• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Efektif Mencegah Infeksi Mucormycosis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Efektif Mencegah Infeksi Mucormycosis

5 Cara Efektif Mencegah Infeksi Mucormycosis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 16 Desember 2022

“Kamu bisa melakukan berbagai cara untuk mencegah mucormycosis. Seperti misalnya, menjaga kebersihan tubuh hingga menggunakan masker saat di alam terbuka.”

5 Cara Efektif Mencegah Infeksi Mucormycosis5 Cara Efektif Mencegah Infeksi Mucormycosis

Halodoc, Jakarta – Mucormycosis atau yang dikenal dengan istilah jamur hitam adalah infeksi jamur yang menyebabkan keluhan kesehatan cukup serius. Meskipun jarang terjadi, tetapi penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa organ tubuh.

Penyakit ini tidak menular sehingga tidak dapat menyebar dari pengidap ke orang lain. Namun, kamu sebaiknya tetap perlu tahu berbagai pencegahan yang perlu kamu lakukan untuk mencegah infeksi mucormycosis berikut ini! 

Penyebab Mucormycosis

Mucormycosis adalah penyakit infeksi jamur yang disebabkan oleh kelompok jamur mucormycetes. Jamur ini sering menyerang bagian tubuh, seperti kulit, paru-paru, sinus, hingga otak.

Organisme ini dapat hidup pada beberapa objek, seperti:

  • Dedaunan.
  • Tumpukan kompos.
  • Tanah.
  • Kayu yang membusuk.

Jamur dapat masuk ke dalam tubuh saat kamu menghirup spora jamur yang ada di udara. Saat masuk ke dalam tubuh, jamur akan mengendap pada paru-paru yang disebut sebagai paparan sinus atau paru.

Jika tidak segera diatasi, maka jamur dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya, seperti:

  • Sistem saraf pusat.
  • Mata.
  • Wajah.

Jamur dapat menginfeksi kulit melalui luka yang terbuka atau luka bakar.

Kenali Gejala Mucormycosis

Pengidap penyakit ini tidak akan menyadari penyakit yang terjadi. Namun, ada beberapa keluhan kesehatan yang sebaiknya kamu ketahui sebagai gejala dari penyakit ini.

Gejala mucormycosis muncul sebagai infeksi pernapasan. Biasanya, pengidap akan mengalami batuk, demam, sakit kepala, hidung tersumbat, hingga sakit sinus. Tidak jarang, penyakit ini juga menyebabkan pengidapnya mengalami mual dan muntah, perdarahan pada sistem pencernaan, hingga munculnya darah pada feses.

Namun, jika infeksi jamur menyerang kulit, gejala dapat terlihat berbeda yang menyebabkan jaringan kulit yang menghitam, iritasi atau lecet pada kulit, demam, kemerahan, kulit yang membengkak, hingga bisul.

Jika tidak segera diatasi, infeksi jamur dapat menyebar hingga ke otak. Kondisi ini menyebabkan kejang, kesulitan bicara, lumpuh sebagian, kelainan saraf wajah dan mata, abses otak, hingga koma.

Infeksi jamur juga dapat menyerang bagian mata. Hal ini membuat terjadinya penumpukan cairan pada area mata, mata yang menonjol, gangguan penglihatan, hingga kehilangan penglihatan.

Pencegahan Mucormycosis yang Efektif

Untuk mencegah kondisi kesehatan yang lebih buruk, sebaiknya lakukan berbagai pencegahan yang efektif untuk menghindari penyakit mucormycosis. Berikut ini pencegahan yang bisa kamu lakukan:

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh setelah berkegiatan di luar ruangan. Apalagi jika kamu melakukan kegiatan di alam terbuka yang berisiko menyebabkan paparan spora jamur.

2. Hindari Lokasi yang Berisiko

Spora jamur ini dapat kamu temukan pada tanah, tumpukan kompos, hingga dedaunan. Jadi, pastikan untuk menghindari lokasi-lokasi untuk mencegah paparan jamur.

3. Gunakan Masker

Kamu juga bisa untuk menggunakan masker wajah saat berkunjung ke lokasi yang berisiko memaparkan spora jamur. Penggunaan masker membuat penurunan risiko spora terhirup ke dalam tubuh.

4. Hindari Kubangan Air

Sebaiknya hindari berendam atau menyentuh kubangan air yang kotor. Hal ini termasuk banjir atau air kubangan akibat bencana alam.

5. Jaga Kebersihan Luka dengan Tepat

Jika kamu memiliki luka terbuka pada tubuh, pastikan selalu menjaga kebersihannya. Tutup luka saat kamu berkegiatan di luar ruangan atau di alam terbuka. Dengan begitu kamu akan terhindar dari paparan spora jamur penyebab mucormycosis.

Itulah berbagai pencegahan mucormycosis yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa untuk segera melakukan pemeriksaan saat kamu mengalami berbagai keluhan yang terkait dengan penyakit ini. 

Lakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter. Kamu bisa mendapatkan obat yang kamu perlukan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
CDC. Diakses pada 2022. Mucormycosis.
Web MD. Diakses pada 2022. Mucormycosis: What to Know.
Healthline. Diakses pada 2022. Mucormycosis.
NORD. Diakses pada 2022. Mucormycosis.