• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

Halodoc, Jakarta – Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan peradangan pada sendi. Penyakit asam urat disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam darah. Beberapa jenis makanan tertentu dapat memicu peningkatan asam urat. 

Kalau kamu mau mengurangi risiko asam urat atau serangan asam urat, kamu harus menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Ingin tahu makanan apa saja yang harus dihindari pengidap asam urat?

Pantangan Makanan untuk Pengidap Asam Urat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan dapat sangat berpengaruh pada kondisi asam urat. Lantas, jenis makanan apa saja yang harus dihindari pengidap asam urat? 

1. Daging Merah

Daging merah dan bagian dari organ dalam seperti hati, ginjal, dan otak harus dihindari pengidap asam urat. Ini dikarenakan jenis makanan ini mengandung kadar purin yang tinggi dan karenanya dapat berakibat fatal terhadap penyakit asam urat. Daging lain, seperti daging burung, daging sapi muda, dan daging rusa juga harus dihindari karena dapat memicu serangan asam urat pada malam hari.

Baca juga: 6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Urat

2. Minuman Tinggi Fruktosa

Minuman tinggi fruktosa dan gula dapat dengan cepat meningkatkan pembentukan asam urat dan karenanya memicu keparahan penyakit asam urat. Meskipun minuman semacam itu tidak mengandung purin tinggi, jenis minuman dengan kadar fruktosa yang tinggi tetap bisa berbahaya. Sebab, itu dapat mengaktifkan proses seluler tertentu dalam tubuh, sehingga meningkatkan pembentukan asam urat. Jus buah, minuman manis, dan alkohol (terutama bir) sebaiknya juga harus dihindari.

Baca juga: Brokoli Baik untuk Dikonsumsi Pengidap Penyakit Asam Urat

3. Karbohidrat Olahan

Konsumsi karbohidrat olahan, seperti roti putih, kue, nasi putih, gula, dan kue kering harus dihentikan secara serius selama mengidap asam urat. Makanan semacam ini tidak tinggi purin atau fruktosa tinggi, tetapi nilai gizinya sangat rendah yang menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh.

4. Makanan yang Diproses

Makanan olahan, seperti keripik, makanan ringan, makanan beku harus dihindari jika kamu mengidap asam urat. Makanan yang disebutkan tadi termasuk jenis makanan tidak sehat dan dapat memperburuk masalah asam urat di persendian.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Asam Urat di Usia Muda

5. Ikan dan Kerang

Konsumsi ikan dan kerang ternyata sangat berbahaya bagi tubuh ketika kamu mengidap asam urat. Ikan yang harus dihindari adalah herring, trout, mackerel, tuna, sarden, teri, dan haddock. Selain kerang, jenis seafood yang harus dihindari adalah udang dan lobster.

Kalau masih punya pertanyaan seputar penyakit asam urat, tanyakan saja langsung melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa buat janji dokter untuk pemeriksaan ke rumah sakit melalui Halodoc

Perlu diketahui kalau kelebihan asam urat dapat menyebabkan pembentukan kristal di persendian yang memicu kemerahan, nyeri hebat, dan pembengkakan pada area yang terkena. Penyakit asam urat sebagian besar terjadi di jari-jari kaki, tetapi juga bisa mengenai pergelangan tangan, lutut, dan tumit. 

Makanan yang kamu makan memainkan peran yang sangat penting dalam meminimalkan atau memicu serangan asam urat. Serangan asam urat terutama dipicu karena asupan makanan yang tinggi purin.

Mencerna purin dapat membuat tubuh memproduksi asam urat sebagai produk limbah, sehingga memperparah situasi asam urat. Makanan yang aman buat pengidap asam urat adalah buah-buahan dan sayuran, contohnya kentang, kacang polong, jamur, lentil, kacang kedelai, biji-bijian, dan produk susu. Yuk, tetap jaga pola makan supaya asam urat tidak kambuh!

Referensi:
Doctor NDTV. Diakses pada 2021. 7 Foods To Avoid If You Have Gout Disease.
Practical Pain Management. Diakses pada 2021. Gout Diet: Foods to Eat (and Not Eat) with Gout.