• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan untuk ASI Booster yang Harus Dicoba

5 Makanan untuk ASI Booster yang Harus Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Asupan gizi dan nutrisi bayi yang baru lahir hingga usia enam bulan ideal berasal dari ASI ibu. ASI eksklusif dinilai mampu meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan bayi. Meski begitu, pemberiaan ASI pada bayi tak selalu berjalan mulus. Ada saja beragam kendalanya, salah satunya produksi ASI yang sedikit.

Nah, ada satu cara yang bisa dicoba bila ibu mengalami kondisi ini. Pernah mendengar makanan booster ASI? Booster ASI adalah sebutan untuk makanan yang dipercaya dapat melancarkan ASI. Lantas, apa saja sih makanan yang dapat melancarkan ASI ibu? 

Baca juga: Ini 6 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

1.Biji-bijian

Biji-bijian menjadi salah satu makanan yang dapat melancarkan ASI ibu. Makanan ini sangat bergizi untuk ibu menyusui, karena memiliki sifat yang dapat merangsang hormon yang bertanggung jawab dalam memproduksi ASI. Ada beragam makanan yang yang mengandung bijian-bijian utuh yang bisa ibu coba. Contohnya oatmeal, beras merah, barley, hingga gandum.

2.Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau tua seperti selada, kangkung, bayam, dan brokoli kaya akan nutrisi terutama kalsium. Sayuran berdaun hijau ini juga mengandung fitoestrogen yang dinilai memiliki efek positif pada produksi ASI ibu.

3.Almond

Sebenarnya semua jenis kacang-kacangan bisa dimanfaat untuk melancarkan ASI ibu. Namun, kacang almond dinilai paling baik di antara yang lain.

Kacang almond mengandung protein, asam lemak esensial, vitamin E, kalsium, zinc, dan zat besi. Nah, kandungan kaya nutrisi ini diduga dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI. 

Baca juga: Mitos & Fakta Tentang Menyusui

4.Bawang Putih

Bumbu dapur ini juga bertindak sebagai booster ASI. Bila ibu memakan bawang putih, rasa dan aroma dari bawang putih ikut terasa dan tericum pada ASI.

Aroma yang menyengat ini terbukti dapat membuat sebagian bayi menyusui lebih lama. Nah, semakin lama bayi menyusui, maka ASI yang keluar pun juga akan semakin banyak. Alhasil, kondisi ini otomatis merangsang tubuh untuk memproduksi ASI lebih banyak pula.

5.Chickpea

Chickpea atau kacang arab merupakan salah satu makanan yang juga dapat melancarkan produksi ASI. Makanan ini kaya fitoestrogen yang dapat merangsang produksi ASI. Menariknya lagi, kacang ini mengandung banyak protein yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal. 

Masih terdapat beragam makanan lainnya yang dapat meningkatkan produksi ASI. Nah, bagi ibu yang ingin tahu lebih banyak lagi bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Tips Pemenuhan Gizi bagi Ibu Menyusui

Selain makanan-makanan yang dapat melancarkan produksi ASI, tentunya ibu juga harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Misalnya terdiri dari karbohidrat, protein lemak, sayur dan buah-buahan dengan proporsi seimbang.

Andaikan ibu merasa lapar tetapi belum waktunya makan besar (makanan utama, pagi siang dan malam), pilihlah sayur atau buah yang kandungannya juga diperlukan untuk bayi. 

Baca juga: Ini Cara Menyimpan ASI yang Tidak Boleh Ditiru

Untuk sayuran pilihlah sayuran berdaun hijau karena kaya zat besi dan kalisum. Ibu juga boleh kok mengonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan kalisum, tapi sebaiknya pilihlah susu non-fat. Jangan pula lupakan asupan zat besi, ibu bisa kok mendapatkannya dari daging merah seperti daging saping, kambing, hati, atau sayuran berdaun hijau. Terakhir, cobalah untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk mempertahankan produksi ASI. 



Referensi:
IDAI. Diakses pada 2020. Cairan Hidup ASI, Bagaimana Mengoptimalkan Produksinya? 
Very Well Family. Diakses pada 2020. Foods to Increase Breast Milk Supply
Parenting. Diakses pada 2020. How to Increase Milk Supply