5 Makanan Penyebab Kista Ovarium yang Jarang Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Juli 2023

“Ada sejumlah makanan yang dapat menjadi pemicu kista ovarium yang jarang diketahui. Mulai dari makanan tinggi gula, makanan tinggi lemak jenuh, makanan olahan hingga makanan yang mengandung pestisida.”

5 Makanan Penyebab Kista Ovarium yang Jarang Diketahui5 Makanan Penyebab Kista Ovarium yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta –  Kista ovarium adalah pertumbuhan abnormal dalam ovarium atau indung telur. Kondisi ini lebih banyak dialami wanita remaja maupun yang sudah menginjak usia produktif. Kista ovarium umumnya tidak bersifat ganas atau kanker.

Meskipun begitu, penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu faktor tersebut adalah pola makan yang tidak sehat. 

Dalam artikel ini, ketahuilah beberapa makanan yang mungkin menjadi penyebab kista ovarium dan mengapa kamu perlu menghindarinya.

Apa Saja Gejala Kista Ovarium?

Ketika kista masih berukuran kecil, biasanya pengidap tidak akan merasakan adanya gejala. Setelah ukuran kista mulai membesar, gejala baru akan terasa. Ini disebabkan karena kista bisa menghambat pasokan darah yang menuju ke ovarium. 

Adapun gejala kista ovarium yang biasanya muncul dapat meliputi rasa nyeri, perubahan menstruasi hingga masalah pencernaan seperti merasa kenyang meski baru makan sedikit. 

Baca lebih lanjut mengenai gejala penyakit ini pada artikel: Ini 5 Gejala Kista Ovarium yang Harus Wanita Waspadai. 

Mengapa Pola Makan Penting untuk Mencegah Kista?

5 Makanan Penyebab Kista Ovarium yang Jarang Diketahui

Sebelum membahas makanan penyebab kista, penting untuk memahami mengapa pola makan sehat dan seimbang sangat penting dalam mencegah perkembangan kista. Sebagian besar kista ovarium terbentuk akibat siklus menstruasi. 

Sebenarnya, tidak ada jenis makanan yang secara langsung menjadi penyebab menyebabkan kista ovarium. Namun, banyak atau sering mengonsumsi makanan tertentu memang bisa berdampak negatif pada kesehatan secara umum. Salah satunya adalah meningkatkan risiko munculnya kista ovarium.

Sebab, pola makan yang buruk bisa memengaruhi kinerja ovarium dan hormon yang mengatur sistem reproduksi. Nah, terganggunya keseimbangan hormon dapat merangsang pertumbuhan sel-sel yang tidak normal dan menyebabkan kista. 

Makanan Apa Saja yang Dapat Menyebabkan Kista?

Berikut ini adalah sejumlah makanan yang jarang diketahui sebagai penyebab kista ovarium:

1. Makanan Tinggi Gula

Konsumsi makanan tinggi gula, seperti minuman bersoda, kue manis, dan permen, dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh dan mengganggu keseimbangan hormon, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perkembangan kista ovarium.

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan tinggi lemak jenuh, seperti makanan cepat saji, daging merah berlemak, dan produk susu tinggi lemak, dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya kista ovarium.

3. Makanan Olahan

Makanan olahan, seperti sosis, nugget, dan makanan kalengan, mengandung bahan kimia dan pengawet yang dapat mengganggu keseimbangan hormon dan berkontribusi terhadap pembentukan kista ovarium.

4. Makanan yang Mengandung Pestisida

Sayuran dan buah-buahan yang tidak organik dan mengandung pestisida dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh dan meningkatkan risiko terbentuknya kista ovarium.

5. Makanan Cepat Saji

Salah satu jenis makanan lain yang juga dapat menjadi penyebab kista ovarium adalah makanan cepat saji. Hal ini disebabkan oleh kandungan tinggi gula dan lemak dalam makanan cepat saji yang dapat mengganggu fungsi ovarium dan meningkatkan risiko terbentuknya kista ovarium. 

Karena itu, sebaiknya kamu membatasi konsumsi makanan cepat saji agar dapat menjaga kesehatan ovarium dan mencegah terjadinya kista. 

Bagaimana Cara Mencegah Kista Ovarium?

Meski tidak ada cara untuk mencegah kista ovarium, pemeriksaan panggul secara teratur bisa membantu mendeteksi adanya perubahan dalam ovarium, sehingga kista ovarium bisa terdeteksi sedini mungkin.

Para wanita juga perlu selalu waspada terhadap perubahan dalam siklus bulanan, termasuk gejala menstruasi yang tidak biasa. Terlebih bila kondisi tersebut terjadi selama lebih dari beberapa siklus.

Selain itu, penting untuk membatasi konsumsi makanan penyebab kista ovarium, kamu juga perlu menjalani pola hidup sehat. Misalnya seperti mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara rutin agar kadar hormon tetap stabil dan fungsi ovarium tetap baik.

Itulah beberapa makanan penyebab kista ovarium yang jarang diketahui. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar makanan yang dapat memicu kista, pastikan untuk menghubungi dokter

Nah, kamu bisa tanyakan langsung hal ini kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, gunakan aplikasinya sekarang!

chat dengan dokter
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. Ovarian Cysts: Types, Symptoms, Treatment, Prevention & More.
Healthline. Diakses pada 2023. 10 Natural Ways to Balance Your Hormones. 
NIH. Diakses pada 2023. The Association of the Dietary Fat and Functional Ovarian Cysts in Women of Reproductive Age Referring to Three Hospitals in Mashhad, Iran, 2014. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan