5 Cara Menjaga Kesehatan Fisik setelah Memasuki Menopause

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Februari 2023

“Kamu perlu menjaga kesehatan fisik setelah memasuki menopause. Mulai dari rutin berolahraga, mengonsumsi asupan nutrisi yang seimbang, hingga melakukan kebiasaan tidur sehat.”

5 Cara Menjaga Kesehatan Fisik setelah Memasuki Menopause5 Cara Menjaga Kesehatan Fisik setelah Memasuki Menopause

Halodoc, Jakarta – Menopause adalah kondisi ketika wanita tidak lagi mengalami menstruasi secara alami, akibat indung telur kurang memproduksi hormon kewanitaan. Kondisi ini sangat normal terjadi pada wanita yang memasuki usia 45-55 tahun.

Setelah memasuki masa menopause, biasanya akan banyak hal yang terjadi pada tubuh. Bukan hanya siklus menstruasi yang berhenti, ada berbagai perubahan yang bisa terjadi. Misalnya seperti perubahan kondisi psikologis hingga perubahan fisik.

Nah, agar perubahan ini tidak menyebabkan berbagai keluhan kesehatan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan fisik di masa menopause. 

Cara Menjaga Kesehatan Fisik Setelah Menopause

Ada banyak perubahan yang terjadi pada wanita saat memasuki menopause, seperti munculnya hot flashes hingga berkeringat pada malam hari. Selain itu, wanita juga kerap mengalami perubahan gairah seksual hingga kulit yang menjadi lebih kering.

Bukan hanya itu, perubahan pada fisik pun kerap terjadi, seperti peningkatan berat badan. Jika kondisi ini tidak mendapatkan penanganan tepat, kamu berisiko mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. 

Untuk itu, ketahui cara menjaga kesehatan fisik memasuki menopause, seperti:

1. Asupan nutrisi seimbang

Perubahan hormon saat menopause membuat kekuatan tulang menurun. Sebaiknya perbanyak asupan kalsium dan zat besi untuk meningkatkan kesehatan tulang. Ketika tulang dalam kondisi yang optimal, kamu bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan fisik.

Selain itu, pastikan kamu perbanyak mengonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan vitamin dan mineral lainnya bisa terpenuhi dengan baik. 

2. Olahraga secara rutin

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik setelah menopause. Dengan terus melakukan aktivitas fisik, maka kamu akan meningkatkan kekuatan tulang, mengontrol berat badan, hingga menurunkan risiko kanker.

Olahraga memang tidak bisa menghilangkan keluhan kesehatan setelah menopause. Namun, dengan rutin berolahraga, kualitas hidup bisa meningkat sehingga kesehatan fisik menjadi lebih baik.

Bukan hanya kesehatan fisik, kesehatan mental pun akan menjadi lebih optimal ketika rajin berolahraga. Cobalah olahraga, seperti jalan kaki, bersepeda, peregangan, hingga aerobic untuk merasakan manfaatnya.

3. Hindari kebiasaan merokok

Memasuki menopause cobalah untuk menjalani gaya hidup sehat. Selain mengurangi makanan berlemak dan berminyak, kamu perlu menghindari kebiasaan merokok. 

Merokok dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti paru-paru dan jantung. Bahkan, wanita yang masih mengalami siklus menstruasi pun dapat mengalami menopause dini akibat merokok. 

4. Melakukan kebiasaan tidur sehat

Perubahan hormon saat menopause menjadi faktor yang memicu tubuh terus menerus merasa kelelahan. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan tidur. Misalnya seperti kesulitan tidur atau sering terbangun pada malam hari.

Untuk itu sangat penting melakukan kebiasaan tidur yang sehat sehingga mendapatkan kualitas tidur yang baik. Contohnya:

  • Buatlah ruangan tidur senyaman mungkin.
  • Hindari makanan atau minuman yang memicu gangguan tidur.
  • Lakukan teknik relaksasi sebelum tidur.

5. Periksa kesehatan secara rutin

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan secara rutin. Salah satu kondisi yang perlu diperhatikan adalah tekanan darah. Ketika kadar hormon estrogen menurun akibat menopause, kondisi ini bisa meningkatkan tekanan darah.

Sebaiknya lakukan pemantauan kesehatan terhadap tekanan darah agar terhindar dari berbagai penyakit kronis. 

Itulah berbagai hal penting yang perlu kamu lakukan dalam menjaga kesehatan fisik memasuki menopause. 

Jangan ragu untuk langsung bertanya pada dokter menggunakan Halodoc jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang tidak membaik selama menopause. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Post Menopause.
Web MD. Diakses pada 2023. Maintaining a Healthy Lifestyle in Postmenopause.
National Institute on Aging. Diakses pada 2023. Staying Healthy During and After Menopause.
Healthline. Diakses pada 2023. Menopause Prevention.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Fitness Tips for Menopause: Why Fitness Counts.
Journal of Preventive Medicine and Public Health. Diakses pada 2023. Effects of Smoking on Menopausal Age: Results From the Korea National Health and Nutrition Examination Survey, 2007 to 2012.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan