5 Langkah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Kaki

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Mei 2023

“Patah tulang kaki memerlukan pertolongan pertama yang tepat untuk menghindari komplikasi yang lebih serius. Bantuan pertama meliputi penanganan rasa sakit, stabilisasi area luka, dan segera bawa ke rumah sakit.”

5 Langkah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Kaki5 Langkah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Kaki

Halodoc, Jakarta – Patah tulang kaki adalah suatu kondisi medis yang sering terjadi akibat trauma atau kecelakaan. Kondisi ini bisa terjadi pada orang dari segala usia dan jenis kelamin. Jika patah tulang kaki terjadi, maka memerlukan pertolongan pertama yang cepat dan tepat agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius. 

Pada saat patah tulang kaki, pertolongan pertama yang dapat diberikan adalah dengan memberikan imobilisasi pada tulang yang patah untuk mengurangi rasa sakit. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca langkah-langkahnya berikut ini!

Langkah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Kaki

Berikut adalah beberapa langkah pertolongan pertama yang perlu kamu lakukan pada patah tulang kaki.

1. Tenangkan korban

Saat seseorang mengalami patah tulang kaki, mereka mungkin akan mengalami rasa sakit yang hebat. Pertama-tama, bantu mereka untuk bernapas dengan tenang. Berbicaralah dengan tenang dan pastikan bahwa mereka merasa aman. 

2. Beri bantuan pertama

Lakukan bantuan pertama dengan memastikan bahwa area di sekitar patah tulang kaki tetap stabil dan tidak bergerak. Jika korban tidak bisa berdiri atau berjalan, bantulah mereka untuk duduk atau berbaring dengan nyaman.

Kamu juga bisa menyelipkan perban di bawah kedua kaki di pergelangan kaki dan lutut, atau di atas dan di bawah tempat yang terduga patah tulang. Tempatkan bantalan di antara kaki bagian bawah untuk kenyamanan.

Gulung perban membentuk angka delapan di sekitar kaki dan pergelangan kaki. Ikat perban dengan simpul di sisi yang tidak terluka, tetapi hentikan jika ini menyebabkan rasa sakit.

3. Dinginkan area yang terluka

Jika terjadi pembengkakan atau memar, gunakan es untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Tempatkan es di dalam kantung plastik dan balut dengan handuk sebelum diletakkan di atas area yang terluka. Dinginkan selama 15-20 menit, kemudian beri jeda selama 30 menit hingga satu jam, lalu dinginkan kembali.

4. Ikatkan benda yang bisa menopang

Jika memungkinkan, bungkus kaki korban dengan kain atau kain kasa untuk menghindari pergerakan yang berlebihan. Pastikan untuk tidak terlalu kencang sehingga tidak menghambat aliran peredaran darah.

5. Bawa korban ke dokter atau rumah sakit

Patah tulang kaki adalah kondisi medis yang serius dan memerlukan penanganan medis segera. Setelah memberikan bantuan pertama, segera bawa korban ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Gejala Terjadinya Patah Tulang

Patah tulang dapat menimbulkan beberapa gejala seperti: 

  • Rasa sakit yang hebat di area cedera yang semakin parah saat bagian cedera dipindahkan
  • Mati rasa di daerah yang terluka
  • Warna kebiruan, bengkak, atau kelainan bentuk yang terlihat di area yang cedera
  • Tulang menonjol melalui kulit
  • Pendarahan hebat di lokasi cedera

Patah tulang kaki dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat dan membatasi gerakan korban. Karenanya, langkah pertolongan pertama yang tepat dan cepat sangatlah penting untuk meminimalisir risiko komplikasi lebih lanjut. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika tidak yakin atau tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Kamu bisa mencari pertolongan bantuan tenaga medis atau dokter melalui Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, dapat dengan mudah membuat janji temu secara langsung di rumah sakit terdekat. Jadi tunggu apalagi, segera download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
First Aid. Diakses pada 2023. First Aid for a Broken Leg.
Healthline. Diakses pada 2023. First Aid for Broken Bones and Fractures.
Healthy WA. Diakses pada 2023. First aid for fractures and dislocations.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan