Tren Pelihara Ikan Cupang, Ketahui Cara Tepat untuk Merawatnya

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Maret 2021
Tren Pelihara Ikan Cupang, Ketahui Cara Tepat untuk MerawatnyaTren Pelihara Ikan Cupang, Ketahui Cara Tepat untuk Merawatnya

Halodoc, Jakarta - Memelihara ikan cupang kini tengah menjadi tren. Banyak orang tertarik memelihara karena keindahan bentuk dan warnanya. Bukan itu saja, cara memeliharanya pun terbilang mudah. Kamu perlu memperhatikan poin yang satu ini, ya. Jika ikan cupang dipelihara dengan cara yang salah, akan membuat sirip dan ekornya rusak. Lantas, bagaimana cara tepat merawat ikan cupang? Lakukan beberapa langkah berikut ini:

Baca juga: Ketahui 6 Jenis Ikan Cupang yang Cocok Dipelihara di Rumah

1. Siapkan Akuarium atau Wadah

Jika kamu ingin memelihara ikan cupang, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah akuarium atau wadah. Disarankan untuk menggunakan akuarium atau wadah yang kecil saja. Dengan ukuran yang kecil, akan memudahkan kamu dalam melakukan pembersihan. Biasanya wadah yang dipersiapkan kurang lebih berukuran 20x15x15 sentimeter atau 30x15x20 sentimeter.

2. Perhatikan Air yang Dipakai

Langkah kedua adalah memperhatikan air yang digunakan. Kondisi air berpengaruh langsung dalam kelangsungan hidup ikan cupang. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu bisa menggunakan air sumur atau PAM yang sudah diendapkan guna menetralkan air dari berbagai zat kimia di dalamnya. 

3. Rutin Membersihkan Akuarium

Cara tepat merawat ikan cupang selanjutnya adalah dengan membersihkan akuarium secara rutin. Langkah yang satu ini perlu dilakukan sebanyak 2–3 hari sekali. Jangan lupa terlebih dulu mengendapkan air yang digunakan untuk mengganti, ya. Hal tersebut dilakukan agar zat kimia dalam air mengendap dan tidak membahayakan ikan cupang.

Baca juga: 5 Jenis Ikan Hias yang Paling Populer untuk Dipelihara

4. Letakkan Daun Ketapang Dalam Air

Selain memperhatikan kualitas air, cara tepat merawat ikan cupang selanjutnya dilakukan dengan meletakkan daun ketapang yang sudah diproses terlebih dahulu ke dalam akuariuam. Daun ini bekerja sebagai antibiotik alami yang dapat membantu menyembuhkan luka pada ikan cupang, termasuk ekor dan sirip patah atau robek. Selain itu, daun ketapang dapat membuat pH air menjadi normal. Daun ketapang yang bagus untuk cupang dapat diperoleh dari pesisir pantai.

5. Sesekali Dijemur di Bawah Matahari

Bukan hanya manusia saja yang perlu berjemur, ikan cupang juga membutuhkan sinar matahari. Ikan cupang perlu dijemur untuk membunuh bakteri dan jamur pada kulit dan wadah. Berjemur sesekali juga dapat membuat ikan cupang terhindar dari stres. Waktu yang baik untuk menjemur adalah pukul 8–10 pagi.

6. Berikan Makanan Bergizi

Cara tepat merawat ikan cupang yang terakhir adalah memberikan makanan bergizi untuk merangsang pertumbuhannya. Makanan bergizi dapat memicu pertumbuhan ekor ikan cupang dengan sangat cepat. Beberapa jenis makanan yang disarankan adalah, jentik nyamuk, kutu air, dan yang lain-lain. Untuk memberikan makan, taburkan saja bubuk makanan ke dalam wadah.

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Itulah beberapa cara tepat merawat ikan cupang. Kamu perlu mengetahui jika keindahan ikan cupang terletak pada sirip dan ekornya. Jadi, perlu perawatan yang tepat untuk menjaga keindahan keduanya. Jika ikan cupang terlihat lemah dan tidak seperti biasanya, silahkan diskusikan masalah yang dialami dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya. 

Referensi:
Betta Fish. Diakses pada 2021. Betta Fish Care.
Petco. Diakses pada 2021. Betta.
PetMD. Diakses pada 2021. How to Take Care of a Betta Fish: History, Life Span, Feeding, and Tank Setup.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan