Seks

Seks menjadi aktivitas biologis tubuh yang dipengaruhi oleh hormon untuk mencapai klimaks atau orgasme. Seks menghadirkan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi risiko penyakit jantung. Meski begitu, ada aturan yang harus diperhatikan dalam berhubungan intim, seperti posisi yang tepat juga frekuensi yang tepat untuk lansia.

Selain sebagai pemenuhan kebutuhan biologis dan untuk memperoleh keturunan, ternyata hubungan intim juga menyimpan banyak keistimewaan bagi kesehatan tubuh. Kata ahli, aktivitas seksual bisa membakar kalori hingga memperpanjang usia, lho.

1. Membakar kalori

Enggak cuma olahraga saja yang bisa membakar kalori tubuh. Selidik punya selidik, hubungan intim pun juga bisa membakar kalori dan lemak. Kata ahli, bila seseorang melakukan hubungan intim selama 20 menit, setidaknya tubuh akan membakar 96 kalori. Boleh dibilang, hubungan intim merupakan bentuk olahraga yang menyenangkan.

Selain bisa membakar lima kalori permenit, hubungan intim juga dapat membuat berbagai otot tubuh lebih aktif. Di samping itu, menurut sebuah penelitian, denyut jantung manusia ketika orgasme setara dengan olahraga ringan. Seperti berjalan kaki, misalnya. Meskipun begitu, kamu tetap harus rutin berolahraga demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

2. Melawan Penyakit

Menurut ahli, manfaat hubungan intim juga bisa membantu tubuh untuk melawan penyakit. Pasalnya, ketika kamu melakukan kegiatan ini sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu, produksi immunoglobulin A (antibodi yang memainkan peran penting dalam imunitas) dalam tubuh bisa meningkat sebanyak 30 persen. Nah, dengan begitu sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat. Menariknya lagi menurut sebuah peneltian, hubungan intim juga bisa meminimalkan risiko untuk terkena kanker, serangan jantung, dan stroke.

3. Napas Lebih Baik

Mau bernapas lebih lega? Kamu bisa mendapatkannya melalui hubungan intim. Kata ahli, hubungan intim merupakan salah satu antihistamin yang bisa membantumu bernapas lebih lega, sekaligus menghalau gejala asma. Nah, antihistamin sendiri merupakan jenis obat yang biasa dipakai untuk mengatasi berbagai macam jenis alergi.

4. Suasana Hati Lebih Baik

Banyak orang merasa suasana hatinya jauh lebih baik setelah melakukan hubungan seksual. Kira-kira apa alasannya, ya? Menurut sebuah penelitian dari AS yang melibatkan 1.800 orang, para ahli menemukan adanya peningkatan oksitosin dan endorphin saat mereka mengalami orgasme. Kedua hormon inilah yang bisa membuat orang merasa gembira dan nyaman.

5. Tampak Lebih Muda

Manfaat hubungan intim ternyata juga bisa membuat dirimu lebih awet muda. Eggak percaya? Nih, ada sebuah penelitian menarik dari Royal Edinburgh Hospital, Skotlandia terhadap orang yang berusia 18 hingga 102. Dalam penelitian tersebut, para ahli menemukan kalau bercinta bisa mengurangi stres, meningkatkan rasa senang, dan membuat tidur lebih nyenyak. Nah, pendek kata, kata ahli ketiga hal tesebutlah yang bisa membuat kamu tampak lebih muda dan sehat.

6. Kualitas Tidur Meningkat

Jangan buru-buru menenggak pil tidur ketika insomnia menyerang. Kata ahli, manfaat hubungan intim juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Kok bisa? Saat berhubungan intim tubuh akan melepaskan hormon prolaktin yang membuat tubuh lebih rileks dan mengantuk. Nah, itulah sebabnya seseorang akan lebih mudah mengantuk dan tidur ketika usia berhubungan intim.

7. Panjang Umur

Boleh dibilang, panjang umur merupakan manfaat hubungan intim terhadap kesehatan yang paling istimewa. Ada penelitian di Inggris mengenai hubungan antara risiko kematian dengan frekuensi hubungan intim yang bisa kamu simak. Hasil penelitian itu mengatakan, risiko kematian pada pria yang berhubungan intim dua kali atau lebih dalam seminggu, lebih rendah 50 persen dibandingkan dengan pria yang berhubungan seks sekali dalam sebulan.