5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Semua Umur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 November 2022

“Sepak bola menjadi jenis olahraga permainan yang tak lekang oleh waktu. Olahraga tim ini memiliki banyak manfaat. Bahkan, manfaat bermain sepak bola bisa didapat mulai usia anak hingga lansia.”

5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Semua Umur5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Semua Umur

Halodoc, Jakarta – Piala Dunia 2022 kembali menjadi momen yang membangkitkan euforia masyarakat dunia akan sepak bola. Selama ini, sepak bola jadi jenis olahraga permainan yang cukup populer. Tak hanya menyenangkan, olahraga yang dimainkan secara beregu ini juga sangat bermanfaat. Bahkan, manfaat bermain sepak bola bisa didapat mulai usia anak sampai lansia. 

Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Semua Usia

Lalu, apa saja manfaat bermain sepak bola untuk semua umur? Secara umum, berikut beberapa di antaranya: 

  1. Meningkatkan daya tahan dan kardiovaskular

Sepak bola adalah olahraga tim dengan lari sebagai gerakan dasarnya. Seseorang dewasa akan menempuh jarak setidaknya sampai 10 kilometer dalam satu kali pertandingan sepak bola. 

Tak hanya mencetak gol ke gawang lawan, manfaat bermain sepak bola juga dapat meningkatkan daya tahan. Jika dilakukan secara teratur, pertandingan dan sesi latihan akan membuat kardio dan pernapasan tubuh semakin kuat.

  1. Meningkatkan kekuatan otot tubuh

Selain meningkatkan daya tahan, gerakan lari yang dominan pada olahraga sepak bola juga dapat meningkatkan kekuatan tubuh. Terlebih, kamu akan menggerakan tubuh dan berlari maju atau mundur ketika bermain sepak bola. 

Gerakan lari sprint berulang dan akselerasi akan membantu meningkatkan stamina sekaligus kekuatan tubuh. Sepak bola membantu kamu mendapatkan kekuatan tubuh bagian bawah dan atas. 

Tubuh bagian bawah berkembang karena berlari, menembak, menggiring bola, mengoper, dan melompat. Sementara itu, tubuh bagian atas memperoleh kekuatan dengan melindungi bola, lemparan ke dalam, dan dengan menahan lawan. Dengan cara ini, sepak bola membantu mengembangkan kekuatan otot seluruh tubuh.

  1. Mengoptimalkan fungsi kognitif

Manfaat bermain sepak bola selanjutnya adalah meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Sebab, konsentrasi adalah salah satu bagian terpenting dari bermain sepak bola. Saat bermain, kamu harus membuat keputusan cepat dan memiliki fokus yang tepat. Ketekunan juga dibutuhkan dalam permainan yang membantu meningkatkan fungsi kognitif.

  1. Mengurangi kecemasan

Ketika mendapatkan kekuatan fisik dan stamina, pemain akan menjadi lebih percaya diri baik di dalam maupun lapangan. Hal tersebut juga meningkatkan harga diri dalam kehidupan pribadi mereka. Bisa dikatakan, sepak bola adalah jenis olahraga permainan yang tepat karena melepaskan endorfin yang baik untuk mengurangi stres dan kecemasan.

  1. Melatih koordinasi

Permainan sepak bola memiliki banyak sekali teknik yang memerlukan koordinasi tubuh, seperti menggiring bola, berlari, melewati atau mengecoh lawan, dan mengoper bola sepanjang permainan. 

Itu sebabnya koordinasi menjadi hal yang sangat penting. Koordinasi tangan dan mata diperlukan saat mengoper bola dan menerima operan. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui posisi anggota tim di lapangan untuk mengoper bola.

Jangan Lupa Pemanasan

Secara garis besar, manfaat bermain sepak bola memang bisa dirasakan mulai dari usia anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Bahkan, permainan satu ini bisa dimainkan kapan saja, di mana saja. Kamu hanya butuh bola dan gawang, permainan pun bisa dimulai.

Namun, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga, termasuk sepak bola. Pemanasan sangat penting untuk mencegah terjadinya cedera. Jika kamu membutuhkan bantuan dari ahli di bidang olahraga, tanyakan langsung pada Spesialis Kedokteran Olahraga – Ahli Latihan dan Kompetisi di Halodoc

Cek dan download Halodoc di ponselmu sekarang juga supaya bisa mendapatkan banyak kemudahan akses kesehatan. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Decathlon. Diakses pada 2022. Top 5 Benefits Of Playing Football.
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Soccer – health benefits.
Samba Soccer School. Diakses pada 2022. Top 10 Benefits of Football for Kids.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan