• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Ampuh Atasi Penyakit Asam Lambung pada Lansia

5 Cara Ampuh Atasi Penyakit Asam Lambung pada Lansia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit umum yang bisa dialami siapa saja, termasuk orang yang sudah lanjut usia (lansia). Penyakit tersebut bisa menimbulkan gejala yang tidak nyaman yang dapat terasa menyiksa bagi lansia.

Oleh karena itu, penyakit asam lambung pada lansia perlu segera diatasi dengan pengobatan yang tepat. Bicarakanlah pada dokter mengenai pengobatan yang tepat bila orang tua tersayang mengalami penyakit asam lambung. Selain itu, ada beberapa cara yang juga bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi penyakit asam lambung pada lansia.

Baca juga: Jangan Sepelekan 3 Bahaya Akibat Asam Lambung

Penyebab Asam Lambung pada Lansia

Penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke saluran yang menghubungkan mulut dan lambung (kerongkongan). Naiknya asam lambung disebabkan karena sfingter esofagus bagian bawah atau lower esophageal sphincter (LES) tidak menutup dengan sempurna. 

LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Namun, bila sfingter mengendur secara tidak normal atau melemah, asam lambung bisa mengalir kembali ke kerongkongan kamu. Reaksi asam ini bisa mengiritasi lapisan esofagus dan seringkali menyebabkannya meradang.

Berikut beberapa hal yang memicu penyakit asam lambung pada lansia, yaitu:

  • Kegemukan.
  • Kebiasaan merokok.
  • Mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.
  • Mengonsumsi kopi atau minuman keras secara berlebihan.
  • Stres.

Baca juga: Alasan Kafein Sebaiknya Dihindari Pengidap Asam Lambung

Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung pada Lansia

Biasanya, penyakit asam lambung bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan yang dijual bebas. Berikut cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit asam lambung pada lansia:

1.Jangan Biarkan Orangtua Berbaring di Tempat Tidur yang Datar

Ketika orangtua berbaring telentang di permukaan yang datar, asam di perut bisa bergerak mundur dan naik kembali ke kerongkongan, sehingga menyebabkan nyeri asam.

Karena itu, orangtua sebaiknya tidur dengan menggunakan tambahan bantal agar kepala, leher dan bagian atas dada berada dalam posisi yang lebih tinggi. Selain bantal tambahan, kamu bisa mengganjal kaki tempat tidur yang menempel dengan tembok dengan balok kayu agar membentuk sudut ke atas secara permanen.

2.Cobalah Pengobatan Herbal

Rempah-rempah segar, seperti daun mint, jahe, dan kayu manis sudah dikenal akan manfaatnya untuk meredakan ketidaknyamanan saat mengalami asam lambung.

Jahe yang banyak dijual di pasaran mengandung bahan kimia yang bisa membantu mempercepat kontraksi perut, sehingga makanan dalam perut bisa berpindah dengan cepat melalui sistem pencernaan. Selain itu, bahan kimia yang sama bisa membantu mengurangi mual, diare, dan muntah.

Sementara daun mint mengandung mentol yang bisa membantu meredakan gejala heartburn pada lansia. Kayu manis juga mengandung zat yang bisa membantu mengurangi gas, perut kembung, sendawa dan kram. Zat tersebut dapat membantu menetralkan asam lambung, sehingga meredakan mulas dan sakit maag.

Licorice dan chamomile kadang-kadang juga digunakan untuk meredakan GERD. Namun, bicarakanlah terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan pengobatan herbal apa pun.

3.Ubah Pola Makan

Pola makan yang baik sangat penting untuk membantu mengatasi penyakit asam lambung pada lansia, serta mencegah masalah lebih lanjut dengan gangguan pencernaan. Ada makanan tertentu yang baik untuk dimakan, tapi ada juga makanan yang perlu dihindari ketika lansia memiliki penyakit asam lambung. 

Makanan yang perlu dihindari, seperti gorengan, makanan berlemak atau berminyak, makanan asin atau diawetkan, kafein dan alkohol. Sementara makanan yang baik yang bisa dicoba adalah makanan hambar yang bertepung, seperti pisang, nasi, dan roti panggang.

Baca juga: Benarkah Apel Mampu Menenangkan Asam Lambung yang Kambuh?

4.Ubah Kebiasaan Makan

Selain menjaga pola makan, mengubah kebiasaan makan juga berpengaruh dalam mengatasi penyakit asam lambung. Mintalah orangtua untuk makan secara perlahan dan mengunyah makanan dengan baik. Lansia dengan asam lambung juga dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering. Selain itu, jangan biarkan orangtua langsung berbaring setelah makan.

5.Bantu Lansia Menjaga Berat Badan Ideal

Meskipun fisik lansia mungkin sudah tidak terlalu kuat, namun orangtua dianjurkan untuk tetap berolahraga secara rutin untuk menjaga berat badan ideal. Orangtua bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki.

Itulah cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit asam lambung pada lansia. Selain cara-cara di atas, beberapa obat-obatan yang dijual bebas juga bisa membantu meredakan penyakit tersebut, antara lain antasida, obat penghambat reseptor H-2 untuk mengurangi produksi asam, dan obat penghambat pompa proton untuk mencegah produksi asam. 

Nah, kamu bisa membeli obat-obatan yang kamu butuhkan tersebut melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot-repot, tinggal order dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gastroesophageal reflux disease (GERD).
Gauthier Family Home Care. Diakses pada 2020. Ways to Help Your Senior With Digestion Issues at Home