5 Makanan Mengandung Lycopene bagi Kesehatan Kulit

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Oktober 2022

“Lycopene adalah zat yang dapat membuat kulit lebih sehat. Nah, ada beberapa makanan yang kaya akan kandungan ini, salah satunya adalah tomat.”

5 Makanan Mengandung Lycopene bagi Kesehatan Kulit5 Makanan Mengandung Lycopene bagi Kesehatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Lycopene adalah kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Saat tubuh memiliki radikal bebas lebih dari jumlah antioksidan yang ada, risiko seseorang untuk terserang penyakit kronis tertentu lebih tinggi, seperti kanker, diabetes, dan lainnya.

Bukan itu saja, konsumsi berbagai makanan yang kaya lycopene secara rutin juga dapat memberikan menyehatkan kulit, lho. Ada beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin, sehingga kulit lebih terawat.

Makanan yang Kaya akan Kandungan Lycopene

1. Tomat

Tomat adalah salah satu jenis makanan yang mengandung lycopene tinggi. Kandungan dari antioksidan ini sangat tinggi saat seseorang mengonsumsinya secara utuh, meski bisa juga mengonsumsi yang sudah diolah tetapi kadarnya tidak setinggi yang utuh.

Kandungan lycopene yang diterima juga bervariasi tergantung varietas tomat yang dipilih. Namun secara umum, zat yang berguna untuk menyehatkan kulit tersebut tetap cukup tinggi diterima oleh tubuh.

2. Jambu Biji

Makanan lainnya yang kaya akan kandungan lycopene adalah jambu biji. Jumlah lycopene yang terkandung dalam buah ini cukup tinggi, mencapai 5204 mcg per 100 gram konsumsinya.

Kelebihan lainnya dari buah ini adalah mudah untuk ditemukan dan rasanya yang nikmat. Kamu bisa langsung mengonsumsinya setelah dicuci bersih atau dimasukkan ke dalam menu salad buah agar lebih menarik saat dimakan.

3. Jeruk Bali

Jeruk bali juga mengandung lycopene yang cukup tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Dengan mengonsumsi buah ini sebanyak 100 gram, kandungan lycopene yang bisa didapatkan sebesar 1419 mcg.

Selain itu, jeruk bali juga memiliki kandungan asam alami dan lebih sedikit gula dibandingkan beberapa buah lainnya. Hal ini sangat baik untuk menjaga asupan gula yang masuk ke tubuh minimum, terlebih pada pengidap diabetes.

Namun, berhati-hatilah saat mengonsumsi buah ini bersamaan dengan beberapa obat. Diketahui jika kandungan pada buah ini dapat memblokir enzim CYP3A4, yang terkandung dalam beberapa obat untuk memberikan manfaat tertentu. Jika dibiarkan, efek negatif dapat dirasakan.

4. Semangka

Semangka merupakan buah yang menyegarkan, terlebih saat udara sedang panas. Bukan hanya itu, kandungan lycopene di dalamnya juga cukup tinggi, lho. Zat lycopene yang bisa didapatkan dari semangka sebesar 4532 mcg per 100 gram. Buah ini cocok untuk menjadi makanan penutup untuk dikonsumsi setiap hari.

5. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu makanan yang kerap dikonsumsi untuk diet. Nah, bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi bisa juga membuat kulit menjadi lebih mulus dan sehat karena kandungan lycopenenya. 

Nah, per 100 gram pepaya yang dikonsumsi bisa mendapatkan lycopene sebesar 1828 mcg. Pastikan untuk memasukkan buah ini agar bisa mendapatkan berbagai manfaat yang menyehatkan.

Nah, itulah sumber makanan kaya lycopene yang bisa dikonsumsi secara rutin. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dan mulus, sehingga lebih cantik. Cobalah untuk memasukkan makanan-makanan ini pada menu harian yang dikonsumsi.

Jika masih memiliki pertanyaan makanan lainnya yang kaya lycopene, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Lycopene: Health Benefits and Top Food Sources.
Food Fornet. Diakses pada 2022. 14 Lycopene Rich Foods You Can Enjoy Today.
My Food Data. Diakses pada 2022. Top 10 Foods Highest in Lycopene.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan