• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Cepat Hamil bagi Pengidap PCOS
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Cepat Hamil bagi Pengidap PCOS

5 Cara Cepat Hamil bagi Pengidap PCOS

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Maret 2021
5 Cara Cepat Hamil bagi Pengidap PCOS

Halodoc, Jakarta - Sudah tak asing dengan masalah kesuburan pada wanita bernama polycystic ovarian syndrome (PCOS)? PCOS adalah kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Kondisi ini membuat hormon wanita yang mengidap PCOS menjadi tidak seimbang karena berbagai hal. 

PCOS juga disebut-sebut menimbulkan komplikasi berupa infertilitas pada wanita. Alasannya, ukuran indung telur (ovarium) pengidap PCOS lebih besar dari wanita normal. Indung telur yang lebih besar ini di dalamnya berisikan banyak kista kecil yang mengandung telur yang belum matang.

Alhasil, telur tersebut sulit untuk dikeluarkan, apalagi dibuahi. Nah, kondisi ini yang membuat mereka sulit untuk memiliki keturunan. Lantas, bagaimana cara cepat hamil bagi pengidap PCOS? Berikut ulasan selengkapnya.

Baca juga: Viral Telat Haid sampai 10 Bulan, Ini Fakta PCOS

1. Konsumsi Makanan Sehat

Diet atau pola makan sehat adalah salah satu cara cepat hamil yang bisa dicoba oleh pengidap PCOS. Wanita dengan PCOS memiliki tingkat peradangan yang lebih tinggi, yang merupakan bagian yang mendorong ketidakseimbangan hormon (testosteron yang lebih tinggi, hormon luteinizing dan insulin).

Lantas, pola makan seperti apa yang baik untuk pengidap PCOS? Pengidapnya perlu menerapkan diet antiinflamasi mencakup banyak buah dan sayuran, atau serat tinggi yang tidak diproses (gandum, quinoa). Di samping itu, pengidapnya perlu mengonsumsi makanan yang kaya lemak omega-3 seperti ikan (salmon, tuna, trout), kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat.

Hindari mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan. Tujuannya untuk menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi lonjakan insulin. Makanlah karbohidrat dalam jumlah sedang setiap kali makan, kira-kira sekitar seperempat porsi piringmu. 

2. Rutin Berolahraga

Cara cepat hamil lainnya untuk pengidap PCOS adalah rutin berolahraga. Pengidap PCOS dianjurkan untuk rutin berolahraga setidaknya 150 menit seminggu (1 hari 30 menit, 5 kali dalam seminggu) untuk aktivitas aerobik sedang.

Menurut studi dari Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, wanita yang PCOS mungkin dapat meningkatkan kesuburan mereka melalui penurunan berat badan dan olahraga. Ringkasnya, berat badan yang ideal membantu meningkatkan kesuburan pengidap PCOS. 

“Rutin berolahraga dan diet sehat meningkatkan kesuburan pada wanita yang mengidap PCOS,” ungkap penulis studi Dr. Richard S. Legro, profesor dari Penn State College of Medicine, Amerika Serikat.

Terdapat beragam olahraga yang bisa dicoba oleh pengidap PCOS, salah satunya yoga. Yoga terbukti efektif meningkatkan kesuburan pada pengidap PCOS. Olahraga ini membantu mengembalikan keseimbangan hormon dan meningkatkan darah sirkulasi ke daerah panggul. 

Baca juga: 4 Jenis Olahraga yang Tepat untuk Pengidap Sindrom Polikistik Ovarium

3. Pemberian Pil KB

Terdapat berbagai cara cepat hamil untuk pengidap PCOS. Salah satunya melalui obat-obatan. Menurut National Institutes of Health, salah satu cara mengatasi PCOS adalah pemberian obat-obatan seperti pil KB. Obat ini diresepkan untuk membuat menstruasi pengidapnya lebih teratur.

Metode hormon kontrasepsi jangka panjang, seperti IUD Mirena, dapat membantu menghentikan menstruasi yang tidak teratur dan pertumbuhan abnormal pada lapisan rahim.

Sebenarnya, pengobatan pada pengidap PCOS bisa berbeda-beda, metodenya bergantung pada gejala yang dialaminya. Umumnya, dokter memberikan obat-obatan untuk mengontrol siklus menstruasi dan membantu ovulasi.

Untuk lebih jelasnya, kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc, mengenai metode pengobatan yang tepat bagi pengidap PCOS.

4. Perbanyak Istirahat

Selain tiga hal di atas, cara cepat hamil bagi pengidap PCOS lainnya adalah mencukupi kebutuhan istirahat. Kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan pengidap PCOS secara signifikan.

Kurang tidur dikaitkan dengan resistensi insulin yang lebih besar, dan lebih banyak kesulitan menurunkan berat badan. Kurang tidur juga dikaitkan dengan asupan makanan karbohidrat yang lebih banyak.

Menurut studi, wanita dengan PCOS memiliki tingkat obstructive sleep apnea (OSA) yang lebih tinggi, suatu kondisi yang menyebabkan terhentinya pernapasan saat tidur. Meskipun kelebihan berat badan dapat menjadi faktor OSA, kadar testosteron yang lebih tinggi, yang memengaruhi reseptor tidur di otak, juga menjadi faktor penyebabnya. 

Jika kamu pernah diberi tahu bahwa dirimu mendengkur saat tertidur hingga membuat tidur jadi tidak berkualitas, cobalah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Baca juga: Faktor yang Tingkatkan Risiko Sindrom Polikistik Ovarium

5. Kelola Stres dengan Baik

Mengelola stres dengan baik adalah cara cepat hamil yang bisa dicoba oleh pengidap PCOS. Jika tidak dikelola, stres berkepanjangan yang terus-menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan. Contohnya, tekanan darah tinggi dan peningkatan kadar kortisol dan insulin yang berkontribusi pada penambahan berat badan.

Jika kamu merasa tidak bisa mengelola stres dengan baik, pertimbangkan kursus manajemen stres berbasis kesadaran (mindfulness) untuk membantu mengatasi stres dengan lebih efektif.

Bagaimana tertarik mencoba cara cepat hamil untuk pengidap PCOS di atas? Bagi kamu yang mengidap PCOS dan ingin meningkatkan peluang kehamilan, bisa memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.

Referensi:
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Polycystic Ovary Syndrome
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Polycystic ovary syndrome (PCOS)
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Pregnant with Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
Verywell Health. Diakses pada 2021. The 5 Essential Components of a Healthy Lifestyle for PCOS
Verywell Health. Diakses pada 2021. Exercise to Boost Fertility When You Have PCOS
Verywell Health. Diakses pada 2020. The Best Exercises for PCOS
Medical News Today. Diakses pada 2020. Exercise, dieting found to improve fertility in women with polycystic ovary syndrome.