• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Efektif untuk Mengatasi Fobia Ketinggian

5 Cara Efektif untuk Mengatasi Fobia Ketinggian

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu memiliki fobia ketinggian? Fobia ketinggian atau akrofobia adalah kondisi ketika seseorang sangat takut berada di tempat ketinggian. Ia akan enggan berdiri di bukit yang tinggi, di gedung yang tinggi, dan stres ketika berada di eskalator atau lift kaca.

Orang yang fobia ketinggian bahkan juga menghindari mengemudi di atas jembatan layang, karena ini bisa menyebabkan pusing. Fobia ketinggian memicu gejala yang tidak menyenangkan yang mengakibatkan orang dengan akrofobia menghindari kemungkinan situasi ketinggian sama sekali. Apakah kondisi ini dapat diatasi?

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Philophobia atau Fobia Jatuh Cinta

Cara Mengatasi Fobia Ketinggian

Kabar baiknya, fobia ketinggian ini dapat diatasi, tentu dengan waktu yang niat dan kesungguhan. Salah satu perawatan utama untuk fobia ketinggian yaitu terapi perilaku kognitif. Teknik ini dapat dilakukan secara bertahap atau cepat, kamu akan diajari cara menghentikan reaksi panik dan cara mendapatkan kembali atas emosi. 

  • Pelajari Semua yang Kamu Bisa

Didik diri kamu sendiri tentang fobia ketinggian dan cari pengobatan yang dapat membantu untuk mengelola rasa takut akan ketinggian. Fobia ketinggian berbeda dengan fobia lainnya, karena ketika mengalami serangan panik saat berada di tempat tinggi, kamu mungkin melakukan gerakan yang tidak aman yang sebenarnya bisa berbahaya. Jadi pastikan untuk mendapatkan pengobatan fobia ketinggian, terutama jika berada di tempat tinggi adalah kegiatan rutin.

Baca juga: Benarkah Fobia Bisa Pengaruhi Kondisi Fisik Pengidapnya?

  • Cobalah untuk Santai

Teknik relaksasi, termasuk meditasi, yoga, pernapasan dalam, dan relaksasi otot progresif, dapat membantu kamu mengatasi stres dan kecemasan. Berolahraga secara teratur juga dapat membantu dalam mengatasi fobia ketinggian. 

  • Bangun Toleransi Ketinggian Secara Bertahap

Terapi paparan bertingkat memanfaatkan gangguan kecemasan yang berlangsung sementara. Dengan cara ini, dapat membantu kamu untuk mentolerir dan mengatasi respons kecemasan tubuh. Secara bertahap, tantang diri kamu untuk berada di ketinggian yang kira-kira masih dapat kamu toleransi. Secara perlahan tingkatkan toleransi kamu pada ketinggian yang lebih dan lebih lagi. 

Mungkin ini bisa sulit, tapi melakukan dari yang kecil dan perlahan-lahan ke situasi yang lebih sulit, dan berlatih setiap langkah sampai kecemasan mereda, akan membantu kamu untuk mengatasi rasa cemas dan menjadi lebih percaya diri. 

  • Pahami dan Tantang Keyakinan tentang Ketinggian

Banyak orang dengan fobia ketinggian mengira sesuatu yang buruk akan terjadi saat mereka berada di tempat tinggi. Misalnya, kamu mungkin takut akan jatuh, struktur bangunan atau tanah akan runtuh, atau melepaskan diri.

Dalam terapi kognitif, tujuannya untuk membantu mengetahui bahwa kamu lebih aman daripada apa yang kamu pikirkan, dan bahwa apa yang kamu takuti tentang ketinggian tidak akan benar-benar terjadi. 

Baca juga: Fobia Berhadapan dengan Orang Bisa Jadi Tanda Anthrophobia

  • Virtual Reality 

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa ahli memanfaatkan teknologi virtual reality (VR) sebagai metode potensial untuk mengobati fobia. Pengalaman VR dapat memberikan pengalaman pada apa yang kamu takuti di tempat yang aman. Dengan menggunakan perangkat lunak komputer ini, memberikanmu pilihan untuk dapat segera berhenti jika ada hal-hal yang terasa berat. 

Bicarakan juga dengan dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai obat dan terapi apa yang membantumu mengatasi fobia ketinggian. Selain itu, kamu tidak perlu malu untuk memberi tahu teman dan keluarga mengenai fobia ketinggian yang kamu miliki. Mintalah dukungan mereka saat kamu menjalani perawatan. Yakin juga lah, bahkan fobia ini dapat diatasi jika kamu memiliki tekad yang kuat. 

Referensi:

Psycom. Diakses pada 2020. Acrophobia (The Fear of Heights): Are You Acrophobic?
Psyche. Diakses pada 2020. How to overcome a fear of heights
Healthline. Diakses pada 2020. Understanding Acrophobia, or Fear of Heights