5 Makanan yang Membantu Menurunkan Tingkat Stres

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Agustus 2021
5 Makanan yang Membantu Menurunkan Tingkat Stres5 Makanan yang Membantu Menurunkan Tingkat Stres

“Menurunkan tingkat stres bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk meditasi atau mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa makanan dan minuman seperti teh herbal, alpukat, ikan berlemak, dan yoghurt, bisa membantu memperbaiki suasana hati.”

Halodoc, Jakarta – Stres adalah salah satu bagian dari kehidupan manusia, dan wajar saja jika kamu mengalaminya. Namun, bukan berarti menurunkan tingkat stres tidak diperlukan, karena stres berkepanjangan dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan tingkat stres. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan tertentu, yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki suasana hati. Apa saja makanan yang dimaksud? Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: Cara Mudah untuk Mengelola Stres

Menurunkan Tingkat Stres dengan Makanan

Ketika sedang berada di bawah tekanan, cobalah persenjatai diri dengan beberapa makanan dan minuman berikut ini:

  1. Teh Herbal
teh herbal

Minum secangkir teh herbal hangat, seperti teh chamomile atau teh lavender, adalah salah satu cara untuk membantu membuat diri merasa lebih tenang. Pilihan lainnya, kamu bisa coba teh hijau. Kandungan flavonoidnya juga bisa mendukung kesehatan otak.

  1. Cokelat Hitam
coklat hitam

Cokelat hitam dapat mengurangi stres dengan dua cara, melalui dampak kimianya dan dampak emosionalnya. Rasa manis cokelat dapat menyuguhkan rasa senang dan membantu mengurangi stres. Selain itu, cokelat hitam juga kaya akan antioksidan, yang dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh.

  1. Alpukat
alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki suasana hati. Buah ini juga mengandung fitokimia, serat, dan nutrisi penting untuk tubuh. 

  1. Ikan
ikan

Terutama ikan berlemak seperti salmon, tuna, halibut, herring, dan mackerel, bisa jadi pilihan makanan untuk menurunkan tingkat stres. Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan fungsi otak yang 

Baca juga: Stres Bisa Bikin Hipertensi, Benarkah?

  1. Makanan yang Mengandung Probiotik
probiotik

Probiotik atau bakteri baik dapat meningkatkan kekebalan tubuh, serta meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Kesehatan usus yang terjaga dapat memengaruhi suasana hati secara positif. Beberapa makanan kaya probiotik adalah yoghurt, kefir, kombucha, miso, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya.

Itulah beberapa makanan yang dapat menurunkan tingkat stres. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dari makanan, atau suplemen bila dirasa kurang. Kamu bisa beli suplemen dengan mudah melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. The 10 Best Foods to Help Fight Stress.
Food Network. Diakses pada 2021. Top 10 Foods for Stress Relief.
Healthline. Diakses pada 2021. 18 Terrific Foods to Help Relieve Stress.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan