5 Jenis Makanan yang Menyehatkan Sistem Pencernaan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Januari 2023

“Asupan makanan yang dikonsumsi dapat menjaga kesehatan tubuh, termasuk juga sistem pencernaan. Dengan begitu, bagian tersebut tidak mudah terserang penyakit dan dapat berfungsi dengan maksimal.”

5 Jenis Makanan yang Menyehatkan Sistem Pencernaan5 Jenis Makanan yang Menyehatkan Sistem Pencernaan

Halodoc, Jakarta – Sistem pencernaan adalah salah satu bagian penting pada tubuh, terutama karena fungsinya dalam penyerapan nutrisi dari makanan. Pada sistem ini, makanan yang masuk diserap nutrisinya lalu dibuang sisanya. Maka dari itu, sangat penting menjaga kesehatan pencernaan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Makanan yang Mampu Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Ada beberapa gangguan pada sistem pencernaan yang rentan mengalami kekambuhan saat tidak menjaga makanan yang dikonsumsi. Beberapa masalah yang bisa dialami, seperti kembung, sakit perut, diare, hingga sembelit.

Maka dari itu, kamu perlu mengonsumsi beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan, antara lain:

1. Yoghurt

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin agar sistem pencernaan terjaga kesehatannya adalah yoghurt. Makanan ini terbuat dari fermentasi susu sehingga mengandung bakteri probiotik. 

Bakteri ini hidup di saluran pencernaan dan mampu meningkatkan fungsinya serta menjaga kesehatan usus.

Dengan begitu, pencernaan jadi lebih lancar dan mencegah berbagai masalah pada bagian tubuh tersebut, seperti kembung, sembelit, dan diare.

2. Apel

Salah satu jenis buah yang dapat meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan adalah apel. Sebab, buah ini merupakan sumber pektin, yaitu serat yang mudah untuk larut. 

Dengan konsumsi buah ini secara rutin, kamu bisa mendapati peningkatan volume tinja serta mengatasi sembelit dan diare.

Bukan hanya itu, buah ini juga mampu mengurangi risiko terjadinya masalah pada usus, seperti infeksi dan peradangan.

3. Biji-bijian

Setiap orang disarankan untuk rutin mengonsumsi biji-bijian jika ingin memiliki sistem pencernaan yang sehat.

Alasannya karena biji-bijian mengandung serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Bahkan, kamu pun disarankan untuk setidaknya mengonsumsi 25 gram serat dalam sehari. 

Bukan hanya serat, makanan sehat ini juga dapat memberikan berbagai nutrisi tambahan lainnya, termasuk asam lemak omega-3.

Serat pada biji-bijian dapat menghasilkan asam lemak rantai pendek, sehingga mampu melapisi usus besar agar tidak mudah terserang penyakit.

4. Sayuran hijau

Setiap orang juga perlu mengonsumsi sayuran, seperti bayam atau kangkung. Makanan ini kaya akan serat, serta berbagai nutrisi seperti folat, vitamin C, vitamin K, dan vitamin A. 

Bukan hanya itu, sayuran hijau juga mengandung gula yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus.

Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau agar kebutuhan serat harian bisa terpenuhi.

5. Pepaya

Bukan hanya apel, pepaya juga termasuk salah satu buah yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Buah ini mengandung enzim pencernaan yang disebut papain, sangat baik dalam membantu memecah serat protein dari makanan.

Bukan hanya itu, kandungan papain tersebut juga dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus besar, seperti sembelit dan kembung.

Dengan begitu, buah ini cocok untuk dikonsumsi setiap hari karena mampu meningkatkan kesehatan pencernaan pada tubuh.

Sekarang kamu tahu beberapa makanan yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari agar kesehatan sistem pencernaan terjaga dengan baik.

Jadi, jangan jadikan buah dan sayur sebagai pelengkap makanan saja, tetapi sesuatu yang harus ada setiap makan. Hasilnya, bukan hanya sistem pencernaan yang lebih sehat, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang cara menjaga kesehatan sistem pencernaan, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. 

halodoc homelab

Jangan ragu, kamu bisa memilih dokter yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan saran kesehatan yang tepat. Tunggu apa lagi? Ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. 5 Foods to Improve Your Digestion.
Healthline. Diakses pada 2023. The 19 Best Foods to Improve Digestion.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan