari ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Hal ini karena buah masam ini bisa menyebabkan kontraksi rahim yang tajam, yang pada gilirannya bisa menyebabkan keguguran. 

Nanas mengandung bromelain, enzim yang memecah protein. Kandungan ini bisa melunakkan serviks dan bisa menyebabkan persalinan dini. Itulah mengapa ibu hamil dianjurkan untuk menghindari makan nanas selama kehamilan.

Baca juga: Ibu Hamil Makan Nanas, Apa Manfaat dan Dampak Buruknya?

  1. Pepaya

Meskipun kaya akan makronutrien dan vitamin yang penting bagi tubuh, pepaya termasuk salah satu buah yang tidak disarankan untuk ibu hamil. Pasalnya, pepaya bisa menyebabkan suhu tubuh ibu naik yang tidak baik selama kehamilan.

Selain itu, buah ini juga kaya akan lateks yang bisa menyebabkan kontraksi rahim, perdarahan, dan bahkan keguguran. Makanan ini juga bisa mengganggu perkembangan janin, jadi sebaiknya hindari mengonsumsi pepaya selama kehamilan. Hindari makan pepaya matang maupun mentah. 

  1. Asam Jawa

Ngidam sesuatu yang asam adalah hal yang sering dirasakan selama masa kehamilan. Mungkin saja, ibu langsung berpikir tentang asam jawa. Namun, mengonsumsi asam jawa selama kehamilan memberikan lebih banyak dampak buruk daripada dampak baik. 

Sebenarnya, asam jawa sudah lama digunakan untuk penangkal morning sickness dan mual. Namun, makanan masam ini perlu dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Asam jawa mengandung vitamin C yang tinggi yang bisa menekan produksi progesteron dalam tubuh ibu, bila dikonsumsi secara berlebihan.

Tingkat progesteron yang rendah bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, bahkan menyebabkan kerusakan sel pada janin. Jadi, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi asam jawa terlalu banyak, terutama selama trimester pertama kehamilan.

  1. Pisang

Ibu mungkin kaget melihat buah yang sederhana ini ada dalam daftar buah yang harus dihindari selama kehamilan. Meskipun makan pisang selama kehamilan dianggap aman, makanan sehat ini harus dihindari dalam kasus-kasus tertentu. Wanita yang memiliki alergi dan wanita yang mengidap diabetes atau diabetes gestasional dianjurkan untuk tidak makan pisang. 

Buah yang rasanya manis ini mengandung kitinase, zat seperti lateks yang dikenal sebagai alergen. Pisang juga bisa meningkatkan panas tubuh ibu. Jadi, ibu hamil yang punya alergi terhadap kitinase sebaiknya menghindari pisang.

Selain itu, pisang juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi di dalamnya, jadi pengidap diabetes harus menghindari pisang dengan cara apa pun.

  1. Semangka

Umumnya, semangka baik untuk tubuh manusia karena memungkinkan tubuh untuk membuang semua racun dari tubuh sambil menjaga hidrasi. Namun, makan semangka selama kehamilan bisa membuat bayi terpapar berbagai racun yang dikeluarkan oleh buah ini. 

Semangka biasanya baik untuk kesehatan ibu hamil, tapi juga bisa memberikan efek yang tidak diinginkan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan gula di dalamnya bisa meningkatkan kadar glukosa darah ibu. 

Terkadang, sifat diuretik semangka bahkan bisa mengeluarkan nutrisi penting bersama dengan racun dari tubuh ibu. Selain itu, buah ini adalah makanan pemicu dingin. Oleh karena itu, ibu disarankan untuk menghindarinya saat hamil.

Baca juga: 7 Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Itulah buah-buahan yang perlu dihindari ibu hamil. Bila masih ada yang ingin ibu tanyakan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu hamil bisa bertanya apa saja pada dokter dan minta saran kesehatan. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Parenting Firstcry. Diakses pada 2021. 8 Fruits That You Should Not Eat During Pregnancy