• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gejala Kanker Getah Bening yang Kerap Disepelekan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gejala Kanker Getah Bening yang Kerap Disepelekan

5 Gejala Kanker Getah Bening yang Kerap Disepelekan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 Desember 2022

“Kanker getah bening dapat menimbulkan berbagai macam gejala saat terjadi, paling utama adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Dengan mengetahui gejalanya, diagnosis dini agar bisa dilakukan.”

5 Gejala Kanker Getah Bening yang Kerap Disepelekan5 Gejala Kanker Getah Bening yang Kerap Disepelekan

Halodoc, Jakarta – Kelenjar getah bening adalah bagian tubuh ini yang berfungsi untuk mengumpulkan dan menyaring produk limbah dari tubuh, bahkan melawan infeksi. Coba bayangkan jika seseorang terkena kanker getah bening, kemungkinan besar akan banyak masalah terjadi pada tubuhnya.

Maka dari itu, seseorang yang mengidap gangguan ini harus mendapatkan pertolongan segera. Cara paling awal yang perlu dilakukan agar dapat diobati adalah dengan melakukan diagnosis dari berbagai gejala yang ditimbulkan.

Gejala Kanker Getah Bening yang Perlu Diperhatikan

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Salah satu gejala dari kanker getah bening dan paling utama adalah terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Hal ini biasanya terjadi di leher, ketiak, dan selangkangan.

Tidak sedikit orang yang menyepelekan masalah ini, sebab tidak menimbulkan rasa sakit. Pada akhirnya, pembengkakan tersebut semakin membesar dan jika terlambat melakukan diagnosis, akhirnya kanker bisa jadi sudah menyebar luas.

2. Infeksi Sulit Sembuh

Gejala lainnya adalah seseorang menjadi lebih mudah untuk terkena infeksi karena sistem imun yang mengalami penurunan. Lebih parahnya lagi, infeksi yang terjadi menjadi lebih sulit untuk sembuh. Sebab, kelenjar getah bening yang seharusnya membantu untuk mengatasi virus yang masuk tidak bisa melakukan tugasnya.

3. Banyak Berkeringat

Pengidap gejala kanker getah bening juga bisa mengeluarkan keringat berlebih sepanjang hari, terlebih saat tidur di malam hari. Kondisi ini berdampak setelah bangun, membuat pengidapnya mendapati sekujur tubuh basah seperti habis mandi.

4. Gatal Tanpa Ruam

Gejala kanker getah bening juga dapat menimbulkan gejala berupa perasaan gatal, tetapi tidak ada ruam di area tersebut. Masalah ini dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman, terutama saat sedang kepanasan.

5. Demam

Demam bisa menjadi pertanda dari banyak penyakit. Namun jika tinggi suhu mencapai di atas 38°C dan disertai dengan berkeringat di malam hari, bisa jadi gejala kanker getah bening.

Saat masalah ini dirasakan, kamu mungkin juga mengalami penurunan berat badan tanpa sebab, meski bisa terjadi secara terpisah. Demam juga bisa menjadi pertanda mengalami infeksi, gejala lainnya dari kanker ini.

Gejala yang terjadi juga tergantung pada lokasi terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening. Beberapa gejala lainnya, seperti:

  • Gejala pada dada, seperti batuk, sesak napas, atau perasaan tertekan pada dada.
  • Gejala pada perut, seperti kehilangan nafsu makan, kerap merasa kenyang, atau kembung.
  • Gejala pada kulit, seperti ruam atau gatal-gatal, dan pembengkakan di lengan atau kaki.
  • Gejala yang memengaruhi otak dan saraf, seperti kejang, pusing, atau kelemahan pada lengan atau kaki.

Nah, itulah berbagai gejala dari kanker getah bening yang kerap orang sepelekan. Padahal, jika kamu segera memeriksakan kondisi tersebut dan benar mengidap kanker ini, tindakan pengobatan bisa dilakukan sedini mungkin. Hal ini berguna untuk menghindari penyebaran sel kanker ke area lainnya.

Jika ingin melakukan pemeriksaan kanker getah bening, fitur janji medis dari Halodoc bisa digunakan untuk pemesanan tindakan ini. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Lymphoma Action. Diakses pada 2022. Symptoms of lymphoma.
Health Direct. Diakses pada 2022. Lymphoma.