5 Jenis Ikan Cupang yang Berbentuk Cantik

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Juli 2021
5 Jenis Ikan Cupang yang Berbentuk Cantik5 Jenis Ikan Cupang yang Berbentuk Cantik

“Ikan cupang dengan bentuknya yang cantik kerap menjadi pilihan bagi kebanyakan orang untuk dipelihara di rumah, terutama jika tidak memiliki ruang yang cukup besar. Ada banyak jenis ikan cupang dengan bentuk yang indah dilihat di mata.”

Halodoc, Jakarta – Ikan cupang dapat menjadi salah satu hewan peliharaan yang dapat kamu pilih untuk mengisi waktu luang di masa pandemi ini. Hewan dengan bentuk yang sedap dipandang ini tentu dapat meningkatkan suasana hati, sehingga semangat untuk beraktivitas di rumah di masa pandemi ini. Nah, mungkin kamu perlu tahu beberapa jenis ikan cupang yang berbentuk cantik yang bisa dipelihara.

Beberapa Jenis Ikan Cupang dengan Bentuk yang Cantik

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang terbilang populer dan telah dibiakkan secara selektif selama bertahun-tahun untuk menciptakan berbagai jenis lainnya yang tampak berbeda. Meski pada dasarnya sama, ada banyak variasi yang dihasilkan dari pembiakan tersebut, sehingga penampilannya dapat berbeda satu sama lain. 

Baca juga: Ketahui 6 Jenis Ikan Cupang yang Cocok Dipelihara di Rumah

Ada begitu banyak jenis, pola, dan warna sirip yang sangat berbeda akibat pembiakkan tersebut. Dipercaya ada sekitar 73 jenis ikan cupang dengan bentuk yang berbeda-beda. Nah, kamu perlu tahu beberapa jenis ikan cupang dengan bentuk cantik yang dapat menjadi pilihan untuk dipelihara. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Half Moon

Ikan cupang dengan bentuk tubuh yang indah pertama adalah half moon. Sirip ekor ikan ini menyerupai setengah bulan dengan karakteristik derajatnya mencapai 180, menyerupai huruf D. Sirip punggung dan buntutnya juga lebih besar dari rata-rata cupang lainnya. Meski begitu, jenis ikan cupang ini rentan menyebabkan masalah kerusakan ekor.

2. Plakat

Jenis ikan cupang lainnya yang cocok untuk dipelihara adalah plakat. Ikan jenis ini memiliki ekor pendek yang bentuknya lebih dekat dengan yang ditemukan di alam liar. Dengan adanya pembiakan selektif, ada dua jenis plakat sekarang ini, yaitu bulan sabit dan ekor mahkota. Jenis bulan sabit sedikit mirip dengan half moon. Lalu, jenis ekor mahkota memiliki jari-jari memanjang menyerupai mahkota tetap dengan ekor pendek.

Baca juga: Tren Pelihara Ikan Cupang, Ketahui Cara Tepat untuk Merawatnya

3. Spadetail

Ikan cupang jenis spadetail atau ekor sekop juga dapat menjadi pilihan untuk dipelihara. Ikan ini memiliki ekor bundarnya menyerupai sekop yang ada pada kartu remi. Penyebaran ekor sekop ini harus merata di kedua sisi ekor, jika tidak, maka kemungkinan masuk ke jenis ikan cupang lainnya.

Jika ikan cupang kamu terlihat tidak baik-baik saja, kamu dapat bertanya langsung pada dokter hewan dari Halodoc untuk mendapatkan solusi. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi langsung dengan dokter hewan melalui fitur Chat atau Voice/Video Call di smartphone kamu!

4. Butterfly

Apabila kamu lebih suka dengan warna daripada bentuk, mungkin jenis dengan pola kupu-kupu dapat menjadi pilihan. Ikan cupang ini memiliki satu warna pada tubuh yang memanjang ke dasar sirip. Warnanya kemudian berhenti di garis yang jelas dan sirip lainnya pucat atau tembus cahaya. Pembagian warna di sirip terbagi menjadi dua tepat di tengah, jadi terlihat ada dua warna yang berbeda pada tubuhnya.

Baca juga: Jenis Makanan Ikan Cupang agar Siripnya Cantik

5. Multicolored

Jenis pola warna pada ikan cupang lainnya adalah multicolored atau berwarna-warni. Hal ini dapat menggambarkan jika ikan ini pada tubuhnya memiliki tiga warna atau lebih dan tidak sama dengan jenis pola lainnya. Intinya, jika tubuh ikan cupang lebih dari tiga, maka hewan tersebut masuk dalam kategori multicolored.

Itulah beberapa jenis ikan cupang dengan bentuk cantik yang dapat kamu pelihara di rumah. Dengan adanya peliharaan di rumah, tentu kamu dapat merasa lebih tenang dan mengurangi rasa penat karena pekerjaan yang menumpuk di masa Work from Home ini. Pastikan untuk rutin memberikannya makan dan membersihkan tempat tinggalnya karena hewan ini cukup sensitif.

Referensi:
It’s A Fish Thing. Diakses pada 2021. 37 Types of Betta Fish: Breeds, Patterns, Colors & Tails.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan