• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Payudara Kendur

5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Payudara Kendur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Setiap wanita tentu tahu bahwa tidak bisa melawan pengaruh waktu, cepat atau lambat usia akan semakin tua. Kamu mungkin akan mengalami payudara kendur setelah usia 40 atau 60 tahun. Setiap wanita mungkin masih bisa menerima jika payudara kendur disebabkan peristiwa alami seperti kehamilan, atau menyusui. 

Namun, ada beberapa kebiasaan yang mungkin dilakukan setiap hari yang menyebabkan payudara lebih cepat kendur sebelum waktunya. Padahal, setiap hari kamu bisa menunda tanda penuaan ini dengan menghindari beberapa kebiasaan sehari-hari. Apa saja kebiasaan yang dapat membuat payudara kendur?

Baca juga: Bra Terlalu Ketat Sebabkan Kista Payudara, Benarkah?

Kebiasaan yang Sebabkan Payudara Kendur

Banyak faktor kebiasaan yang mengurangi kekencangan penampilan payudara wanita, seperti perubahan berat badan yang drastis dan jenis bra yang kamu kenakan. Namun, sayangnya banyak wanita yang mengabaikan faktor penting ini yang menyebabkan payudara kendur sebelum waktunya:

  • Mengenakan Bra yang Tidak Tepat

Kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab paling umum yang banyak diabaikan oleh wanita. Bra terbuat dari bahan fleksibel yang menyesuaikan tubuh. Namun, ketika wanita tidak memakai ukuran bra yang tepat, maka bisa menyebabkan payudara kendur. Idealnya, kamu harus memilih ukuran bra yang pas dan tidak terlalu ketat. 

  • Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok juga dapat membuat payudara kehilangan elastisitasnya, sehingga mudah kendur. Kebiasaan buruk ini dapat mengurangi jumlah kolagen di kulit dan memperburuk alirah darah. Dampak buruknya yang mungkin terjadi adalah menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. 

  • Penurunan Berat Badan yang Drastis

Penurunan berat badan yang drastis dapat membuat kulit kehilangan kekencangannya. Payudara terdiri dari kelenjar dan jaringan lemak, itulah sebabnya menurunkan berat badan drastis dapat membuatnya kendur. Dengan melakukan diet seimbang, kamu dapat menjaga ketegangan di bawah kulit yang bertanggung jawab untuk menjaga payudara tetap sehat. 

Baca juga: Tidak Perlu Operasi, Ini 4 Cara Bikin Payudara Kencang

  • Tidak Menggunakan Tabir Surya

Tidak menggunakan pelindung matahari bisa membuat payudara kamu kendur lebih dini. Terlepas dari banyaknya peringatan tentang risiko paparan sinar matahari yang berbahaya, banyak wanita tetap tidak menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit. Kebiasaan buruk ini juga memengaruhi kekencangan payudara karena area leher dan dada menerima banyak sinar matahari secara langsung. 

Perlu kamu ketahui bahwa sinar matahari membuat kulit terbakar, keriput, dan menua sebelum waktunya. Kamu harus menggunakan tabir surya yang baik sebelum terpapar sinar UV dan sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari yang berlebihan. 

  • Tidak Berolahraga dan Memiliki Postur Tubuh yang Buruk

Olahraga adalah salah satu kunci untuk membantu payudara tetap kencang dan bulat. Namun, penting untuk mengetahui cara melatih area dada, karena gerakan maju dan mundur tertentu dapat mengurangi jumlah kolagen dan membuatnya lebih mudah kendur. 

Baca juga: Payudara Wanita Kencang, 8 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Pastikan untuk memberikan payudara banyak dukungan selama sesi olahraga, terutama jika berdampak tinggi pada payudara. Kamu dapat menggunakan sport bra yang tepat selama berolahraga.

Selain itu, kamu juga harus menjaga postur tubuh yang baik sepanjang hari. Memiliki postur tubuh yang baik saat berjalan dan duduk dapat membantu menjaga payudara tetap kencang. Untuk itu, usahakan untuk menjaga punggung tetap lurus dan dada tetap tinggi. 

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai kebiasaan yang dapat membuat payudara kendur. Kamu juga perlu menjaga payudara tetap sehat agar tidak mudah diserang penyakit.

Jika terjadi masalah kesehatan pada payudara kamu, sebaiknya bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc saat merasakan gejalanya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Step to Health. Diakses pada 2020. 5 Habits that May Make Your Breasts Sag
Healthline. Diakses pada 2020. Treating Saggy Breasts
Health. Diakses pada 2020. 7 Things You Can and Can’t Do About Saggy Breasts