5 Cara Mengatasi Frustrasi Seksual dalam Hubungan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Januari 2023

“Frustrasi seksual dalam hubungan sebaiknya diatasi dengan cara yang tepat, bukan dengan kekerasan. Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu dengan berkomunikasi dengan pasangan, olahraga kardio, atau ke berbicara pada profesional.”

5 Cara Mengatasi Frustrasi Seksual dalam Hubungan5 Cara Mengatasi Frustrasi Seksual dalam Hubungan

Halodoc, Jakarta – Baru-baru ini muncul lagi kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di kalangan selebritis. Penyebabnya diduga karena “urusan ranjang”. Sang suami mendapatkan penolakan ajakan hubungan intim oleh sang istri. Ternyata penolakan tersebut membuat sang suami mengalami kekesalan hingga melakukan KDRT.

Jika dilihat dari respon seseorang yang kesal, marah, hingga melakukan KDRT saat ditolak atau ketidakpuasan pada kehidupan seks, kemungkinan mengarah pada kondisi frustrasi seksual. Frustrasi seksual mengacu pada perasaan tidak terpenuhinya kebutuhan seksual seseorang. Situasi ini dapat terjadi di dalam hubungan. Namun melakukan kekerasan pada pasangan bukanlah cara yang benar untuk mengatasinya.

Cara Tepat Mengatasi Frustrasi Seksual dalam Hubungan

Meskipun frustrasi seksual tidak berkaitan dengan diagnosis medis resmi, banyak orang yang menggunakan istilah ini untuk menggambarkan perasaan hampa dan tidak puas selama atau saat memikirkan tentang seks. 

Frustrasi seksual dapat hilang dengan sendirinya, jadi cara termudah untuk mengatasinya yaitu dengan menunggu hingga reda secara alami. Namun, kamu juga bisa menyalurkan energi berlebih dengan melakukan olahraga. 

Jika kamu merasa aktivitas berhubungan seks dalam hubungan tidak cukup,atau merasa tidak “sefrekuensi” dengan pasangan, maka kamu tidak harus menyalahkan pasangan dengan melakukan kekerasan. Termasuk, tidak perlu menyalahkan diri sendiri.

Berikut ini cara tepat untuk mengatasi frustrasi seksual di dalam hubungan:

1. Komunikasikan dan terbuka dengan pasangan

Salah satu hal terpenting untuk memperkuat hubungan adalah menjalin komunikasi yang sehat dan terbuka dengan pasangan. Jika kamu merasa tidak mendapatkan kasih sayang yang dibutuhkan dari pasangan, sebaiknya bicarakan mengenai hal tersebut. 

Ungkapkan perasaan dan nyatakan apa yang kamu butuhkan, begitu juga sebaliknya. Pastikan juga untuk saling menghargai dan menghormati kebutuhan dan perasaan satu sama lain. Hal ini dapat membantu menyelesaikan dan membuat kamu dan pasangan merasa terhubung secara emosional. 

2. Lakukan kontak fisik tanpa seks

Kamu tidak harus melakukan hubungan seksual untuk mengatasi frustrasi seksual. Sentuhan seksual lain yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu:

  • Memeluk pasangan.
  • Membelai wajah pasangan dengan penuh kasih sayang.
  • Berpegangan tangan.

Sentuhan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan dukungan seksual, membuat kedua belah pihak merasa nyaman dan berhubungan satu sama lain.

3. Lakukan olahraga kardio

Olahraga kardio, seperti berlari, dapat membantu menjernihkan pikiran dan melepaskan sebagian dari rasa frustrasi dengan cara yang sehat. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin, yang bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati dan melepaskan energi terpendam. Terutama yang disebabkan oleh tidak terpenuhinya kebutuhan seksual.

4. Identifikasi penyebab dasar frustrasi seksual

Mengidentifikasi penyebab frustrasi seksual dalam hubungan juga sangat penting untuk mengatasinya. Cari tahu, apakah frustrasi seksual disebabkan oleh kondisi kesehatan, seperti disfungsi ereksi, ejakulasi dini, atau hilangnya libod. Selain itu, frustrasi seksual juga disebabkan oleh stres akibat pekerjaan dan hal lainnya. 

5. Bicarakan dengan profesional

Dalam beberapa kasus, frustrasi seksual perlu diatasi dengan bantuan profesional yang berspesialisasi dalam seksologi. Psikolog spesialis seksologi dapat membantu mendamaikan pasangan yang memiliki perbedaan dalam hasrat seksual. 

Meskipun mungkin tidak nyaman mengungkapkan kebutuhan dan hasrat seksual pada pihak ketiga (dalam hal ini psikolog), tapi cara ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pada kehidupan seks dalam hubungan agar lebih memuaskan. 

Itulah yang perlu diketahui tentang cara tepat mengatasi frustrasi seks dalam hubungan. Jika kamu memiliki masalah serupa, tidak ada salahnya untuk mulai mengkomunikasikannya dengan pasangan dan profesional. Sebagai langkah awal, kamu bisa bertanya pada psikolog di Halodoc untuk mendapat saran atau rujukan lebih lanjut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mind Body Green. Diakses pada 2023. Sexually Frustrated? How To Deal, Whether You’re Single Or In A Relationship
Medical News Today. DIakses pada 2023. What to know about managing sexual frustration
Healthline. Diakses pada 2023. Sexual Frustration Is Normal — Here’s How to Handle It
Very Well Mind. Diakses pada 2023. How to Cope With Sexual Frustration
Priority Men’s. Diakses pada 2023. Sexually Frustrated? How to Deal with Sexual Frustration

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan