• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan Baik yang Harus Dilakukan di Masa Pandemi

5 Kebiasaan Baik yang Harus Dilakukan di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Siapa sih yang ingin jatuh sakit? Tentu tidak ada. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, banyak orang yang semakin menyadari pentingnya menerapkan hidup bersih dan sehat setiap harinya. Itulah sebabnya, banyak kebiasaan baik yang dilakukan orang selama pandemi.

Misalnya saja, yang tadinya suka jajan sembarangan, jadi membiasakan diri membawa bekal makanan dan rutin mencuci tangan. Selain itu, kebiasaan baik lainnya mulai jadi budaya, seperti rutin berolahraga dan memeriksakan kesehatan. Meski begitu, masih banyak juga yang masih tampak acuh dan santai-santai saja.

Baca juga: Alasan Pandemi Belum Tentu Usai Meski Vaksin Corona Ditemukan

Lakukan Kebiasaan Baik Ini di Masa Pandemi

Menjaga tubuh tetap sehat dan fit selama masa pandemi adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai daya tahan tubuh melemah, lalu virus corona atau kuman penyebab penyakit lainnya mudah menyerang tubuh.

Kamu perlu melakukan beberapa kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan di masa pandemi seperti ini, yaitu: 

1.Menjaga Pola Makan Sehat

Kebiasaan baik pertama yang terkesan mudah padahal sebenarnya sulit dilakukan secara konsisten adalah menjaga pola makan sehat. Kamu bisa memulainya dengan menimbang kandungan nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Pastikan semua kebutuhan nutrisi harian tubuh terpenuhi dengan baik dan seimbang. 

Biasakan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi yang tinggi vitamin dan hindari makanan olahan. Bila perlu, kamu juga perlu konsumsi suplemen seperti vitamin yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di Halodoc lewat fitur beli obat. Kalau bingung, kamu bisa bertanya pada dokter terkait jenis dan dosis vitamin yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional, Halodoc mengadakan promo P3K (Promo Peduli pada Kesehatan), pada 12-14 November 2020. Selama periode tersebut, kamu bisa mendapatkan diskon 25% (maksimal diskon Rp. 50.000,-), setiap pembelian suplemen atau produk kesehatan lainnya. Tak hanya itu, ada juga promo chat dokter umum dan spesialis hanya Rp. 7.500,-. Jangan sampai kelewatan promonya, ya!

Baca juga: Uji Coba Vaksin Corona Lemah pada Lansia, Apa Alasannya?

2.Perbanyak Aktivitas Fisik

Meski pusat kebugaran belum banyak yang beroperasi maksimal, ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk tetap aktif secara fisik, lho. Misalnya berolahraga di rumah dengan mengikuti video tutorial yang tersedia di Youtube atau platform lainnya. 

3.Tidur yang Cukup

Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu kunci hidup sehat. Kualitas tidur yang cukup membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik. Meski jumlah jam tidur yang dibutuhkan bisa berbeda-beda pada setiap orang, para ahli merekomendasikan orang dewasa usia 18-60 tahun untuk tidur setidaknya tujuh jam atau lebih per malam.

4.Jaga Kesehatan Mental

Pandemi dapat membuat siapa saja stres dan cemas. Terlebih ketika melihat berita yang ditayangkan di televisi atau media sosial. Padahal, menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Jadi, luangkanlah waktu untuk meditasi, relaksasi, habiskan waktu berkualitas bersama orang terdekat, atau lakukan hal menyenangkan lainnya. 

Baca juga: Berjuang Hasilkan Vaksin COVID-19, Ini Kandidatnya

5.Perhatikan Kondisi Kesehatan

Jika kamu memiliki obat yang diresepkan untuk kondisi apapun, pastikan untuk meminumnya sesuai anjuran. Penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, asma, dan banyak lainnya harus diawasi dengan minum obat sesuai resep. Pastikan untuk menghubungi layanan kesehatan jika ada gejala yang mencurigakan. 

Jika kamu merasa sehat-sehat saja, atau tidak ada riwayat penyakit yang diderita bukan berarti bisa tenang-tenang saja, lho. Lakukanlah pemeriksaan kesehatan secara rutin, agar kamu bisa mengetahui status kesehatanmu. Dengan begitu, jika ada penyakit atau gangguan pada tubuh, kamu bisa segera mengetahuinya.

Itulah beberapa kebiasaan baik yang perlu dilakukan selama pandemi. Pastikan untuk menerapkannya dengan disiplin dan konsisten. Jangan lupa juga untuk selalu memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, jaga jarak fisik dengan orang lain, dan rutin mencuci tangan. 

ReferensI:
American Society for Nutrition. Diakses pada 2020. How to Stay Fit and Healthy During Coronavirus (COVID-19) Pandemic.
Madigan Army Medical Center. Diakses pada 2020. COVID-19: Lifestyle Tips to Stay Healthy During the Pandemic.
World Health Organization. Diakses pada 2020. #HealthyAtHome