5 Cara Menggunakan Benang Gigi untuk Perawatan Kesehatan Mulut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Agustus 2022

“Benang gigi adalah alat yang digunakan untuk membersihkan kotoran di sela-sela gigi. Pertama, pilih benang yang cocok dengan tekstur. Kemudian, letakkan di sela gigi, tarik benang ke atas dan ke bawah.”

5 Cara Menggunakan Benang Gigi untuk Perawatan Kesehatan Mulut5 Cara Menggunakan Benang Gigi untuk Perawatan Kesehatan Mulut

Halodoc, Jakarta – Dental floss atau benang gigi adalah alat berbentuk tali yang digunakan untuk membersihkan kotoran atau sisa makanan di sela gigi. Alat ini bisa menjangkau area gigi yang tidak terjamah oleh sikat atau obat kumur.

Sedangkan teknik membersihkan gigi menggunakan benang disebut dengan flossing. Cara ini bisa mengatasi masalah gigi, salah satunya plak. Plak yang berasal dari penumpukan sisa makanan adalah penyebab gigi berlubang dan radang gusi.

Penggunaan benang gigi bisa menjangkau seluruh permukaan gigi dengan maksimal. Caranya dengan mengambil benang berukuran 45 sentimeter, kemudian tempatkan di sela-sela gigi dan gerakkan turun naik.

Persiapan Sebelum Flossing

Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan benang gigi. Benang yang digunakan khusus untuk gigi dan berbeda dengan benang jahit biasa. Alat ini bisa dibeli di apotek atau pasar swalayan. 

Benang memiliki bentuk dan harga yang berbeda. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenisnya termasuk:

  1. Dental tape. Benang ini berbentuk lebih lebar dan rata seperti pita. Cocok digunakan pada orang berbehel  atau memiliki sela gigi berukuran besar. 
  2. Standard floss. Benang ini terbuat dari nilon tipis, sehingga lebih mudah masuk ke sela gigi. Alat dijual dengan atau tanpa rasa, dan dengan lilin atau tanpa lilin. Jika gigi berdekatan, pilih dental floss dengan lapisan lilin.
  3. Super flosses. Benang ini digunakan pada pemakai behel, pengguna dental bridge (gigi palsu) dan dental gaps. Alat memiliki benang dengan tekstur kaku di ujungnya.

Cara Tepat Flossing Gigi

Menggunakan benang gigi tak bisa dilakukan asal-asalan. Sebab, cara yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Untuk mencegah hal tersebut, ini cara yang tepat melakukan teknik flossing:

Langkah 1

Siapkan benang gigi dan potong sepanjang 45 sentimeter. Kemudian, lilitkan benang di jari tengah di kedua tangan.

Langkah 2

Setelah dililitkan di jari tengah, pegang erat benang dengan jari telunjuk dan ibu jari. Sisakan 2 hingga 5 sentimeter untuk flossing gigi.

Langkah 3

Masukkan benang gigi di sela-sela gigi. Lakukan cara ini di depan cermin agar benang tepat masuk ke sela gigi.

Langkah 4

Gerakkan benang naik dan turun secara perlahan. Jangan menggerakkan benang terlalu keras, karena bisa membuat gusi terluka dan berdarah.

Langkah 5

Ketika hampir menyentuh bagian bawah gigi yang dekat dengan gusi, lingkari benang ke gigi sebelahnya membentuk huruf ‘C’. Gesek benang secara perlahan dengan gerakan naik dan turun. Lakukan cara ini untuk membersihkan bagian bawah gigi yang lain.

Setelah selesai, kumur air untuk membilas dan membersihkan gigi. Tidak disarankan untuk menggunakan benang yang tadi dipakai. Sebab, menggunakan benang bekas bisa memicu perkembangbiakan bakteri.

Sebelum melakukan flossing, sebaiknya sikat gigi terlebih dulu guna mengurangi sisa makanan yang masih menempel. Seperti pada penjelasan di awal, benang gigi digunakan untuk membersihkan sela gigi yang tak terjangkau oleh sikat gigi.

Jadi, sikat gigi masih menjadi langkah utama untuk menjaga kebersihan gigi. Lakukan cara ini minimal dua kali dalam sehari. Jika kamu mengalami gangguan pada gigi dan mulut, silakan buat janji medis untuk melakukan pemeriksaan.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
News Medical Life Science. Diakses pada 2022. How to Use Dental Floss.
Healthline. Diakses pada 2022. What’s the Best Way to Floss Your Teeth?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan