5 Makanan Sumber Vitamin E yang Baik untuk Kulit

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 September 2022

“Vitamin E adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit. Pemenuhan nutrisi ini bisa dilakukan dengan memilih makanan yang tinggi kandungan vitamin E-nya.”

5 Makanan Sumber Vitamin E yang Baik untuk Kulit5 Makanan Sumber Vitamin E yang Baik untuk Kulit

Halodoc, Jakarta – Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang mampu menjaga kesehatan mata, otak hingga kulit. Tubuh tidak memproduksi mineral ini secara alami sehingga perlu diperoleh dari sumber makanan. 

Setidaknya, tubuh membutuhkan sebanyak 33 IU vitamin ini setiap harinya. Kamu perlu memilih makanan dengan sumber vitamin E terbaik untuk memenuhi kebutuhan harian tersebut. 

Makanan dengan Sumber Vitamin E Terbaik

1. Minyak gandum

Minyak gandum

Minyak gandum diklaim sebagai sumber vitamin E terbaik. Setiap 20 miligramnya mampu memenuhi kebutuhan harian kamu. Ada berbagai cara untuk mengonsumsinya, salah satu yang paling umum digunakan sebagai minyak goreng. Jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit, minyak gandum jauh lebih sehat.

2. Kacang almond

Kacang almond

Setiap satu ons almond, yakni sekitar 23 butir kacang, setidaknya mengandung 7,3 miligram vitamin ini. Disamping memenuhi kebutuhan vitamin harian kamu, penelitian mengungkapkan kalau almond mampu mengurangi risiko obesitas dan penyakit jantung.

3. Alpukat

Alpukat

Buah yang satu ini merupakan sumber berbagai nutrisi terbaik, seperti potasium, omega-3, dan vitamin C, vitamin K dan tentunya vitamin E. Setengah buah alpukat saja sudah mampu memenuhi kebutuhan harian hingga 20 persen. 

4. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari

Satu ons biji bunga matahari dapat mencukupi setengah dari kebutuhan harian vitamin ini. Biji-bijian ini umumnya dikonsumsi dengan cara ditambahkan ke smoothie, sereal atau salad.

5. Ikan salmon

Ikan salmon

Ikan salmon dikenal sebagai adalah sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan fisik dan kognitif. Selain omega-3, ikan ini juga mengandung vitamin E. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin ini juga membantu melindungi dan meningkatkan efek omega-3 dalam tubuh.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Top Foods High in Vitamin E.
Medical News Today. Diakses pada 2022. 10 foods rich in vitamin E.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan