5 Gaya Makan Agar Tak Gagal Diet

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Juni 2022

“Diet bukan hanya dilakukan dengan mengurangi makan saja. Kamu bisa mengonsumsi makanan dan camilan sehat, banyak minum air putih, dan membatasi makanan yang berisiko meningkatkan berat badan.”

5 Gaya Makan Agar Tak Gagal Diet5 Gaya Makan Agar Tak Gagal Diet

Halodoc, Jakarta – Memiliki berat badan ideal menjadi idaman semua orang, terutama bagi wanita. Bukan hal yang mudah memang. Namun, penerapan pola makan yang tepat dan diimbangi dengan olahraga, memiliki bobot tubuh ideal bukan hal yang tidak mungkin. Ini tips diet yang bisa kamu terapkan:

1. Konsumsi Makanan Utuh

Makanan utuh berasal dari bahan pangan alami yang tidak mengalami pengurangan jumlah kandungan akibat proses memasak. Makanan ini cocok dikonsumsi untuk kamu yang tengah menjalani program diet guna menurunkan berat badan. Jenis makanan utuh yang bisa kamu konsumsi termasuk:

  • Buah-buahan.
  • Sayuran
  • Kacang-kacangan.
  • Bijian-bijian.
  • Telur dan susu.
  • Protein hewani.

Melansir jurnal Whole grain-rich diet reduces body weight and systemic low-grade inflammation without inducing major changes of the gut microbiome: a randomised cross-over trial, makanan utuh kaya akan serat, vitamin, mineral, dan fitonutrien. Kandungan tersebut menunjang kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit kronis termasuk obesitas dan diabetes.

2. Konsumsi Camilan Sehat

Kalau sedang menurunkan berat badan, kamu mungkin jadi takut ngemil. Padahal, camilan juga boleh, kok, dikonsumsi. Namun, pastikan bijak memilih dan tidak mengonsumsi berlebihan. Camilan tinggi protein dan serat ini dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama:

  • Buah dan sayuran segar.
  • Yoghurt. 
  • Popcorn tanpa tambahan garam.
  • Telur rebus.
  • Buncis panggang.
  • Kerupuk gandum utuh

3. Minum Delapan Gelas Air 

Penelitian menunjukkan bahwa air dapat membantu menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Air dapat menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan meningkatkan stamina berolahraga. Semuanya dapat berkontribusi pada penurunan berat badan yang signifikan.

4. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan diolah melalui proses yang panjang. Produsen cenderung menambahkan berbagai zat aditif termasuk pemanis, pengental dan MSG. Makanan cepat saji, makanan beku dan jus serta soda dengan tambahan gula perlu kamu hindari agar tips diet berhasil dilakukan.

Bukan hanya menggoda karena rasanya, jurnal Palatable food access impacts expression of amylin receptor components in the mesocorticolimbic system menyebutkan, makanan olahan dapat memengaruhi kimia dan perilaku otak. Ini berdampak pada ketagihan.

5. Buat Perencanaan

Tips diet yang terakhir dilakukan dengan membuat perencanaan saat ingin makan di luar. Perencanaan ini akan memudahkan kamu memilih makanan saat berada di restoran. Lakukan langkah berikut:

  • Perhatikan menu makanan di restoran yang ingin dikunjungi.
  • Pilih makanan yang tidak mengandung lemak jenuh, gula dan tinggi garam.
  • Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

Jika tips diet di atas tidak membantu menurunkan berat badan, ini bisa disebabkan oleh masalah yang ada dalam tubuhmu. Segera buat janji medis untuk melakukan pemeriksaan, ya! Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Badan Perlindungan Konsumen Nasional. Diakses pada 2022. MAKANAN UTUH (WHOLE FOODS) UNTUK KONSUMEN CERDAS.
National Library of Medicine. 2019. Diakses pada 2022. Whole grain-rich diet reduces body weight and systemic low-grade inflammation without inducing major changes of the gut microbiome: a randomised cross-over trial.
Healthline. Diakses pada 2022. Eating Style So You Don’t Fail Diet.
Eat This Not That. Diakses pada 2022. 30 Ways to Stick to Your New Diet.
Everyday Health. Diakses pada 2022. Common Diet Secrets That Don’t Work.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan