5 Hal Seputar Hubungan Intim yang Perlu Millenial Ketahui

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Januari 2022
5 Hal Seputar Hubungan Intim yang Perlu Millenial Ketahui5 Hal Seputar Hubungan Intim yang Perlu Millenial Ketahui

“Tak sedikit orang yang malu membicarakan seks meskipun dengan pasangannya sendiri. Padahal, pembicaraan soal seks ini penting dilakukan agar hubungan intim tetap sehat dan memuaskan.”

Halodoc, Jakarta – Pembicaraan seputar hubungan intim penting dilakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan rumah tangga. Namun, hal ini sering dianggap tabu oleh sebagian orang. Sadar atau tidak, artikel yang membahas mengenai hubungan intim adalah salah satu artikel yang paling banyak dibaca orang, karena pertanyaan seputar hubungan intim akan banyak terjawab di sana. Bahkan, topik semacam ini pun juga dicari melalui mesin pencari seperti Google. 

Kebanyakan orang pun pasti merasa malu apabila menanyakan hal seputar hubungan intim tersebut kepada orang lain. Maka dari itu, internet jadi pilihan untuk mendapatkan informasi seputar topik tersebut. Nah, berikut beberapa hal seputar hubungan intim yang perlu kamu ketahui agar hubungan kamu dengan pasangan tetap harmonis. 

Seputar Hubungan Intim yang Perlu Diketahui

Berikut beberapa hal mengenai hubungan intim yang kerap dipertanyakan:

1. Memengaruhi siklus menstruasi

Sebagian wanita mungkin pernah bertanya-tanya apakah hubungan intim dapat memengaruhi siklus menstruasi. Hubungan intim yang pertama kali dilakukan memang akan menghadirkan rasa senang yang kadang dikaitkan dengan perubahan hormon. Namun, hubungan intim tidak akan memengaruhi siklus menstruasi. Kondisi stres dan depresilah yang seringkali memengaruhi siklus menstruasi seorang wanita

2. Ciri orgasme

Saat orgasme, kaki dapat meregang dan paha belakang menjadi sangat ketat. Namun, beberapa orang merasa kakinya terasa sakit keesokan harinya seperti habis melakukan olahraga berat. Kondisi ini sebenarnya adalah orgasme yang sangat umum. Bisa jadi, sakit yang kamu rasakan karena kurangnya hidrasi. Sebab, hubungan intim juga merupakan aktivitas fisik yang bisa setara dengan olahraga.

3. Hubungan intim yang terasa sakit

Beberapa orang mungkin kurang menikmati seks yang mereka lakukan karena merasa cukup menyakitkan. Ada banyak penyebab mengapa hubungan intim bisa menyakitkan. Biasanya hal ini disebabkan karena kurangnya lubrikasi. Tidak ada salahnya jika kamu menggunakan lubrikasi tambahan supaya seks berjalan dengan nyaman. Jika masih terasa sakit, sebaiknya temui dokter dan fisioterapis untuk memeriksa dasar panggul.

4. Cara meningkatkan libido

Tak sedikit pula yang mengalami masalah libido pada pasangan. Beberapa orang mungkin merasa, pasangannya memiliki libido yang lebih rendah. Hal terpenting yang dapat kamu lakukan adalah membicarakannya. Coba lakukan hal ini sebelum memulai percakapan, kamu dan pasangan masing-masing mengambil selembar kertas kosong.

Di bagian atas, kamu dapat menuliskan seberapa sering kamu ingin melakukan hubungan intim, entah itu satu kali seminggu, dua kali seminggu, atau satu kali sebulan, tuliskan keinginanmu. Jangan mengintip kertas milik pasanganmu! Di bagian bawah kertas, tuliskan juga seberapa sering kamu berpikir pasanganmu ingin berhubungan intim. Tukarkan kertas kalian. Silahkan tertawa dan berdiskusilah setelahnya.

5. Perbedaan mood untuk berhubungan intim

Masalah lain yang kerap dihadapi setiap pasangan adalah masalah waktu. Contohnya kamu lebih mood melakukan hubungan intim di malam hari, tapi pasangan kamu lebih mood di pagi hari. Jalan keluar dari masalah ini adalah berkompromi. Ingat bahwa kamu tidak selalu akan berada dalam mood untuk berhubungan intim. Sering kali, kamu harus mendapatkan mood yang tepat dan tidak menginginkan hal yang spontan.

Jika pasangan benar-benar ingin melakukannya, mintalah ia untuk membangkitkan gairahmu. Selain itu, kamu dapat mengajari pasangan tentang cara membangkitkan gairahmu, agar akhirnya mau melakukan hubungan intim saat itu juga.

Tips Mempertahankan Kehidupan Seks yang Baik

Untuk membangun dan mempertahankan kehidupan seks yang baik dengan pasangan membutuhkan usaha dan waktu dari kedua belah pilah. Melansir dari Verywell Mind, berikut beberapa kunci untuk membantu menjaga hubungan intim tetap memuaskan:

  • Menerima kekurangan satu sama lain.
  • Melakukan kencan malam dan berbagi kesenangan serta keceriaan.
  • Mencintai satu sama lain.
  • Menjaga ketertarikan fisik.
  • Komunikasi yang produktif dan bermakna.
  • Kesediaan meluangkan waktu untuk satu sama lain.

Jika kamu punya pertanyaan lain mengenai seks, jangan ragu tanya dokter atau psikolog melalui aplikasi Halodoc. Dokter dan psikolog yang ahli di bidangnya akan menjawab segala pertanyaan kamu, download Halodoc sekarang juga!

Referensi :
Verywell Mind. Diakses pada 2022. How to Have a Healthy Married Sex Life.
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Keep the Spark Alive in Your Marriage.
Bustle. Diakses pada 2022. 14 Grown-Ass Women Divulge The One Question They Still Have About Sex.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan