• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Bunga Sedap Malam bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Bunga Sedap Malam bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Bunga Sedap Malam bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 07 Desember 2022

“Bunga sedap malam atau polianthes tuberosa mengandung vitamin C, polifenol, antosianin, karotenoid dan flavonoid. Manfaatnya mulai dari mencegah anemia hingga mengusir radikal bebas.”

5 Manfaat Bunga Sedap Malam bagi Kesehatan Tubuh5 Manfaat Bunga Sedap Malam bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Bunga sedap malam merupakan jenis tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman dengan nama latin polianthes tuberosa ini dapat digunakan sebagai pewangi ruangan atau bahan masakan.

Di dalamnya mengandung berbagai jenis antioksidan. Di antaranya vitamin C, polifenol, antosianin, karotenoid dan flavonoid. Bunga sedap malam juga mengandung sedikit gula, sehingga aman bagi pengidap diabetes.

Berbagai macam nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Manfaatnya yakni mengobati bisul di kulit, mencegah anemia, meningkatkan fungsi jaringan tubuh serta mengusir radikal bebas.

Manfaat Bunga Sedap Malam Bagi Tubuh

1. Mengobati Bisul

Bisul ditandai dengan benjolan merah pada kulit yang berisi nanah dan terasa sakit saat disentuh. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri pada folikel rambut, yakni tempat tumbuhnya rambut.

Untuk mengatasinya, silakan ambil bunga sedap malam dan akarnya. Kemudian cuci dan tumbuh bahan tersebut sampai halus. Lalu, tempel pada area kulit yang mengalami bisulan. Lakukan beberapa kali sampai bisul membaik.

2. Mencegah Anemia

Anemia merupakan gangguan darah yang terjadi ketika kadar hemoglobin berada di bawah normal. Akibatnya, organ, sel dan jaringan di dalam tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan tidak mampu bekerja sebagaimana fungsinya.

Bunga sedap malam dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh. Dengan begitu, gejala berupa lemas, cepat lelah, sakit kepala, sering mengantuk, pucat dan napas pendek bisa dicegah.

3. Meningkatkan Fungsi Jaringan Tubuh

Salah satu manfaat bunga sedap malam ini terjadi berkat kandungan vitamin C. Nutrisi tersebut bekerja dengan membantu tubuh menyerap zat besi, membentuk kolagen dan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang lancar dapat menjaga kinerja organ, sel dan jaringan di dalam tubuh. Manfaat ini terjadi berkat kandungan senyawa polifenol di dalam bunga sedap malam. Nutrisi tersebut bekerja dengan mengusir partikel asing yang mengendap atau menumpuk di pembuluh darah.

5. Mengusir Radikal Bebas

Radikal bebas adalah zat berbahaya yang berpotensi merusak sel dan jaringan sehat di dalam tubuh. Beberapa sumbernya, yakni paparan sinar matahari, radiasi, asap rokok, asap kendaraan, polusi udara dan bahan kimia.

Kandungan antioksidan di dalam bunga sedap malam mampu memerangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Asupan tersebut bekerja dengan cara membantu meningkatkan kekebalan alami tubuh.

6. Menurunkan Kadar Stres

Stres merupakan reaksi tubuh ketika menghadapi ancaman, tekanan atau situasi yang baru ditemuinya. Di fase ini, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang membuat detak jantung dan tekanan darah jadi meningkat.

Guna menurunkan kadar stres dalam tubuh, bunga sedap malam dapat digunakan sebagai aromaterapi. Kandungan di dalamnya memberikan efek menenangkan dengan cara menurunkan kadar kedua hormon tersebut.

Di balik manfaat yang diberikan, bunga sedap malam berpotensi menimbulkan reaksi alergi jika digunakan oleh pengidap alergi. Gejalanya yakni kemerahan, rasa gatal dan sensasi terbakar di area kulit yang terkena.

Segera hentikan pemakaian dan tanya dokter jika merasakan gejala alergi setelah menggunakan minyak esensial atau mengonsumsi bunga sedap malam. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Organic Facts. Diakses pada 2022. 8 Amazing Benefits Of Tuberose.
Health Benefit Times. Diakses pada 2022. Know the essence of Tuberose.